fbpx
Tuesday, May 24, 2022

GAWAT !!! 5 Zat Berbahaya Dalam Body Lotion ini Bisa Berpotensi Merusak Kulitmu Lho!

GAWAT !!! 5 Zat Berbahaya Dalam Body Lotion ini Bisa Berpotensi Merusak Kulitmu Lho!
GAWAT !!! 5 Zat Berbahaya Dalam Body Lotion ini Bisa Berpotensi Merusak Kulitmu Lho! 2

Ada baiknya Anda tetap waspada ketika memilih body lotion. Pasalnya, tidak sedikit body lotion yang memiliki kandungan bahan kimia. Jika digunakan terlalu sering, bahan kimia ini dapat merusak kulit kalian hingga menyebabkan penyakit seperti kanker kulit, Sebelum memutuskan untuk mengunakan Body Lotion sebaiknya Cavaners lihat terlebih dahulu komposisinya dan pastikan tidak terdapat bahan bahan seperti di bawah ini.

Berikut 5 Zat Berbahaya Dalam Body Lotionini

1. Triethanolamine

Triethanolamine merupakan bahan kimia yang bersifat basa sehingga banyak difungsikan untuk menjaga keseimbangan pH dalam berbagai macam produk kecantikan. Meski umum digunakan, Triethanolamine ternyata bisa meracuni kekebalan tubuh jika digunakan dalam waktu lama.

Tidak hanya itu, Triethanolamine jugaa bisa menimbulkan iritasi pada kulit dan sistem pernapasan. Air limbah yang mengandung Triethanolamine pun bisa mengubah Ph sungai dan membahayakan organisme yang hidup di dalamnya.

2. Diethyll Phthalate

Body lotion memiliki aroma yang wangi yang diklaim berasal dari buah-buahan atau bahan alami lainnya. Ternyata, aroma dalam body lotion merupakan hasil dari campuran bahan kimia yaang salah satunya adalah Diethyll Phthalate.

Diethyll Phthalate merupakan zat pewangi yang dikenal sebagai racun bagi kelenjar endokrin di dalam tubuh. Diethyll Phthalate juga kabarnya mampu memancarkan VOC, senyawa yang bisa mencemari kualitas udara serta bisa menyebabkan reaksi alergi pada sistem pernapasan seperti asma.

3. Retinil Pamitat

Retinil Palmitat adalah senyawa turunan dari vitamin A. Retinil Palmitat biasanya digunakan dalam sunscreen dan produk kecantikan anti-aging. Sifat alami dari Retinil Palmitat ini berfungsi sebagai tabir surya sekaligus untuk mencegah penuaan dini.

Di balik manfaatnya, Retinil Palmitat juga bisa membahayakan bagi tubuh jika dipakai dalam waktu lama. Menurut sebuah penelitian dari National Toxicology Program, tikus yang terkena Retinil Palmitat secara berkala akan mengembangkan tumor setelah tubuhnya terpapar sinar matahari. Oleh sebab itu, body lotion dengan kandungan Retinil Palmitat sebaiknya digunakan pada malam hari.

Advertisements
See also  Perawatan Kulit Wajah Pada Pria

4. Butylated Hydroxyanisole

Butylated Hydroxyanisole atau yang biasa disingkat BHA ini merupakan zat pewangi, pengawet, dan penstabil yang biasanya banyak digunakan pada produk lipstik dan body lotion. Menurut National Toxicology Program, kandungan BHA dalam body lotion bisa mengganggu endokrin karena terdapat zat karsinogen. Penggunaan body lotion dengan kandungan BHA dalam waktu lama dipercaya bisa menimbulkan kanker kulit.

5. DMD Hydantoin

DMD Hydantoin merupakan salah satu bahan kimia yang harus Cavaners hindari ada di dalam body lotion yang Cavaners gunakan. DMD Hydantoin merupakan sejenis pengawet yang mengandung formalin. Jika digunakn untuk waktu yang lama, DMD Hydantoin akan menyebabkaan alergi, ruam pada kulit, hingga kanker.

Tak hanya ada pada body lotion, DMD Hydantoin juga kerap ditemukaan dalam produk kosmetik seperti lem bulu mata dan cat kuku. Bahkan sabun pun ada yang mengandung DMD Hydantoin.

Reviews

Related Articles