fbpx
Sunday, June 26, 2022

If you visit our website outside our country, please use the translate button in the top menu

Ternyata ini Tips Si Kecil Agar Pandai Menggenggam Botol Susu Sendiri Dengan Cepat!

Ternyata ini Tips Si Kecil Agar Pandai Menggenggam Botol Susu Sendiri Dengan Cepat!
Ternyata ini Tips Si Kecil Agar Pandai Menggenggam Botol Susu Sendiri Dengan Cepat! 4

Tips Si Kecil Agar Pandai Menggenggam Botol Susu Sendiri – Kapan seorang anak mulai dapat menyusu dan menggenggam botol sendiri? Banyak ibu yang ragu apa anaknya dapat menggenggam botol saat menyusu sejak bayi. Umumnya cukup susah untuk melatih anak-anak karena mereka masih kecil dan belum memahami apapun. Banyak yang menduga anak umur enam bulan ke atas bisa menggenggam botol sendiri karena ini waktunya mereka belajar ‘motorik’.

Advertisements

Nach, yuk baca secara lengkap mengenai langkah memperkenalkan dan panduan supaya anak pandai menggenggam botol susu sendiri. Ini dapat memudahkan tugas ibu juga… Mudah-mudahan berguna!

Cara Memperkenalkan Anak Dengan Botol Susu

  1. Kenalkan anak pada botol susu semenjak mereka menyusu kembali dengan biarkan mereka sentuh botol susu hingga mereka bisa rasakan bentuk dan ukuran botol susu.
  2. Biasakan anak menggenggam botol susu kosong, supaya terlatih dengan bentuk botolnya
  3. Saat anak mulai terasa nyaman menggenggam botol, isi botol susu dengan air atau susu.
  4. Saat isi air atau susu dalam botol, pastikan anak sanggup menopang berat botol hingga ringan untuk mereka untuk menyusui sendiri.
  5. Selanjutnya, pelan-pelan ganti posisi botol dari tangan ke mulutnya. Dengan demikian, mereka tidak mudah terkejut saat menyusui.
  6. Sesudah anak mulai terima kondisi itu, pastikan Bunda menolong anak untuk menggenggam botol lebih dahulu saat sebelum memberinya ke mereka.

6 Tips Mengajar Anak Memegang Botol Sendiri

Ternyata ini Tips Si Kecil Agar Pandai Menggenggam Botol Susu Sendiri Dengan Cepat!
Ternyata ini Tips Si Kecil Agar Pandai Menggenggam Botol Susu Sendiri Dengan Cepat! 5

Pantau Cara Anak Menyusu

Tiap anak mempunyai cara membuatya masing-masing. Bayi mulai akan pintar buka mulut untuk menyusu saat berumur hampir 3 bulan. Bila tidak, tentu sedikit susah memberi ASI, ditambah dengan menggunakan botol susu, kan? Maka untuk mempermudah Bunda latih anak minum susu sendiri, perlu dilakukan langkah demi langkah supaya mudah menyesuaikan.

See also  Cara Terampil Menegur Anak

Ajarkan Anak ‘Gunakan Dot Jika Diperlukan’

Saat anak merengek-rengek, hal yang termudah dilakukan ialah ‘mengisi’ anak dengan botol susu, kan? Tehnik ini sebetulnya salah. Ini bisa mengakibatkan anak jadi lebih ‘kecanduan’ penggunaan botol susu. Di lain sisi, latih anak sejak dini ialah perbedaan di antara kebutuhan dan keinginan pemakaian botol susu. Dalam kata lain, latih sang kecil ini untuk cari botol susu cuma saat mereka lapar.

Peluk Supaya Anak Nyaman

Tehnik diam untuk latih anak kecil ambil botol susu sendiri dengan merengkuh anak saat menyusu. Ini ditujukan supaya, anak akan merasakan aman dan berasa seolah tengah disusui. Memeluk anak saat menyusui akan mempermudah mereka untuk terlatih menyusu sendiri.

Advertisements

Ciptakan Situasi Yang Tenang

Hal yang bisa mengusik anak saat menyusu khususnya saat menyusu sendiri ialah situasi yang berisik. Misalkan, saat anak sedang menyusu, banyak teman yang datang berkunjung ke rumah. Situasi semacam itu bisa mengganggu fokus anak yang ingin menyusui.

Membantu Saat Menyusu

Saat anak bisa menyusu dan menggenggam botol sendiri, jangan dibiarkan anak lakukan terlalu banyak. Kebalikannya, berikan mereka bantuan saat menyusu dengan tempatkan bantal atau tempat botol buat mereka. Ini dapat juga menolong mengendurkan otot dan lengan anak yang telah lama menggenggam botol sendiri.

Jangan Terlalu Ketat

Keadaan umum saat menyusu ialah bakal ada beberapa hari di mana anak-anak tidak ingin menyusu dan menggenggam botol sendiri. Kadang mereka ingin menyusu sesudah lama menyusu sendiri. Jangan marahi mereka, justru mengambil kesempatan kali ini untuk berteman dan memperkuat ‘ikatan’ dengan anak.

Kenapa Anak Selalu Terbangun Malam Hari?

Ternyata ini Tips Si Kecil Agar Pandai Menggenggam Botol Susu Sendiri Dengan Cepat!
Ternyata ini Tips Si Kecil Agar Pandai Menggenggam Botol Susu Sendiri Dengan Cepat! 6

Cuaca Terlalu Panas Atau Dingin

Saat cuaca terlalu panas atau dingin, bayi akan mudah merasa tidak nyaman. Jadi sebelum anak tidur, pastikan anak tidak memakai piyama yang terlalu tebal atau terlalu tipis. Jika Bunda tidak berbagi tempat tidur bayi dan bayi, pastikan suhu ruangan juga cocok untuk bayi. Jadi tidak terbangun larut malam dan bayi tidak menangis.

See also  Agar Cepat Hamil, Lakukan Hal Sederhana Ini

Bising

Fenomena umum yang menyebabkan anak terbangun dari tidurnya adalah kebisingan. Suara sepeda motor, suara pintu tertutup, bahkan jika Bunda berbicara terlalu keras, akan membangunkan bayi dari tidurnya. Oleh karena itu, setelah menidurkan anak, pastikan pintu dan jendela kamar tertutup untuk menghindari gangguan suara dari luar.

Advertisements

Perubahan Suasana

Jika Bunda baru saja kembali dari perjalanan, ini adalah salah satu alasan mengapa anak-anak selalu bangun di malam hari. Juga, jika Bunda bepergian ke luar negeri. Tidak hanya kita yang akan merasakan perubahan waktu dan cuaca, bahkan anak kecil pun akan merasakannya. Inilah yang membuat waktu tidur mereka tidak menentu dan sangat mungkin untuk tetap terjaga di malam hari. Jangan khawatir, mungkin dalam beberapa hari pola tidur mereka akan kembali normal.

Memelajari Hal baru

Ketika anak-anak mencapai usia tersebut, mereka mulai belajar “berkembang” baru. Diantaranya adalah ketika mereka mulai belajar merangkak, berbaring atau berjalan. Pada malam seperti itu, anak-anak akan mulai menunjukkan “keterampilan” mereka. Jadi jangan khawatir. Awasi anak sesuai dengan jam biasanya anak bangun agar tidak terjadi kejadian seperti anak jatuh, dll.

Anak Terbiasa Menggunakan Dot

Setelah bayi terbiasa tidur dengan botol susu atau dot, saatnya untuk menjauhkan kedua hal itu darinya saat menjelang tidur. Pertama, sebelum bayi terbiasa dengan kekurangan botol susu dan dot, mereka memang akan sering terbangun di malam hari. Botol susu atau dot ini juga dapat dibandingkan dengan pendamping atau bantuan kenyamanan saat tidur.

Jika Terbiasa Tidur Di Ayun

Beberapa anak suka tidur di tempat tidur, dan beberapa lebih suka tidur di buaian. Oleh karena itu, proses mengubah pola tidur anak juga akan membutuhkan waktu agar mereka terbiasa dengan keadaan tersebut. Hal ini disebabkan karena jika anak terbiasa tidur dalam keadaan “goyang” di buaian, cukup sulit baginya untuk membiasakan tidur dengan posisi sebaliknya. Dengan demikian, begadang di malam hari akan menjadi kebiasaan untuk sementara waktu.

See also  Kenapa Ibu Hamil Mudah Kena Anemia dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Jika Anak Lapar

Anak-anak yang lapar adalah alasan umum mengapa anak-anak selalu terjaga di malam hari. Tak hanya terbangun dari tidur, menangis juga menjadi penyebab perut lapar. Jadi pastikan bayi menyusu dengan benar sebelum tidur dan tidur Bunda tidak terganggu oleh tangisan bayi, Pola makan yang sehat untuk bayi juga sangat dianjurkan agar bayi tidak mengalami sakit perut.

Advertisements

Sumber :

  • botol kaca asi masuk freezer
  • berapa lama asi bertahan dalam dot
  • umur berapa bayi bisa memegang benda
  • kapan bayi bisa duduk
  • cara mengatasi bayi minum asi basi
  • bayi 3 bulan bisa apa
  • bayi 4 bulan bisa apa
  • umur berapa bayi bisa tengkurap
Advertisements
spot_img

Reviews

Related Articles