fbpx
Sunday, June 26, 2022

If you visit our website outside our country, please use the translate button in the top menu

7 Tips Menulis Content yang Menarik demi Kesuksesan Blog Cavaners

7 Tips Menulis Content yang Menarik demi Kesuksesan Blog Cavaners
7 Tips Menulis Content yang Menarik demi Kesuksesan Blog Cavaners 2

Biasanya blogger pemula banyak yang merasa kesulitan menulis content blog karena belum mengetahui tips menulis content blog. Saya dulu juga begitu. Selalu merasa ada yang kurang dengan tulisan saya. Selalu bertanya,“Apa akan ada banyak orang yang tertarik dengan tulisan saya?”

Advertisements

Tips menulis content blog

Tapi, sekarang syukur tidak lagi. Sudah lumayan pengunjung blog saya. Anda mau tahu Tips- tips  menulis content yang menarik agar pengunjung bejibun? Begini kiatnya:

  1. Menulis dengan tulus. Jika Cavaners menulis dengan tulus tanpa ada perasaan terpaksa saya yakin semuanya akan berjalan mulus. Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam mencari kata-kata. Mengalir saja, tulis semua yang ingin Cavaners tulis. Blog yang bagus itu biasanya punya content asli dan ditulis sepenuh hati. Jadi, Cavaners bisa menulis apa saja yang Cavaners sukai agar jiwa Cavaners terasa masuk dalam tulisan. Selain itu, tulisan Cavaners tidak terkesan dipaksakan.
  2. Tulis yang bermanfaat. Blog yang sukses mengerti apa yang disukai para pembacanya. Semua orang yang mengakses blog seperti ini tidak akan pergi dengan tangan hampa. Mereka punya hal baru yang bermanfaat dan setiap pengunjung bisa menerapkan manfaat ini untuk kepentingan mereka. Jadi, kita harus menulis sesuatu yang berguna untuk orang lain. Berikan informasi yang Cavaners punya untuk semua pengunjung. Agar, pengunjung tidak merasa sia-sia telah datang ke blog Cavaners.
  3. Cari solusi untuk masalah orang lain. Pertama kali sebelum mencoba memecahkan masalah orang lain, Cavaners mesti tahu betul siapa saja pembaca Cavaners. Jadi Cavaners bisa menganalisis kesulitan apa saja yang biasa mereka hadapi. Nah, selanjutnya Cavaners bisa membantu mereka menemukan solusi yang tepat untuk masalah itu. Tapi jika Cavaners belum punya pembaca (biasanya dialami blogger baru) Cavaners bisa membaca blog lain yang punya target pembaca yang sama dengan Cavaners dulu. Sebut saja ini blog reference Cavaners. Jika Cavaners benar-benar blank tidak punya ide untuk menawarkan solusi pada pengunjung. Coba saja pelajari masalah-masalah yang biasa diutarakan pengunjung blog reference Cavaners. Biasanya di bagian komentar pengunjung suka mencurahkan masalah-masalah mereka. Kemudian Cavaners tulis pemecahan masalah mereka itu menurut versi Cavaners sendiri.
  4. Jangan cuma menulis tentang diri sendiri. Jika Cavaners terlalu banyak menulis tentang diri Cavaners, nanti malah banyak pengunjung yang tidak suka. Mereka akan mengira Cavaners bikin blog hanya karena ingin pamer. Gawat bukan kalau sudah begini? Apa Cavaners pernah menemui blog yang isinya seperti buku harian? Saya kira banyak juga ya jumlahnya. Dan sepertinya model blog curhat seperti ini tidak banyak disukai pengunjung. Kecuali kalau isi tulisan mereka mengandung banyak informasi yang berguna buat pengunjung. Bukan cuma menulis kegiatan harian seperti menulis di buku diary saja. Nah, jadi apa yang mesti Cavaners ingat agar blog Cavaners tidak seperti buku harian? Anda sebaiknya mengingatkan diri Cavaners kalau Cavaners menulis di blog bukan hanya ditujukan untuk diri Cavaners sendiri. Tapi Cavaners juga menulis untuk banyak pengunjung di seluruh penjuru dunia. Berbagi apa yang Cavaners alami tapi juga bagikan apa yang dipelajari banyak orang. Jangan melulu membicarakan diri Cavaners sendiri.
  5. Sentuhlah pembaca Cavaners. Coba buat interaksi dengan para pembaca Cavaners. Caranya bagaimana? Tidak cuma membalas komentar yang pembaca berikan. Tapi, Cavaners bisa membuat sejenis kontes yang menarik minat pembaca Cavaners. Missal bagi pemberi komentar diberi hadiah ebook.
  6. Buat headline yang memikat. Headline atau judul tulisan jadi salah satu faktor penentu banyak tidaknya pengunjung yang tertarik dengan blog Cavaners. Kenapa? Ya karena siapaun yang ingin join di blog pasti membaca judul tulisan Cavaners dulu. Betapapun menariknya content Cavaners kalau judulnya tidak menawan hati pengunjng, ya sia-sia saja. Nah, untuk membuat judul tulisan yang mematikan, Cavaners bisa belajar dari blog lain. Perhatikan saja judul-judul yang ada di blog-blog terkenal. Pelajari apa yang membuat judul itu bisa memikat Cavaners. Lalu silakan meniru model judul yang membuat Cavaners terpikat ini. Apa mereka banyak memakai kalimat tanya, memakai judul how to, memakai kalimat imperatif atau malah judulnya singkat seperti headline koran? Anda boleh meniru model yang Cavaners sukai.
  7. Fokus pada hal yang penting saja. Jangan merepotkan diri Cavaners dengan hal-hal yang tidak memberi manfaat banyak untuk traffic blog Cavaners. Misal, Cavaners terlalu asyik mencari gambar yang sempurna untuk blog Cavaners. Atau terlalu lama mendesain layout dan mengutak-atik format halamannya. Tentukan hal apa sih yang paling esensial untuk blog Cavaners? Dan fokus pada hal yang penting ini saja. Jangan buang waktu Cavaners dengan aktivitas yang membuat Cavaners terlena. Kalau bagi saya sendiri menulis content dan berinteraksi dengan pembaca itu dua hal yang lebih penting dari apapun. Jadi saya minimalkan saja aktivitas yang tidak berkaitan dengan dua hal ini. Jadi saya bisa menggunakan waktu saya yang lain untuk hal yang lebih produktif.
See also  Tips Sebelum Berbisnis, Pertimbangkan ini

Ketujuh tip di atas dapat Cavaners terapkan dalam enam jenis artikel kunci blog. Dan kalau Cavaners merasa content Cavaners masih belum cukup menarik, singkirkan perasaan itu. Bagus tidaknya content itu ditentukan pembaca, bukan Cavaners. 


Nah, sekarang apa Cavaners masih merasa kesulitan menulis content yang menarik? Kalau jawabannya iya, mari kita bahas bersama dan tidak ada salahnya Cavaners mencoba tips menulis content blog yang telah saya bahas pada artikel ini.

Advertisements
spot_img

Reviews

Related Articles