fbpx
Friday, May 20, 2022

Wow Ternyata Ini Tips Mengatasi Rambut Rontok, Yuk Simak??

Wow Ternyata Ini Tips Mengatasi Rambut Rontok, Yuk Simak??
Wow Ternyata Ini Tips Mengatasi Rambut Rontok, Yuk Simak?? 2

Cara mengatasi rambut rontok bisa berbeda-beda, tergantung pada penyebabnya. Secara umum, ada beberapa faktor yang bisa menjadi pemicu terjadi rambut rontok, mulai dari stres, faktor genetik, hingga penyakit tertentu. Kondisi ini bisa ditangani dengan perawatan menggunakan bahan-bahan alami atau dengan pengobatan.

Rambut rontok sebenarnya normal terjadi, dalam satu hari manusia mungkin mengalami rambut rontok hingga beberapa helai. Namun, kondisi ini harus diwaspadai jika berlangsung dalam jangka waktu lama dan rambut rontok dalam jumlah besar. Jika tidak ditangani dengan tepat, rambut yang rontok secara berlebihan bisa meningkatkan risiko terjadinya kebotakan.

Beragam Cara Mengatasi Rambut Rontok

Rambut rontok bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Maka dari itu, cara mengatasi rambut rontok juga beragam, beberapa di antaranya adalah:

Advertisements

Produk Anti Rambut Rontok

Salah satu cara mengatasi rambut rontok yang bisa dilakukan adalah menggunakan produk khusus anti rambut rontok. Jenis produk ini banyak dijual di pasaran dan bisa dibeli secara bebas. Selain mengatasi kerontokan, produk-produk yang diformulasikan khusus juga bisa membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Platelet-rich Plasma (PRP) Therapy

PRP adalah terapi yang bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Secara umum, prosedur ini dilakukan dengan menggunakan darah sendiri, yaitu menyuntikkan konsentrasi trombosit darah untuk memulihkan dan mempercepat pertumbuhan rambut.

Injeksi Steroid

Cara mengatasi rambut rontok selanjutnya adalah dengan injeksi atau suntikan steroid. Cara pengobatan ini hanya boleh dilakukan oleh dokter kulit bersertifikat dan bisa digunakan untuk mengatasi beberapa bentuk kerontokan rambut.

Terapi Laser

Terapi cahaya tingkat rendah (LLLT) adalah perawatan yang disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat untuk pertumbuhan rambut. Artinya, terapi ini bisa digunakan untuk mengatasi dampak dari rambut rontok. Dengan memanfaatkan efek laser dan cahaya, terapi ini bekerja untuk mengaktifkan kembali pola pertumbuhan rambut alami.

Advertisements

Caranya dengan meningkatkan sirkulasi darah dan produksi kolagen. Terapi ini bekerja dalam tiga tahap, yaitu menghentikan kerontokan rambut, menjaga ketebalan rambut, serta merangsang pertumbuhan kembali rambut dengan folikel yang lebih kuat.

See also  Wajib Tau! Ini Jenis Makanan Penyebab Jerawat

Tips Mencegah Kerontokan Rambut Parah

Selain mengetahui cara mengatasi rambut rontok, penting juga untuk mengerti cara mencegah kondisi ini. Rambut rontok yang tidak disebabkan oleh faktor keturunan bisa dicegah dengan beberapa cara, seperti:

  • Jangan berlebihan dalam mewarnai rambut serta penggunaan produk kimia lainya,
  • Pilihlah produk perawatan rambut yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan kulit kepala,
  • Menyisir rambut dengan cara yang tepat, yaitu dari pangkal ke ujung rambut,
  • Hindari terlalu kasar dalam menata rambut, apalagi sampai menarik rambut,
  • Lindungi rambut dari paparan sinar matahari, terutama saat harus beraktivitas lama di luar ruangan.
  • Selain itu, pastikan juga untuk mengonsumsi makanan bergizi, sebab kesehatan rambut dan kulit kepala faktanya bisa dijaga dari dalam. Menggunakan sampo yang cocok dan tidak terlalu sering menggantinya juga bisa membantu mencegah terjadinya kerontokan rambut parah.

Bagimana dengan Artikel tentang ” Atasi Rambut Rontok ini ” Apakah bermanfaat ? Jika iya bantu share ya Cavaners..

Reviews

Related Articles