fbpx
Saturday, May 21, 2022

Tips Mencegah Foundation Alami Oksidasi saat Makeup

Tips Mencegah Foundation Alami Oksidasi saat Makeup
Tips Mencegah Foundation Alami Oksidasi saat Makeup 3

Makeup bukan hanya dapat meningkatkan rasa percaya diri, tetapi juga suasana hati seseorang. Namun, jika setelah beberapa jam pengaplikasian kulit menjadi berubah warna menjadi lebih gelap, kondisi tersebut dikenal dengan istilah oksidasi. Bagaimana cara mencegahnya?

Ketika hal tersebut terjadi, alih-alih mulus dan cerah, wajah bisa saja berubah menjadi kecoklatan atau abu-abu. Jika sudah begitu, warna kulit wajah dan leher tentunya menjadi belang. Untuk mencegah hal tersebut, ini beberapa cara yang dapat Cavaners lakukan:

Gunakan Skincare yang Tepat

Langkah pertama yang dilakukan adalah menggunakan skincare yang tepat. Perpaduan kulit wajah yang sehat dan terhidrasi adalah kunci sempurnanya makeup pada wajah seseorang. Oleh karena itu, Cavaners disarankan untuk memakai skincare yang sesuai dengan jenis kulit, agar makeup dapat diaplikasikan dengan sempurna.

Advertisements

Pakai Primer sebagai Dasar Makeup

Penggunaan primer menjadi hal pertama yang dilakukan saat menggunakan makeup. Primer berfungsi sebagai pembatas antara kulit dan foundation, serta dapat mengontrol kadar minyak wajah. Minyak yang tercampur dengan foundation bukan hanya membuat makeup mudah luntur, tetapi juga teroksidasi.

Tepuk Wajah dengan Tisu

Jangan lupa untuk menepuk-nepuk wajah dengan tisu sebelum dan setelah menggunakan foundation. Langkah ini dikenal dengan sebutan teknik blotting. Tujuannya adalah menyerap kelebihan minyak pada wajah. Pastikan untuk menepuk dan tidak mengelap, agar foundation tidak bergeser.

Tips Mencegah Foundation Alami Oksidasi saat Makeup
Tips Mencegah Foundation Alami Oksidasi saat Makeup 4

Kocok Foundation Sebelum Digunakan

Pastikan untuk mengocok foundation sebelum menggunakannya. Jika masih banyak pigmen yang mengendap di bagian bawah botol, pengaplikasian menjadi kurang rata karena tekstur foundation yang terlalu encer. Hal tersebut tentu saja akan berujung pada foundation yang teroksidasi.

Pakai Translucent Powder Setelah Foundation

Translucent powder merupakan bedak bertekstur bubuk yang berfungsi untuk mengunci makeup agar tahan lama. Bedak ini berwarna putih, yang akan membaur tanpa mengubah warna makeup saat diratakan dengan kuas. Untuk mendapatkan manfaatnya, aplikasikan bedak ke seluruh wajah.

Advertisements

Pastikan Kadar PH Kulit Wajah Seimbang

Jika kadar pH kulit wajah terlalu tinggi atau rendah, risiko terjadinya oksidasi semakin meningkat. Hal tersebut terjadi karena pH kulit yang cenderung asam. Normalnya, pH kulit wajah berada di angka 5,5. Untuk menyeimbangkannnya, Cavaners disarankan untuk rutin mengonsumsi buah dan sayuran, serta menggunakan toner cuka apel.

See also  Inilah Penyebab Penyakit Sifilis yang Perlu Diketahui

Gunakan Shade Lebih Terang

Langkah terakhir dilakukan dengan menggunakan shade atau warna foundation yang lebih terang ketimbang warna kulit asli. Ketika oksidasi terjadi, kulit akan menggelap sesuai dengan warna kulit wajah asli. Jika warna foundation yang dipilih masih terlalu terang, Cavaners bisa menetralkannya dengan bedak yang lebih gelap.

Reviews

Related Articles