Tuesday, June 28, 2022

If you visit our website outside our country, please use the translate button in the top menu

Wah Ini Dia 5 Tips Membersihkan Sisa Make up Yang Benar Agar Kulit Terhindar Dari Jerawat

Wah Ini Dia 5 Tips Membersihkan Sisa Make up Yang Benar Agar Kulit Terhindar Dari Jerawat
Wah Ini Dia 5 Tips Membersihkan Sisa Make up Yang Benar Agar Kulit Terhindar Dari Jerawat 4

Hallo Cavaners . . . .

Advertisements

Tips Membersihkan Sisa Make up Yang Benar Agar Kulit Terhindar Dari Jerawat. Bagi beberapa orang, cara menghapus make up menggunakan produk pembersih make up atau make up remover sudah cukup untuk menghilangkan make up. Padahal, sisa make up mungkin saja masih tertinggal pada pori-pori kulit, bila Cavaners tidak membersihkan make up dengan tepat atau Jika dilakukan terus-menerus (Mungkin Cavaners Wanita Karir Yang Membutuhkan Makeup Setiap hari), bahaya memakai make up pada wajah bisa mengiritasi kulit yang akan menyumbat pori-pori, dan memicu timbulnya jerawat. Pada area mata, bahaya pakai make up seharian, bahkan sampai tidak dibersihkan saat tidur, bisa menyebabkan peradangan dan kulit kemerahan. Maka dari itu, Cavaners wajib mengetahui cara menghapus make up yang benar agar terhindar dari masalah kulit yang tidak diinginkan.

Berikut Tips Membersihkan Sisa Make Yang Benar

Sebelum menghapus make up dilakukan, pastikan Cavaners sudah mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun sampai bersih. Langkah ini bertujuan untuk membersihkan tangan dari kotoran dan bakteri yang menempel, serta berisiko pindah dari tangan ke wajah. Selain itu, gunakan ikat rambut atau bCavanersna untuk mengatur rambut agar tidak mengganggu saat Cavaners melakukan proses pembersihan wajah, Hal ini juga bermanfaat untuk mencegah kemungkinan bakteri dari area rambut berpindah ke wajah. Selanjutnya, cara membersihkan make up bisa Cavaners mulai dengan langkah sebagai berikut:

Bersihkan make up mata secara perlahan


Cara membersihkan make up dimulai dari area mata terlebih dahulu. Pasalnya, make up mata biasanya lebih sulit untuk dibersihkan, terutama bila Cavaners menggunakan maskara dan eyeliner yang bersifat waterproof atau tahan air.

Dan pastinya, untuk menghapus make up mata tidak boleh dilakukan terlalu kencang. Cavaners harus melakukannya dengan lembut dan perlahan. Pasalnya, area kulit mata cukup tipis dan sensitif, sehingga Cavaners tidak disarankan membersihkan dengan menggosoknya terlalu keras. Jika Cavaners menghapus make up mata terlalu keras , bisa menyebabkan timbulnya lingkaran hitam pada area mata, iritasi, keriput, serta membuat bulu mata Cavaners mudah rontok. Gawat kan ?

Advertisements
See also  Tips Memilih Make up Dan Skincare Untuk Kulit Berjerawat

Cara membersihkan make up mata yang benar, yaitu basahi kapas bersih dengan produk make up remover berbahan dasar minyak. Tempelkan kapas tersebut pada area mata. Tekan area mata secara lembut dan perlahan selama 5-10 detik, Gunakan kapas bersih lainnya untuk memaksimalkan proses membersihkan make up area mata.

Bersihkan seluruh make up di wajah


Cara membersihkan make up berikutnya adalah menyentuh area seluruh wajah. Make up wajah cenderung kompleks karena biasanya terdiri dari foundation, concealer, dan bedak. Oleh sebab itu, Cavaners membutuhkan produk pembersih yang berbahan dasar minyak, seperti cleansing oil. Menurut seorang pakar kecantikan kulit, cleansing oil dapat menarik minyak di wajah.

Dengan demikian, produksi sebum berlebih dan kotoran di wajah dapat ikut terangkat tanpa harus merusak kulit dan lapisan pelindung kulit. Pembersih wajah berbahan minyak pun nyaman digunakan. Cavaners cukup mengoleskannya pada permukaan wajah seraya memijat kulit secara perlahan.

Cara menghapus make up di wajah juga bisa dengan milk cleanser. Tuang milk cleanser secukupnya, kemudian oleskan ke permukaan wajah, termasuk dahi, pipi, dan dagu secara merata, menggunakan ujung jari. Gunakan kapas untuk mengusap wajah sambil beri tekanan lembut, sampai seluruh make up dan krim pembersih terangkat.

Wah Ini Dia 5 Tips Membersihkan Sisa Make up Yang Benar Agar Kulit Terhindar Dari Jerawat
Wah Ini Dia 5 Tips Membersihkan Sisa Make up Yang Benar Agar Kulit Terhindar Dari Jerawat 5

Gunakan micellar water

Setelah itu, cara membersihkan make up dilanjutkan dengan penggunaan produk pembersih berupa micellar water untuk menyempurnakan proses pembersihan wajah. Micellar water adalah kombinasi air murni dan bahan-bahan yang menghidrasi kulit, seperti gliserin, serta molekul yang disebut misel.

Advertisements

Misel dalam micellar water dapat menarik kotoran dan minyak. Ketika Cavaners menggunakan micellar water ke kulit wajah dan menyekanya dengan kapas, sisa-sisa make up, minyak, dan kotoran dapat terangkat sempurna.

Bersihkan area bibir

Nah untuk membersihkan make up pada area bibir perlu menggunakan produk pembersih berbahan minyak. Hal ini karena beberapa produk lipstik ada yang bersifat tahan lama.

Cavaners bisa menggunakan petroleum jelly untuk membersihkan lipstik yang kerap sulit dibersihkan. Cukup oleskan petroleum jelly pada seluruh permukaan bibir. Diamkan selama beberapa menit.

Tempelkan kapas pada bibir Cavaners selama beberapa detik. Kemudian, usap bibir seraya memberi tekanan perlahan dengan gerakan memutar. Lakukan kembali langkah tersebut sampai seluruh lipstik terhapus dari bibir.

See also  Penyebab Dan Cara Mengatasi Timbulnya Jerawat Di Bibir

Untuk hasil yang maksimal, Cavaners bisa menggunakan sikat gigi berbulu halus atau kain lap bersih yang lembap agar pigmen warna lipstik hilang sepenuhnya.

Advertisements
Wah Ini Dia 5 Tips Membersihkan Sisa Make up Yang Benar Agar Kulit Terhindar Dari Jerawat
Wah Ini Dia 5 Tips Membersihkan Sisa Make up Yang Benar Agar Kulit Terhindar Dari Jerawat 6

Cuci muka

Meski cara membersihkan make up sudah dilakukan, Cavaners tetap perlu mencuci muka agar wajah benar-benar bersih dari produk kosmetik. Pasalnya, residu minyak dan produk pembersih make up yang digunakan sebelumnya dapat berisiko menyumbat pori-pori kulit bila tidak dibilas dengan air sampai bersih.


Langkah tersebut dikenal pula dengan double cleansing atau cara membersihkan make up dua tahap. American Academy of Dermatology merekomendasikan penggunaan sabun cuci muka yang tidak mengandung alkohol.

Kemudian, lakukan cara membersihkan wajah dengan membasahi muka menggunakan air suam-suam kuku (air hangat) terlebih dahulu. Usapkan sabun pembersih wajah yang biasa Cavaners gunakan pada permukaan wajah secara merata seraya memijat kulit perlahan.

Advertisements

Bilas wajah Cavaners menggunakan air sampai bersih. Lalu, tepuk-tepuk wajah dengan lembut menggunakan handuk bersih. Bahaya pakai make up seharian dan tidak dibersihkan saat tidur.

Cara menghapus make up yang benar perlu dilakukan agar risiko masalah kulit dapat terhindarkan. Pasalnya, ada bahaya sering pakai make up dalam jangka waktu seharian atau lebih, bahkan tidak sempat membersihkannya saat tidur di malam hari.

Adapun beberapa masalah kulit yang timbul bila Anda tidak menghapus make up dengan tepat adalah sebagai berikut.

Agar Kulit Terhindar Dari Jerawat

Salah satu masalah kulit yang rentan timbul jika menggunakan make up seharian dan tidak dibersihkan saat tidur adalah jerawat. Pada dasarnya, penggunaan make up tidak dapat menimbulkan jerawat. Akan tetapi, cara menghapus make up dan cara pakai make up itu sendiri yang membuat beberapa orang bisa mengalami masalah jerawat.

Akibatnya, sisa make up, kotoran, keringat, dan tumpukan sel kulit tersebut akan menyumbat pori-pori. Jika ada bakteri yang tumbuh dan menimbulkan peradangan, maka jerawat bisa muncul.

Jika Cavaners memiliki kulit berjerawat dan tidak rutin membersihkan make up dengan benar, maka kondisi jerawat yang sudah ada bisa semakin parah. Apabila harus menggunakan make up untuk waktu yang agak lama, gunakan make up berlabel non-acnegenic dan noncomedogenic agar tidak rentan menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat.

See also  Perbedaan Jerawat Batu Dan Jerawat Biasa, Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Kulit keriput, kering, dan kusam

Bahaya memakai make up saat tidur juga dapat memicu kulit keriput. Sebab, jika Cavaners membiarkan wajah dipenuhi make up seharian atau saat tidur, proses regenerasi kulit wajah akan berjalan lambat.

Advertisements

Sisa kotoran yang masih menempel di wajah akibat tidak menghapus make up dengan benar bisa membuat kulit mengalami stres oksidatif. Stres oksidatif dapat menyebabkan lapisan pelindung kulit rusak sehingga memunculkan tanda-tanda penuaan dini, seperti kulit keriput dan garis halus di wajah.

Tak hanya itu , kebiasaan meninggalkan maskara selama tidur di malam hari terus-menerus dapat menyumbat folikel bulu mata dan memicu iritasi. Bahkan, partikel maskara dan eyeliner yang jatuh ke mata selama tidur juga akan rentan memicu iritasi mata merah (konjungtivitis).

Maka dari itu, untuk menghapus make up penting dilakukan untuk membantu membersihkan tumpukan minyak, kotoran, keringat dan residu make up yang menempel sehingga proses regenerasi kulit dapat berjalan lebih cepat.

Alergi dan iritasi

Bahaya sering pakai make up seharian dan tidak dibersihkan saat tidur adalah reaksi alergi dan iritasi. Hal ini karena beberapa produk make up sebagian besar mengandung zat kimia, termasuk zat pewangi dan pengawet, sehingga memicu reaksi peradangan yang disebabkan oleh zat iritan atau alergen. Beberapa gejala reaksi alergi yang mungkin timbul, termasuk kulit kemerahan, gatal, kering, menebal, dan mengelupas.

Infeksi

Seorang ahli kulit mengingatkan, bila Cavaners memiliki jerawat meradang, risiko infeksi bisa terjadi karena lapisan kulit yang terganggu akibat memaksakan memakai make up terlalu lama.

Advertisements

Selain itu, kulit kering dan kusam akibat penggunaan make up seharian, seperti foundation, concealer, bedak, dan blush on berlapis-lapis, dan tidak dibersihkan dengan benar dapat memicu munculnya kerutan dan garis-garis halus di wajah. Kondisi ini yang rentan menimbulkan infeksi.

Advertisements
spot_img

Reviews

Related Articles