fbpx
Friday, May 20, 2022

Tips Diet Sehat Secara Alami, Aman Untuk Kesehatan Dan Efektif Menurunkan Berat Badan

Tips Diet Sehat Secara Alami, Aman Untuk Kesehatan Dan Efektif Menurunkan Berat Badan
Tips Diet Sehat Secara Alami, Aman Untuk Kesehatan Dan Efektif Menurunkan Berat Badan 4

Tidak sulit untuk diet sehat secara alami , karena pada dasarnya setiap orang – kelebihan berat badan atau tidak – harus mengikuti diet ini untuk mencegah berbagai penyakit kronis di kemudian hari. Obesitas disebabkan oleh terlalu banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Sementara kalori yang dikeluarkan tidak sebanding dengan asupannya, kalori menumpuk dan menjadi lemak. Pada akhirnya, itu adalah lemak yang menonjol di perut Anda dan meningkatkan ukuran paha dan lengan Anda. Bahkan jika Anda benar-benar ingin mencapai berat badan ideal, Anda harus memilih diet yang tidak berbahaya bagi kesehatan Anda.

Berikut Cara Diet Sehat Secara Alami

Pilih Makanan Yang Tepat

Diet sehat alami yang pertama adalah memilih makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Ya, memilih asupan makanan yang tepat berperan penting dalam keberhasilan program diet Anda. Anda bisa melakukan diet sehat ini dengan menghindari makanan berlemak dan kandungan gula yang tinggi.

Advertisements

Makanan tinggi gula tinggi kalori dan karenanya buruk bagi tubuh. Juga, hindari makanan kemasan dan gorengan karena makanan seperti itu hanya akan menggagalkan pola makan sehat Anda. Sebaliknya, jika ingin makan sehat alami, perbanyak konsumsi buah dan sayur. Namun, bukan berarti Anda harus melewatkan nasi atau lauk pauk. Semua makanan ini tetap diperlukan untuk tubuh, tetapi Anda perlu mengatur porsinya dengan benar.

Makan Sesuai Porsinya Dengan Kebutuhan Anda

Setelah memilih makanan yang tepat, jalur diet sehat selanjutnya adalah mengatur porsi makanan. Anda perlu makan sesuai dengan kebutuhan kalori per hari. Tentu hal ini tidak bisa dihitung sembarangan. Jika Anda kesulitan, Anda bisa mendiskusikannya dengan ahli gizi.

Namun, bagi Anda yang kelebihan berat badan, biasanya Anda diperbolehkan mengonsumsi 1500 kalori. Untuk menerapkan pola makan yang sehat, selalu ingat bahwa Anda harus menyeimbangkan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda dalam satu kali makan. Anda bisa menyesuaikannya dengan prinsip gizi seimbang yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

See also  Tips Diet Sederhana, Ampuh Turunkan 1/2 kg Perhari

Jadi, dalam sekali makan, Anda perlu mengonsumsi makanan pokok, lauk hewani, lauk nabati, semangkuk sayur, dan buah-buahan untuk selingan. Anda bisa menerapkan porsi sesuai gambar diet seimbang berikut ini.

Advertisements
Tips Diet Sehat Secara Alami, Aman Untuk Kesehatan Dan Efektif Menurunkan Berat Badan
Tips Diet Sehat Secara Alami, Aman Untuk Kesehatan Dan Efektif Menurunkan Berat Badan 5

Ganti Gula Dengan Pemanis Yang Rendah Kalori

Omong-omong, banyak orang sering meremehkan diet sehat ini. Padahal, salah satu cara paling efektif untuk menurunkan berat badan adalah dengan makan makanan yang sehat, mengganti gula dengan pemanis yang lebih sehat. Seberapa sering Anda menambahkan gula ke makanan atau minuman Anda?

Banyak orang tidak menyadari berapa banyak gula yang mereka makan dalam sehari. Ingatlah bahwa gula dan makanan manis menyebabkan obesitas dan jelas buruk bagi kadar gula darah Anda. Mulai sekarang, ganti gula dengan pemanis rendah kalori yang tak kalah manisnya dengan gula. Ada banyak pemanis buatan yang tersedia saat ini yang rendah kalori, aman untuk kadar gula darah, dan tidak akan meningkatkan skala.

Rajin Berolahraga

Olahraga adalah diet sehat alami yang paling mudah untuk Anda. Karena diet sehat alami tidak optimal jika tidak berolahraga. Jadi mulai sekarang, jadikan olahraga sebagai kebutuhan, bukan kewajiban. Karena tubuh Anda perlu mengeluarkan dan membakar kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Jika tidak melalui latihan rutin, bagaimana lagi kalori – dalam bentuk lemak – bisa dikurangi? Mulailah membiasakan diri untuk berolahraga secara rutin minimal 30 menit setiap hari. Untuk memulai, Anda bisa berjalan santai selama 30 menit atau jogging di sekitar rumah.

Terapkan Gaya Hidup Sehat

Setelah berbagai cara makan sehat yang disebutkan di atas, alangkah baiknya jika Anda juga menerapkan gaya hidup yang baik secara keseluruhan. Apa itu gaya hidup yang baik? Anda dapat melakukan ini dengan beberapa cara, misalnya dengan tidur yang cukup dan menghindari begadang.

See also  Diet Adalah : Mau Tubuh Langsing? Pelajari Cara Diet Yang Benar disini

Kemudian hindari konsumsi alkohol yang berlebihan dan jangan merokok. Hal-hal ini akan membantu membuat diet sehat alami Anda mudah dan sukses.

Tips Diet Sehat Secara Alami, Aman Untuk Kesehatan Dan Efektif Menurunkan Berat Badan
Tips Diet Sehat Secara Alami, Aman Untuk Kesehatan Dan Efektif Menurunkan Berat Badan 6

Pilihan Makanan Diet Sehat Alami Yang Cocok Untuk Dikonsumsi Sehari-hari

Padahal, ada banyak makanan diet sehat yang bisa Anda konsumsi. Namun, beberapa makanan sehat yang tercantum di bawah ini mungkin bisa menjadi referensi Anda.

Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu makanan yang paling umum dikonsumsi untuk diet sehat. Bahkan oatmeal bisa dibilang sebagai makanan diet sehat yang perlu ada di menu Anda setiap hari.

Sebuah studi 6 tahun yang dilakukan oleh para peneliti di University of California membuktikan bahwa makan makanan sebagai diet sehat telah terbukti membantu menurunkan berat badan. Kandungan protein, magnesium, fosfor, dan vitamin B1 dari oatmeal juga berfungsi untuk memberikan energi, sehingga Anda bisa bersemangat untuk beraktivitas.

Apel

Apel adalah salah satu buah yang paling populer ketika orang sedang diet. Buah berwarna merah atau hijau ini mengandung nutrisi yang baik dan dapat membantu menurunkan berat badan.

Dalam sebuah apel kecil atau sekitar 85 gram hanya terdapat 50 kalori dengan 12 gram karbohidrat. Serat yang dikandungnya adalah serat larut air yang kuat yang membantu Anda tetap lapar lebih lama.

Advertisements

Ini berarti Anda dapat menggunakan apel sebagai makanan diet sehat selingan di antara waktu makan untuk mencegah Anda mengonsumsi makanan dalam jumlah berlebihan. Apel juga memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga aman bagi Anda yang menderita diabetes tetapi ingin mengontrol berat badan.

Brokoli

Anda bisa mengCavanerslkan brokoli sebagai salah satu makanan diet sehat. Karena brokoli rendah kalori, tetapi tinggi vitamin, serat dan mineral. Bayangkan sebotol penuh potongan brokoli hanya mengandung 30 kalori. Sedangkan untuk kandungan serat, brokoli memiliki serat hingga 5 gram, yang dapat membantu Anda merasa kenyang sepanjang hari.

See also  Mengenal Diet Jepang, Efektif Turunkan 7-8kg dalam 13 hari

Albumen / Putih Telur

Biasanya, protein dikonsumsi oleh binaragawan sebagai menu diet sehat. Tidak seperti kuning telur, putih telur tinggi protein tetapi rendah lemak, menjadikannya makanan yang baik untuk dimasukkan dalam diet Anda. Ya, ada banyak protein dalam 100 gram protein saja karena ada 10,9 gram.

Lemak, sebaliknya, hanya memiliki sekitar 0,17 gram. Karena rendah lemak, Anda tidak perlu khawatir makanan ini bertambah tumpukan lemak di tubuh Anda.

Ikan

Anda juga bisa mengonsumsi ikan sebagai menu diet sehat. Kandungan lemak yang baik pada ikan bisa membantu menurunkan berat badan lho.

Berbeda dengan daging, ikan mengandung lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan otak. Lemak ini biasanya terdapat pada ikan laut dalam seperti salmon, tuna, dan makarel.

Asupan yang cukup dan tidak berlebihan juga merupakan cara bagi penderita diabetes untuk mengatasi penyakitnya. Untuk memaksimalkan manfaat ikan ini, hindari makan ikan goreng.

Snack Rendah Kalori

Tidak perlu menghentikan kebiasaan ngemil. Makan snack sebenarnya tidak dilarang selama diet. Saat ini banyak jajanan sehat yang dijual di pasaran sebagai makanan untuk diet sehat.

Advertisements

Reviews

Related Articles