fbpx
Tuesday, May 24, 2022

Terong Untuk Diet, Apa Bisa ?

Terong Untuk Diet, Apa Bisa ?
Terong Untuk Diet, Apa Bisa ? 2

Terong merupakan salah satu sayuran yang paling murah dan dapat diolah menjadi berbagai masakan yang lezat. Seperti Terong Balado, Terong Goreng Tepung, Terong Goreng, Sayur Lodeh, dan lainnya.

Ada berbagai jenis terong, salah satunya terong hijau. Biasanya terong hijau sering dijadikan lalapan yang dipadukan dengan nasi, lauk pauk, dan sambal. Daging buahnya cukup padat namun lembut saat digigit dengan sedikit bijinya yang bisa disantap Cavaners.

Dibalik kelezatan terong hijau, banyak manfaat kesehatan terong hijau yang tidak boleh dilewatkan. Beberapa bahan yang dikandungnya membuat terong hijau menjadi sayuran sehat yang cocok untuk dibawa pulang .

Manfaat Terong Hijau untuk Kesehatan

Kaya akan antioksidan

Terong hijau merupakan sayuran yang kaya akan antioksidan. Ketahuilah bahwa antioksidan diperlukan tubuh untuk menunjang kesehatan. Cavaners perlu mengetahui bahwa satu porsi terong dapat menyediakan sekitar lima persen kebutuhan harian seseorang akan serat, tembaga, mangan, B-6, dan tiamin. Selain itu, terong juga mengandung vitamin dan mineral.

Selain itu, terong merupakan sumber senyawa fenolik yang berperan sebagai antioksidan. Antioksidan penting untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas ini dapat memicu berbagai penyakit berbahaya seperti kanker. Kandungan antioksidan dalam terong antara lain antosianin seperti nasunin, lutein, dan zeaxanthin.

Terong Untuk Diet

Bagi Cavaners yang sedang berusaha mengontrol berat badan, terong hijau bisa menjadi bahan diet yang tepat. Ini karena terong hijau mengandung serat yang tinggi, yang bisa membuat Cavaners merasa kenyang lebih lama.

Terong juga rendah kalori. Sehingga sangat cocok untuk membantu Cavaners menurunkan berat badan. Namun, usahakan untuk tidak mengolah terong dengan cara digoreng. Terong bisa menyerap banyak minyak saat digoreng.

Advertisements
See also  Perbedaan Komedo Hitam Dan Komedo Putih, Serta Cara Mengatasinya

Manfaat Terong Hijau untuk Kesehatan

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat terong hijau selanjutnya adalah menjaga kesehatan jantung. Untuk menjaga kesehatan jantung, sangat penting untuk selalu memperhatikan makanan yang Cavaners makan. Terong hijau mengandung serat, potasium, vitamin C, vitamin B-6, dan antioksidan yang efektif dalam menjaga kesehatan jantung.

Sebuah tinjauan yang diterbitkan pada tahun 2019 menemukan bahwa makan makanan yang mengandung flavonoid tertentu, seperti anthocyanin, dapat membantu mengurangi peradangan, yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

Studi lain menemukan bahwa wanita yang menerima asupan tinggi antosianin memiliki tekanan darah dan kekakuan arteri yang lebih rendah, seperti halnya orang yang mengonsumsi jumlah terendah senyawa ini. Jadi jangan ragu untuk makan terong mulai sekarang ya sobat idaman. Selain murah juga menyehatkan.

Apakah Cavaners memiliki fungsi kognitif?

Manfaat terong juga sangat baik dalam fungsi kognitif. Hal ini dilakukan pada penelitian pada hewan yang menunjukkan bahwa kadar nasunin, yaitu antosianin pada kulit terong, dapat melindungi membran sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Kandungan nasunin juga membantu dalam pengangkutan nutrisi ke sel dan pembuangan limbah.

Selain itu, kehadiran anthocyanin mencegah peradangan saraf dan meningkatkan aliran darah ke otak. Ini mencegah kehilangan memori dan penurunan mental terkait usia.

kolesterol darah

Terong yang Cavaners biasa temukan di hampir setiap fasilitas perbelanjaan, mulai dari pedagang keliling, kios sayur, pasar hingga supermarket, sangat baik untuk dikonsumsi. Dimana terong memiliki kandungan serat yang kuat dalam mengatur kadar kolesterol. Ada sekitar 2,4 gram dalam 96 gram cangkir terong matang.

Kemudian sebuah studi tahun 2014 pada hewan pengerat membuktikan bahwa asam klorogenat, antioksidan utama dalam terong, dapat menurunkan kadar lipoprotein densitas rendah, atau kolesterol jahat, dan mengurangi penyakit hati berlemak nonalkohol.

See also  Wah Ini Dia Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Bisul,Pakai Bahan Alami

Melindungi dari kanker

Manfaat terong hijau dapat melindungi dari penyakit kanker. Kanker sendiri merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan dapat membunuh nyawa seseorang. Namun, terong mengandung antosianin dan asam klorogenat, yang efektif melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Dalam jangka panjang, dapat mencegah pertumbuhan tumor dan sel kanker yang semakin banyak menyebar. Kehadiran antosianin dalam terong hijau dapat mencegah pembentukan pembuluh darah baru pada tumor, mengurangi peradangan, dan menghambat enzim yang membantu penyebaran sel kanker.

Menjaga kesehatan mata

Manfaat terong hijau sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin dalam terong hijau berperan sangat penting dalam kesehatan mata. Kandungan lutein dapat mencegah degenerasi makula terkait usia dan menyebabkan kehilangan penglihatan pada orang tua.

Reviews

Related Articles