fbpx
Friday, May 20, 2022

Punya Lutut hitam ? Ini Dia Berbagai Penyebab Lutut Dan Siku Menjadi Hitam

Punya Lutut hitam ? Ini Dia Berbagai Penyebab Lutut Dan Siku Menjadi Hitam
Punya Lutut hitam ? Ini Dia Berbagai Penyebab Lutut Dan Siku Menjadi Hitam 2

Penyebab lutut hitamLutut dan siku hitam tentu dapat mengganggu penampilan. Terlebih, bagi Anda yang ingin menggunakan pakaian yang terbuka pada kedua area tubuh tersebut.

Apa penyebab lutut dan siku hitam?

Lutut dan siku hitam umum dialami oleh semua jenis kulit. Kendati demikian, orang-orang dengan kulit yang lebih gelap berisiko mengalaminya. Mengingat kedua area tubuh ini jarang diperhatikan, seperti kulit wajah atau tangan, maka tak sedikit orang yang menyadarinya. Padahal, area lutut dan siku juga perlu dibersihkan dan dirawat menggunakan produk perawatan kulit.

Adapun berbagai penyebab lutut dan siku hitam, di antaranya:

Advertisements

Efek penuaan

Lutut dan siku hitam biasanya lebih sering terjadi pada orang dewasa dan lansia, serta hanya sebagian kecil dari orang dewasa muda yang mengalaminya. Itu artinya, area lutut dan siku yang menghitam sering kali berhubungan dengan penuaan.

Adanya gesekan

Lutut dan siku merupakan area tubuh yang lebih gelap daripada area lainnya karena sering kali mengalami gesekan akibat aktivitas sehari-hari. Maka dari itu, muncullah masalah lutut dan siku gelap.

Faktor keturunan (genetik)

Tahukah Anda jika masalah lutut dan siku hitam merupakan kondisi yang cenderung diturunkan dari anggota keluarga?
Jadi, jika orang tua atau anggota keluarga dekat Anda ada yang mengalaminya, tak menutup kemungkinan Anda akan mengalami masalah tersebut.

Paparan sinar matahari

Jika Anda kerap beraktivitas di luar ruangan dalam waktu yang lama tanpa menggunakan perlindungan, seperti pemakaian tabir surya atau pakaian lengan panjang, area lutut dan siku bisa menghitam akibat paparan sinar matahari.

Advertisements

Sel kulit mati yang menumpuk

Pada dasarnya, kulit manusia akan melakukan regenerasi sehingga sel kulit lama akan digantikan dengan yang baru.
Apabila tidak dibersihkan secara rutin menggunakan produk perawatan kulit, sel-sel kulit mati ini akan menumpuk dan membuat kulit siku dan lutut menjadi gelap dan kusam.

See also  Berbagai Pilihan Masker Untuk Wajah Berminyak, Alami Dan Hemat

Kondisi kulit atau penyakit tertentu

Selain beberapa hal di atas, lutut dan siku hitam dapat disebabkan oleh adanya kondisi kulit atau penyakit tertentu yang tengah dialami. Misalnya, eksim, psoriasis, kapalan, melasma, hiperpigmentasi, ketidakseimbangan hormon, peradangan akibat luka, hingga penyakit tertentu, seperti obesitas.

Reviews

Related Articles