fbpx
Sunday, June 26, 2022

If you visit our website outside our country, please use the translate button in the top menu

Perkembangan Anak Telat ? Jangan Takut Ini Alasanya

Perkembangan Anak Telat ? Jangan Takut Ini Alasanya
Perkembangan Anak Telat ? Jangan Takut Ini Alasanya 2

Perkembangan Anak Telat – Perkembangan anak menjadi fokus utama orang tua setelah mereka lahir. Tidak dapat di pungkiri, sangat penting untuk memastikan bahwa prestasi si kecil selalu sejalan dengan usia mereka.

Advertisements

Namun perlu diingat, bayi bukanlah individu yang sama, ada banyak faktor yang membuatnya berbeda. Sama seperti orang dewasa, kepribadian juga sudah mulai terlihat sejak lahir.

Bayi, lebih bervariasi perkembangannya karena ada beberapa faktor yang berperan penting. Diantaranya adalah riwayat usia kelahiran , kepribadian dan hambatan. Bayi tidak satu ukuran cocok untuk semua, masing-masing adalah variasi.

Orang tua tidak boleh terlalu stres dengan penguasaan bayi yang lambat dan memperhitungkan faktor paparan yang didapat si kecil.

Beberapa kali saya mendapat pesan dari orang tua yang ‘cemas’ ketika anaknya lambat dalam sesuatu: lambat merangkak, lambat berbaring, lambat berjalan…

Advertisements

Pengembangan motorik mungkin bukan bidang saya. Namun kesempatan ini saya ambil untuk memberikan masukan dari segi perkembangan otak anak karena masih berkaitan dengan perkembangan motorik anak. Semoga bisa membantu melegakan hati para ibu dan bapak di luar sana.

Apa yang membuat anak kita berbeda?

Pepatah ‘usia hanyalah angka’ atau ‘usia tidak masalah’ benar untuk orang dewasa tetapi tidak berlaku untuk bayi. Perbedaan usia bahkan beberapa minggu adalah ‘efek’ yang besar.

Perkembangan otak berhubungan langsung dengan usia. Usia dihitung dari tanggal anak mulai dalam kandungan (dalam pembuahan mungkin lebih akurat), dan bukan dari tanggal hari pertama anak melihat dunia (ulang tahun).

Otak bayi berkembang di dalam dan di luar rahim. Jadi tentunya otak bayi yang lahir 3 minggu lebih awal berbeda dengan otak bayi yang lahir normal, tepatnya 40 minggu misalnya.

See also  Camilan Kehamilan Sehat Terbaik untuk Memuaskan Hasrat Anda

Jadi, sebelum ingin membandingkan anak cek terlebih dahulu grafik perkembangan motorik anak, cek dulu usia sebenarnya. Anak itu bukan nampan biskuit raya yang masaknya bersamaan dengan keluarnya oven.

Advertisements

Anak-anak dilahirkan dengan penampilan dan karakternya sendiri dengan tujuan mengelola dunia sebagai politisi, dokter, guru, dan pengusaha misalnya.

Sejak hari pertama lahir, anak akan menunjukkan minat atau kecenderungan yang sesuai dengan kepribadiannya. Dia akan menghabiskan banyak waktu untuk melatih bakatnya dan menjelajahi bidang minatnya.

HANYA SETELAH DIA PUAS DAN MENGUASAI MINATNYA, ANAK AKAN BERALIH UNTUK MENGUASAI BIDANG YANG LAINYA

Misalnya pada usia 8 minggu (+/- tentunya!), Semua anak akan mengalami 1 perkembangan otak yang memungkinkannya memasuki dunia pola (patterns). Artinya, anak akan MULAI MENJELAJAHI pola, bentuk, warna dan tekstur. Eksplorasi ini tidak hanya secara visual (mata) tetapi menggunakan seluruh indranya. Anak tidak hanya menjelajahi dunia pola-pola di sekitarnya tetapi juga pola-pola di dalam tubuh atau sistemnya.

Jadi, seorang anak dengan kepribadian ‘atletik’ (cenderung menggunakan fisik), akan menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari tangannya misalnya. Bukankah tangan kita semua memiliki bentuk khusus? Kemudian, anak akan banyak menatap tangannya, mencoba menggerakkan jari atau lengannya dan akan mulai memasukkan jari-jarinya ke dalam mulutnya. Ini semua untuk tujuan mengidentifikasi ‘apa itu tangan dan apa yang bisa dilakukan tangan’.

Advertisements

Anak yang lebih ‘dingin’ akan suka banyak termenung. Bahkan, dia menikmati dunia pola di sekitarnya. Misalnya, ia melihat seorang ‘pelayan’ memandangi sinar matahari yang menembus ruangan, atau menatap wallpaper warna-warni rumahnya.

Anak-anak yang tertarik bersosialisasi akan mulai membuat banyak keributan. Misalnya, anak-anak suka membuat suara pendek seperti ‘uh..uh..uh’ ketika mereka senang melihat susunan kaleng warna-warni di rak-rak toko atau ketika mereka melihat ibu mereka. ‘Uh..uh..uh’ juga merupakan sejenis pola yaitu pola suara yang dapat dihasilkan oleh kotak suara manusia. Bayi juga akan senang untuk berbalik dan mencari sumber suara di sekitarnya.

See also  19 Makanan Terbaik untuk Dimakan Selama Kehamilan

Tidak semua Perkembangan otak bayi itu sama, tetapi sudutnya berbeda. Akankah seorang anak yang ‘dingin’ dan suka bermimpi tentang alam akhirnya menjadi tidak mampu dan tidak pandai berbaring, merangkak atau berjalan? TIDAK, mungkin saja dia agak terlambat menguasainya dibandingkan dengan temannya yang ‘atletik’.

Advertisements

Bayi TIDAK BISA menguasai banyak hal berbeda dalam satu waktu. Jadi, ada benarnya apa yang dikatakan para tetua; ‘Seorang anak yang berjalan cepat, mulutnya sedikit lambat’.

Mulai usia ini, anak lebih ‘mobile’ (banyak bergerak) karena tidak hanya anak sudah memahami ‘pola’ tangan dan bagian tubuh lainnya seperti yang telah ia pelajari di dunia pola sekitar usia 8 minggu. Dulu, tapi sekarang dalam dunia pergaulan, anak sudah pandai mengoordinasikan gerakan semua anggota badan dan alhasil banyak bayi mulai merangkak/jongkok sejak usia ini.

Kemampuan otak bayi untuk memahami dunia hubungan saja tidak cukup. Bayi yang ‘gemuk’, misalnya, mungkin kurang tertarik dan kurang nyaman untuk merangkak karena beban yang berat padahal sebenarnya dia tahu, tertarik dan bisa merangkak.

Lagi-lagi anak itu bukan kuih raya yang kalau hangus atau tidak sesuai harapan, bisa dibuang ke keranjang sampah saat ada halangan. Orang tua, berempati dengan kesulitan yang dihadapi anak-anaknya saat ini.

Anak-anak yang ‘atletik’ mungkin tidak keberatan berlatih berbaring (tummy time) sering dan cukup lama sejak hari pertama. Jadi, jika anak ini juga memiliki ibu dan ayah yang rajin ‘melayani’ untuk ‘tummy time’ bersamanya, tak heran jika ia cepat menguasai berbaring, misalnya.

Namun, seorang anak yang bukan kepribadian ‘atletik’ dan dipaksa melampaui batasnya untuk berlatih ‘waktu perut’, mungkin mulai takut untuk mencoba karena dia mengaitkan aktivitas rawan itu sebagai pengalaman buruk.

See also  Ini lah Beraneka Aktifitas Dengan Si Kecil yang Menyenangkan

Contoh lain, jika seorang anak memiliki orang tua yang ‘intuitif’: pandai ‘membaca’ keinginan dan kebutuhan anak sebelum atau tanpa perlu diminta, maka anak merasa ‘tidak perlu’ baginya untuk banyak membuka mulut. . Jadi, anak mungkin terkesan ‘berat mulut’ untuk berlatih berbicara, namun ketahuilah bahwa anak masih pandai membuat kalimat lengkap pada usia 16 bulan misalnya!.

Advertisements

*** Pokoknya jangan terlalu terobsesi dengan perkembangan anak . Anak yang pandai berjalan pada usia 10 bulan tidak memiliki perbedaan kualitas jalannya dengan anak yang pandai berjalan pada usia 16 bulan ketika keduanya berusia 3 tahun. Tidak ada yang bisa membedakan ‘siapa yang tahu cara berjalan terlebih dahulu’ kecuali ketika ibu sedang bercerita.

Anaknya beragam. ‘Bervariasi’ dan ‘berbeda’ adalah arti yang berbeda. Jika ibu merasa anaknya ‘berbeda’ (tidak seperti anak-anak lain) dan ibu khawatir tentang hal ini, konsultasikan dengan dokter anak Anda untuk konfirmasi.

Sumber: Bahasa Bayi

Advertisements
spot_img

Reviews

Related Articles