fbpx
Tuesday, May 24, 2022

Ini Perbedaan Melasma dan Flek Hitam, Sering Di Anggap Sama

Ini Perbedaan Melasma dan Flek Hitam, Sering Di Anggap Sama
Ini Perbedaan Melasma dan Flek Hitam, Sering Di Anggap Sama 3

Apakah Anda masih bingung dengan perbedaan melasma dan flek hitam? Keduanya memang merupakan kondisi kulit yang terlihat lebih gelap dari sekitarnya. Sehingga tidak mengherankan jika banyak orang yang sering salah mengenali di antara keduanya. Tetapi melasma dan flek hitam merupakan istilah yang digunakan untuk kondisi kulit berbeda. Berikut penjelasannya.

Perbedaan melasma dan flek hitam

Berikut ini adalah perbedaan melasma dan hiperpigmentasi yang perlu Anda ketahui, agar tidak lagi salah mengenali keduanya.

Melasma

Melasma adalah gangguan pigmentasi yang ditandai dengan bercak coklat atau biru keabu-abuan pada kulit, terutama di area wajah. Kondisi ini juga bisa terlihat sebagai bintik-bintik mirip freckles dan disebut sebagai mask of pregnancy karena kerap muncul pada masa kehamilan.
Melasma terjadi karena sel-sel pembuat warna kulit (melanosit) memproduksi warna secara berlebihan. Penyebab kerusakannya sendiri belum bisa dipastikan, namun ada beberapa pemicu potensial yang dianggap bisa menyebabkan melasma, seperti:

  • Perubahan hormon
  • Paparan sinar matahari
  • Produk perawatan kulit tertentu
  • Faktor genetik

Beberapa gejala dari kondisi melasma antara lain:

  • Munculnya bercak kulit yang berwarna berbeda dari sekitarnya
  • Umumnya muncul pada area wajah, mungkin lebih jarang di lengan dan leher.
  • Dapat terlihat seperti kulit belang atau bintik-bintik
  • Seringkali dialami wanita hamil
  • Tidak menyebabkan sakit, gatal, atau ketidaknyamanan lainnya
  • Warna melasma dapat berubah lebih terang atau lebih gelap seiring berjalannya waktu
  • Dapat memburuk di musim panas dan membaik di musim dingin atau sejuk
Ini Perbedaan Melasma dan Flek Hitam, Sering Di Anggap Sama
Ini Perbedaan Melasma dan Flek Hitam, Sering Di Anggap Sama 4


Melasma termasuk penyakit kronis yang dapat berlangsung lebih dari tiga bulan hingga tahunan. Seseorang dapat mengalami melasma hanya selama masa kehamilan, tetapi sebagian lainnya mungkin mengalami melasma sepanjang hidupnya.

Flek hitam

Flek hitam sebenarnya bukanlah suatu nama penyakit kulit. Istilah ini sering juga disebut sebagai hiperpigmentasi dan digunakan untuk menyebut berbagai kondisi penggelapan kulit secara umum, termasuk melasma. Hiperpigmentasi bisa berupa penggelapan pada sebagian kecil atau sebagian besar area tubuh atau di seluruh bagian tubuh.

See also  Seputar Tentang Anemia Sel Sabit, Penyebab, Gejala, Dan Pengobatan

Pada dasarnya ini bukan kondisi berbahaya. Namun pada beberapa kasus, flek hitam bisa merupakan gejala dari kondisi medis tertentu. Berbeda dari melasma, penyebab terjadinya hiperpigmentasi jauh lebih luas. Selain paparan sinar matahari dan perubahan hormon, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh peradangan jerawat, cacar, bekas operasi atau cedera kulit lainnya hingga efek samping obat dan penyakit seperti Addison’s disease.

Advertisements

Gejala utama dari hiperpigemntasi adalah berkembangnya area gelap pada kulit. Ukuran dan jenis bercak dapat bervariasi serta dapat berkembang di mana saja pada tubuh. Dari perbedaan melasma dan flek hitam di atas, Anda dapat mengetahui bahwa melasma termasuk dalam hiperpigmentasi, tetapi hiperpigmentasi belum tentu melasma.

Perawatan melasma dan flek hitam

Jika dibandingkan dengan kondisi hiperpigmentasi lain seperti lentigo, freckles, atau bekas jerawat, melasma biasanya terlihat lebih besar. Melasma juga termasuk kondisi yang sulit ditangani.

Untuk mengatasi melasma, perlu dipastikan dulu penyebab awalnya. Kondisi melasma dapat berbeda pada setiap orang. Beberapa dapat berangsur-angsur sembuh dengan sendirinya, namun sebagian lainnya perlu bantuan medis.
Berikut ini beberapa langkah perawatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi melasma maupun hiperpigmentasi:

Krim pencerah kulit

Krim pencerah kulit dapat membantu mengurangi proses hiperpigmentasi sehingga warna kulit bisa kembali terlihat rata. Krim ini ada yang tersedia secara bebas, ada juga yang perlu resep dokter. Beberapa bahan yang terkandung dalam krim pencerah kulit antara lain:

  • Hydroquinone
  • Niacinamide
  • Ekstrak lycorice

Produk perawatan kulit yang mengandung asam

Produk perawatan kulit yang mengandung asam seperti alpha hydroxy acids, azelaic acid, kojic acid, dan salicylic acid juga bisa dipakai untuk memudarkan flek hitam di kulit. Bahan ini bekerja dengan cara menyingkirkan lapisan terluar kulit sehingga sel-sel kulit yang baru dan lebih sehat bisa tumbuh menggantikan lapisan lama. Ini akan membantu warna kulit kembali merata.

See also  Kenali Ciri-Ciri Kanker Payudara Stadium 1, Penyebab Dan Cara Mendeteksinya

Prosedur medis

Jika krim atau produk perawatan kulit tidak memberikan hasil yang maksimal untuk menghilangkan melasma maupun hiperpigmentasi lainnya, Anda bisa mengunjungi dokter kulit terdekat untuk mendapatkan penanganan lanjutan.
Ada beberapa prosedur medis yang biasanya dilakukan dokter untuk mengatasi kondisi hiperpigmentasi, seperti:

  • Chemical peel
  • Dermabrasi
  • Microdermabrasi
  • Laser

Reviews

Related Articles