fbpx
Friday, May 20, 2022

5 Penyebab Uban Di Usia Muda, dan Cara Efektif Untuk Mencegahnya

5 Penyebab Uban Di Usia Muda, dan Cara Efektif Untuk Mencegahnya
5 Penyebab Uban Di Usia Muda, dan Cara Efektif Untuk Mencegahnya 2

Penyebab Uban Di Usia Muda – Setiap orang pasti akan mengalami uban, Penyebab uban di usia muda cenderung muncul di usia pertengahan 30-an atau 40-an. Namun terkadang ada anak muda yang memiliki uban meski masih berusia dua puluhan.

Apa penyebab uban di usia muda?

Rambut beruban pada usia muda telah ditemukan muncul sebelum usia 20 tahun pada ras Kaukasia, sebelum usia 25 tahun pada orang Asia, dan sebelum usia 30 tahun pada orang Afrika-Amerika.

Penyebab uban di usia muda sendiri terbagi menjadi beberapa penyebab diantaranya sebagai berikut.

Faktor Genetika

Sebuah tinjauan dalam Current problem in dermatology (2015) menyebutkan bahwa genetika dan lingkungan mempengaruhi sel punca folikel, atau pori-pori tempat tumbuhnya rambut, dan melanosit (sel pigmen rambut). Hal inilah yang kemudian bisa menjadi penyebab tumbuhnya uban di usia dini pada beberapa orang. Jika rambut Anda beruban saat masih muda, kemungkinan orang tua atau kakek-nenek Anda mengalami hal yang sama saat Anda masih muda.

Advertisements

Karena Stress

Stres menyebabkan rambut beruban lebih cepat. Sebuah studi oleh Nature Medicine (2013) menemukan hubungan antara stres dan penipisan sel induk pada folikel rambut tikus. Stres menyebabkan stres oksidatif, atau ketidakseimbangan reaksi radikal bebas dengan antioksidan, yang merusak sel-sel rambut.

Kekurangan vitamin B12

Salah satu alasan menjadi muda dan sudah beruban adalah kekurangan vitamin B12. Vitamin ini berperan penting dalam pertumbuhan sel rambut. Tubuh Anda membutuhkan vitamin B12 untuk sel darah merah, yang membawa oksigen ke sel-sel di tubuh Anda, termasuk sel rambut.
Kekurangan vitamin ini dapat melemahkan sel-sel rambut dan mempengaruhi produksi melanin (pigmen pemberi warna). Kekurangan vitamin B12 juga merupakan gejala dari kondisi yang disebut anemia pernisiosa, di mana tubuh Anda tidak dapat menyerap cukup vitamin B12.

See also  Inilah Penyebab Penyakit Sifilis yang Perlu Diketahui

Penyakit Tiroid

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolic (2008) menyebutkan bahwa penurunan hormon tiroid mungkin menjadi penyebab uban di usia muda. Hormon tiroid T3 dan T4 bekerja langsung pada folikel rambut untuk meningkatkan melanogenesis, yaitu produksi melanosit, juga dikenal sebagai sel penghasil pigmen rambut (melanin). Tiroid yang terlalu aktif atau kurang aktif dapat menyebabkan tubuh Anda memproduksi lebih sedikit melanin.

Efek Merokok

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa merokok memiliki dampak signifikan sebagai penyebab uban di usia muda. Efek merokok pada tubuh memicu peningkatan stres oksidatif pada melanosit folikel rambut. Selain itu, racun dalam rokok dapat merusak bagian tubuh Anda, termasuk folikel rambut Anda. Selain itu, merokok dapat menyempitkan pembuluh darah, yang dapat mengurangi aliran darah ke folikel rambut dan menyebabkan kerontokan rambut.

Advertisements

Cara mencegah uban muda

Kemampuan untuk mencegah uban dini tergantung pada penyebabnya. Jika penyebabnya adalah genetik, tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk mencegah perubahan warna rambut permanen. Jika Anda menduga masalah rambut terkait dengan masalah kesehatan, segera dapatkan bantuan medis.

Beberapa cara lain untuk mengatasi uban muda antara lain sebagai berikut.

Terapi dan konsumsi vitamin

Jika masalah tiroid adalah penyebab uban Anda, Anda dapat menjalani terapi hormon untuk memperbaiki pigmentasi (warna) rambut Anda. Anda juga perlu menambahkan vitamin B12 untuk menebus kekurangan vitamin ini. Ini juga dapat meningkatkan kesehatan folikel rambut Anda dan mengembalikan warna alami Anda.

Pewarna rambut

Anda memiliki pilihan untuk mewarnai dengan pewarna rambut. Namun, pewarna rambut tidak menembus kutikula dan bisa luntur seiring waktu. Pewarna rambut tidak hanya membantu menyamarkannya, tetapi juga melindungi uban dari kerusakan akibat sinar matahari. Namun, beberapa orang perlu berhati-hati jika menderita dermatitis iritasi dan kerontokan rambut akibat pewarnaan rambut.

See also  Pengin Wajah Cerah Ketika Bangun Tidur? Yuk Lakukan 5 Kebiasaan Ini

Demikian artikel tentang ” Cara Mencegah Uban Di Usia Muda ” Semoga bermanfaat dan bantu share ya Cavaners..

Reviews

Related Articles