fbpx
Tuesday, June 28, 2022

If you visit our website outside our country, please use the translate button in the top menu

5 Penyebab Timbulnya Jerawat Di Pipi Yang Menggangu

5 Penyebab Timbulnya Jerawat Di Pipi Yang Menggangu
5 Penyebab Timbulnya Jerawat Di Pipi Yang Menggangu 2

Penyebab Timbulnya Jerawat Di Pipi – Jerawat di pipi bisa mempengaruhi penampilan dan kepercayaan diri. Penyebab jerawat di pipi bisa berbagai benda kotor, kuman dan kebiasaan buruk.

Advertisements

Jerawat terjadi ketika folikel rambut tersumbat oleh sel kulit mati, sebum (sebum alami), atau bakteri. Pubertas biasanya merupakan awal timbulnya jerawat, namun jerawat juga bisa terjadi pada orang dewasa. Jerawat bisa muncul dimana saja, baik itu di punggung, leher, dada, bahu atau pipi

Penyebab Jerawat di Pipi

Memiliki jerawat di pipi benar-benar mengkhawatirkan karena semua orang dapat dengan mudah melihat bintik-bintik merah di wajah. Jika Cavaners tidak ingin berjerawat di pipi, yuk hindari beberapa penyebab jerawat di pipi di bawah ini.

Jaga Kebersihan Sarung Bantal dan Spei

Salah satu penyebab jerawat di pipi adalah sarung bantal dan sprei yang kotor. Sarung bantal dan tempat tidur dapat mengumpulkan sel-sel kulit mati, kotoran, sisa makeup dan bakteri. Tidur di tempat tidur yang kotor dapat membuat kotoran dan kuman menempel di kulit dan menyumbat pori-pori.

Jika sarung bantal dan sprei tidak sering diganti, jerawat bisa muncul di pipi dan bagian tubuh lainnya. Oleh karena itu, disarankan untuk mengganti sprei secara rutin setiap beberapa hari atau seminggu sekali.

Advertisements

Selain itu, pilihlah berbahan katun yang dapat menyerap keringat dan minyak dari wajah agar tidak menimbulkan jerawat di pipi.

Pilihlah Kosmetik dengan Tepat

Beberapa wanita rela membayar mahal untuk berbagai perawatan kecantikan wajah. Sayangnya, tidak semua prosedur ini cocok untuk semua jenis kulit.

Menggunakan makeup dan produk wajah yang tidak sesuai dengan jenis kulit Cavaners dapat menyebabkan jerawat di pipi. Karena itu, pilihlah kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit Cavaners dan hindari kosmetik yang berminyak. Produk yang aman untuk jerawat biasanya diberi label sebagai “non-komedogenik”.

See also  Penyebab Kulit Wajah Jerawatan, Salah Satunya Akibat Kebiasaan Buruk

Kurang Menjaga Kebersihan Ponsel

Ponsel yang sering Cavaners gunakan bisa menjadi tempat berkumpulnya sebum dan bakteri penyebab jerawat di pipi. Saat Cavaners sedang menelepon, bakteri dari permukaan ponsel bisa masuk ke pipi. Oleh karena itu disarankan untuk rajin membersihkan ponsel dengan kain yang sedikit lembab setiap hari.

Makanan dan Minuman

Alasan lain munculnya jerawat di pipi adalah pilihan makanan dan minuman yang salah. Beberapa jenis makanan penyebab jerawat tinggi karbohidrat, seperti nasi putih, roti, pasta, minuman bersoda, dan minuman manis, yang dapat meningkatkan kadar gula darah dan insulin.

Advertisements

Kondisi ini menyebabkan hormon androgen menjadi lebih aktif. Akibatnya, sel-sel kulit tumbuh lebih cepat dan produksi sebum meningkat. Dalam hal ini, jerawat di pipi lebih sering muncul.

Stres

Ketika Cavaners mengalami stres yang parah karena terlalu banyak permasalahan, di situ ada perubahan tingkat hormon dalam tubuh. Ini dapat berkontribusi pada pembentukan jerawat di pipi atau bagian tubuh lainnya. alias ari, menghilangkan stres dan agar cukup istirahat, jerawat di pipi tidak memerah.

Selain beberapa penyebab di atas, jerawat juga bisa terjadi karena akibat antara lain minum pil KB, hamil, sebelum haid, sering berkeringat, dan faktor keturunan.

Untuk mencegah munculnya jerawat di pipi atau bagian tubuh lainnya, perhatikan jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi. Juga, berolahraga secara teratur, selalu mencuci tangan sebelum menyentuh wajah, mencuci muka dua kali sehari, dan bersihkan sisa kosmetik sebelum tidur.

Cara Menghilangkan Jerawat di Pipi dengan Bahan Alami

Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati jerawat pada kulit. Cara menghilangkan jerawat di kulit secara alami:

Advertisements
See also  Atasi Jerawat Hingga Kulit Berminyak, Ini 6 Cara Membuat Masker Tomat, Murah banget !!!!

Lidah buaya

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat adalah lidah buaya. Dimana kandungan polifenol yang berfungsi sebagai obat jerawat pada kulit, dengan pemakaian teratur dapat menghilangkan jerawat secara tuntas. Caranya Cavaners bisa mengambil gel yang terdapat pada lidah buaya kemudian menggunakannya sebagai masker. Lalu mengoleskannya secara merata pada wajah. Diamkan selama 15- 20 menit lalu bilas wajah dengan air bersih.

Mentimun

Mentimun tidak hanya kaya akan antioksidan, tetapi juga mengandung vitamin dan asam amino. Dimana kandungan tersebut dapat digunakan sebagai penghilang jerawat alami. Cavaners cukup menggunakan masker mentimun secara rutin pada kulit yang berjerawat.

Bawang putih

Zat yang mengandung belerang dipercaya dapat menghilangkan jerawat dengan cepat. Di mana Cavaners dapat menemukan zat ini dalam bawang putih, yang digunakan setiap hari sebagai bumbu dapur? Caranya, ambil 1 siung bawang putih lalu potong menjadi beberapa bagian. Setelah itu tempelkan pada jerawat atau bekas jerawat. Tunggu kurang lebih 15-20 menit, lalu bersihkan.

Advertisements

Putih Telur

Enzim lisozim yang terdapat pada putih telur dapat digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan jerawat secara efektif. Caranya Cavaners bisa memisahkan putih telur dari kuningnya. Cavaners juga bisa menambahkan air perasan lemon lalu mengoleskannya secara merata pada wajah. Biarkan selama kurang lebih 20 menit lalu bilas dengan air bersih.

SUMBER:

cara menghilangkan jerawat di pipi
makanan penyebab jerawat di pipi
penyebab jerawat di pipi susah hilang
penyebab jerawat di pipi dan cara mengatasinya
penyebab jerawat di pipi kanan kiri
cara mencegah jerawat di pipi
obat jerawat di pipi
penyebab jerawat di pipi kanan
penyebab jerawat di pipi kiri

Advertisements
spot_img

Reviews

Related Articles