fbpx
Saturday, June 25, 2022

2 Bakteri Penyebab Penyakit Kelamin Sifilis dan Gonore

2 Bakteri Penyebab Penyakit Kelamin Sifilis dan Gonore
2 Bakteri Penyebab Penyakit Kelamin Sifilis dan Gonore 2

Penyebab Penyakit Kelamin Sifilis : Bakteri penyebab penyakit kelamin ada bermacam sesuai penyakitnya. Tetapi secara umum penyakit kelamin tidak hanya disebabkan oleh infeksi bakteri. Virus juga menjadi faktor penyebab infeksi seksual menular pada manusia.

Advertisements

Karakteristik penyakit yang disebabkan oleh bakteri adalah masa munculnya gejala yang tidak langsung dan berbeda setiap orang tergantung kondisi kesehatan masing-masing.


Beda jenis bakteri beda gejala yang ditimbulkan. Begitu juga dengan cara pengobatannya. Tetapi secara umum semua penyakit yang timbul karena aktifitas bakteri di dalam tubuh dapat disembuhkan dengan pemberian antibiotik. Secara alami tubuh manusia akan membentuk antibodi sebagai reaksi atas aktifitas infeksi bakteri. Pada tubuh yang prima pengobatannya lebih cepat.

Berikut Nama Penyakit Kelamin yang Disebabkan oleh Bakteri

Penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri bisa disembuhkan dengan pemberian antibiotik. Gejala penyakit kelamin tersebut bahkan dapat sembuh sendiri tanpa pengobatan apapun, meskipun membutuhkan waktu yang lama. Kesembuhan penyakit kelamin tersebut bagi sebagian besar pasien dianggap hilang total.

Maka sedikit yang sadar untuk memeriksakan diri secara medis guna mendeteksi penyakit. Pasien penyakit kelamin bahkan masih banyak yang abai terhadap gejala yang dirasakan. Selama tidak terasa nyeri, sakit atau gatal dan mengganggu aktifitas sehari-hari pemeriksaan dirasa tidak diperlukan.

Advertisements

Kondisi seperti ini menyebabkan penularan penyakit kelamin di masyarakat kian tak terkendali. Tak heran jika terjadi peningkatan jumlah penderita penyakit kelamin setiap tahunnya.

Karakteristik Penyakit Kelamin yang Disebabkan oleh Bakteri

Penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri memiliki karakteristik khusus. Berbeda dengan penyakit kelamin karena infeksi virus. Seperti pada sipilis dan gonore yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Sipilis gejalanya baru diketahui ketika sudah 10-90 hari pasca terjadi hubungan seksual secara langsung. Dan tidak semua orang yang tertular mengalami gejala penyakit sipilis.


Penyakit sipilis memiliki beberapa fase perkembangan bakteri. Pertama dinamakan stadium primer atau tahap awal, dimana gejala yang nampak berupa luka dangkal di bagian genital, anus, mulut dan bibir. Jika tidak diobati gejala bisa hilang namun bakteri tetap aktif dan menyebabkan penyakit muncul di stadium sekunder dengan gejala menyerupai gejala influenza.

See also  Manfaat Konsumsi Jus Buah Bit, Untuk Mengatasi Masalah Kulit


Stadium sekunder yang luput dari pengobatan akan masuk pada fase latensi dimana tidak akan timbul gejala dalam waktu lebih dari 2 tahun. Kemudian penyakit akan masuk ke tahap lanjut yaitu stadium tersier. Pada stadium akhir ini bakteri sudah menyebabkan kerusakan pada organ dalam yang sulit dipulihkan, sehingga diperlukan perawatan intensif.


Penyakit lainnya yang juga disebabkan oleh infeksi bakteri adalah gonore atau kencing nanah. Gejalanya sudah sangat akrab bagi masyarakat Indonesia, yaitu keluarnya nanah dari penis atau vagina. Gejala pada pria menyebabkan bau tak sedap dan disertai rasa nyeri atau terbakar. Sedangkan pada wanita gejala lebih menyerupai keputihan namun jumlahnya banyak.

Advertisements


Gejala gonore penyakit pada pasien wanita sering tidak disadari karena tidak menimbulkan nyeri atau gatal. Dengan perawatan kebersihan area kewanitaan tidak akan muncul keluhan. Padahal ketika tidak dilakukan pengobatan sejak dini gonore akan mengakibatkan kemandulan baik pada pria maupun wanita.

Akibat tersumbatnya saluran reproduksi karena aktifitas bakteri yang membentuk koloni. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri dapat sembuh dengan pemberian obat antibiotik. Cara kerjanya dengan melemahkan aktifitas bakteri dan menekan pertumbuhannya.

Antibiotik juga merusak protein dan dinding sel bakteri sehingga bakteri tidak dapat bertahan hidup. Namun pengobatan harus dilakukan secara rutin tanpa putus sampai obat habis sesuai resep agar tidak resisten

Cara Mencegah Penyakit Kelamin yang Disebabkan oleh Bakteri

Mencegah penyakit yang disebabkan oleh bakteri bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan. Terutama area genital. Pada wanita khususnya gunakan sabun kewanitaan pH seimbang sehingga menghindari munculnya bakteri atau jamur yang dapat menginfeksi. Ganti pembalut secara rutin maksimal 2 jam sekali pada saat menstruasi juga dapat mencegah timbulnya bakteri jahat pada vagina.


Kebersihan dari dalam juga perlu dijaga dengan membatasi hubungan seksual tidak aman dan seks menyimpang. Pada pria terutama gunakan kondom pada saat berhubungan seksual untuk mencegah penularan penyakit seksual. Lebih aman lagi baik wanita maupun pria untuk tidak berganti-ganti pasangan seksual sehingga terhindar penularan penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri.

Advertisements
See also  Cara Memilih Serum Wajah Yang Cocok Untuk Kulit Berminyak

Penyembuhan Penyakit Kelamin yang Disebabkan oleh Bakteri

Mengobati penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri paling efektif adalah menggunakan obat antibiotik. Tetapi pasien bisa memilih sendiri metode pengobatan yang dirasa sesuai dengan kondisi dan kebutuhannya.

Metode pengobatan medis sangat disarankan sebab sebelum dilakukan pengobatan pasien terlebih dahulu akan mendapat pemeriksaan. Sehingga aktifitas bakteri di dalam tubuh dapat dipantau.


Mengidap penyakit kelamin adalah aib, kadang pasien merasa sungkan memeriksakan diri dan melakukan pengobatan secara medis.

Advertisements

Bakteri Penyebab Penyakit Kelamin Sifilis

Sipilis adalah penyakit kelamin yang timbul akibat infeksi bakteri. Bakteri yang penyebab penyakit ini adalah Treponema pallidum. Bakteri ini berbentuk spiral, menginfeksi bagian tubuh akibat adanya kontak seksual secara langsung. Gejala akan muncul pada 10-90 hari pasca terjadinya penularan. ditandai dengan luka dangkal di area genital, anus, mulut dan bibir.


Bukan hanya ditularkan melalui hubungan seksual saja tetapi sipilis bisa menular dari ibu ke janin semasa kehamilan. Penularan terjadi karena bakteri di dalam tubuh ibu menempel pada plasenta kemudian masuk ke dalam fetus atau tubuh janin. Akibatnya terjadi keguguran, pertumbuhan abnormal, bayi lahir meninggal atau lahir dengan berat badan rendah.


Pengobatan sipilis adalah dengan penggunaan antibiotik penisilin yang diberikan secara suntikan. Namun pada pasien yang alergi terhadap obat ini bisa diganti dengan antibiotik minum. Penyakit sipilis kadang tidak dirasakan gejala pada pasien sehingga luput dari pengobatan. Apabila tidak dilakukan skrinning maka bakteri tidak akan terdeteksi dan dapat menimbulkan komplikasi serius.


Pada tahap lanjut sipilis dapat menyebabkan kerusakan organ. Syaraf adalah salah satu yang menjadi sasaran infeksi bakteri sipilis, kerusakan ini disebut dengan neurosifilis. Lebih lanjut bakteri Treponema pallidum juga akan menginfeksi dan menyebabkan gangguan otak, sistem pertulangan dan jantung. Kondisi ini terjadi 10-20 tahun setelah pasien terinfeksi tanpa dilakukan pengobatan.

See also  Berbagai Pilihan Masker Untuk Wajah Berminyak, Alami Dan Hemat

Bakteri Penyebab Penyakit Kelamin Gonore

Serupa dengan sipilis, gonore atau kencing nanah juga merupakan penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri penyebab kencing nanah adalah Neisseria gonorrhoeae. Bakteri ini juga menginfeksi tubuh manusia pada bagian genital, anus, bibir dan mulut. Namun secara spesifik sesuai dengan namanya paling banyak gejala dirasakan pada area penis atau vagina.


Infeksi bakteri penyebab gonore tampak setelah 4-10 hari penularan. Tetapi pada beberapa orang bisa lebih lama dipengaruhi kondisi kesehatan masing-masing. Gejala yang muncul adalah keluarnya cairan nanah dari penis atau vagina, peningkatan frekuensi buang air kecil dan timbulnya rasa nyeri pada saat berhubungan seksual baik melalui vaginal, anal maupun oral.


Komplikasi yang ditimbulkan oleh infeksi bakteri penyebab penyakit kelamin ini adalah gangguan kesuburan baik pada pria maupun wanita. Koloni bakteri dapat menyumbat saluran reproduksi pria yang menyebabkan sperma menjadi tidak subur. Pada wanita sumbatan terjadi pada tuba falopi dan mulut rahim sehingga menyebabkan gangguan kesuburan dan beresiko mengalami kehamilan ektopik.

Advertisements


Pengobatan gonore sama halnya sipilis yaitu melalui pemberian antibiotik. Tetapi jenis antibiotik yang diberikan kepada pasien gonore adalah ceftriaxone melalui suntikan. Dan dapat diberikan bersamaan dengan antibiotik lain untuk mematikan bakteri sekaligus menyembuhkan gejala penyakit. Sipilis dan gonore umumnya akan sembuh dalam waktu kurang dari 1 minggu pasca pemberian antibiotik.

Cara Menghilangkan Bakteri Penyebab Penyakit Kelamin

Menghilangkan penyebab penyakit sama saja dengan pengobatan gejala yang ada. Bakteri yang menyebabkan infeksi seksual bisa dihilangkan dengan antibiotik. Jika melakukan pengobatan secara medis, antibiotik akan diberikan dalam bentuk suntikan.

Sehingga lebih cepat bekerja untuk menyembuhkan gejala karena langsung menyebar mengikuti aliran darah ke seluruh tubuh menuju lokasi infeksi bakteri.
Obat antibiotik mudah ditemui di apotek dan toko obat bahkan dijual melalui internet. Sehingga pasien penyakit kelamin dapat dengan mudah melakukan pengobatan secara mandiri.

Advertisements

Reviews

Related Articles