fbpx
Saturday, May 21, 2022

Penyebab Kutil Kelamin Pada Pria dan Cara Mengobatinya Secara Alami

Penyebab Kutil Kelamin Pada Pria dan Cara Mengobatinya Secara Alami
Penyebab Kutil Kelamin Pada Pria dan Cara Mengobatinya Secara Alami 2

Penyebab Kutil Kelamin : Kutil kelamin pada pria bukanlah infeksi yang jarang ditemui. Penyakit menular seksual ini cukup umum. Namun, penderita kutil kelamin tidak perlu malu karena infeksi tersebut dapat diobati.

Apa Itu Kutil Kelamin?

Kutil kelamin (Condylomata Acuminata) disebabkan oleh virus Human Papillomavirus (HPV). Penyakit ini memiliki gejala berupa tonjolan yang menyerupai kutil pada kulit di area organ reproduksi. Selain itu, kutil juga bisa berbentuk rata, menonjol seperti lepuhan, bahkan berbentuk seperti kembang kol atau kupu-kupu.

Kutil kelamin pada pria biasa dijumpai di penis dan daerah sekitarnya. Sedangkan pada kaum hawa, kutil dapat muncul di dalam dan di luar alat kelamin, di sekitar daerah kemaluan, dan juga di leher rahim atau serviks. Selain itu, kutil kelamin juga dapat berkembang di daerah anus dan dubur.

Advertisements

Bagaimana Kutil Kelamin Menular?

Pada umumnya infeksi menular seksual ini dapat diakibatkan oleh hubungan seks, baik vaginal, oral, maupun anal. Namun, kontak dengan kulit yang tidak terlindungi juga dapat menularkan penyakit tersebut. Misalnya Anda menggunakan handuk milik orang yang terkena kutil kelamin, Anda memiliki risiko tertular. Bahkan, ibu dapat menularkan penyakit ini ke anak saat proses persalinan.

Apa Akibat Kutil Kelamin?

Kutil kelamin pada wanita maupun pria dapat menyebabkan perasaan tidak nyaman di area yang terkena dampak. Contohnya rasa perih, gatal, nyeri, bahkan seperti terbakar. Tetapi, kadang-kadang orang tidak merasakan apa-apa.

Kutil kelamin juga dapat memiliki dampak psikis, misalnya perasaan malu, marah, dan cemas. Padahal, rasa malu menjadi penyebab utama kesulitan dalam menangani infeksi menular seksual. Sebab perasaan tersebut menghalangi orang ke dokter untuk berobat.

See also  Penyebab Jerawat Kistik Dan Cara Pencegahanya

Bagaimana Cara Pengobatan Kutil Kelamin?

Sebenarnya, kutil kelamin tidak perlu ditakuti. Penyakit ini dapat diobati lewat berbagai cara.

Advertisements

Dokter spesialis kulit dan kelamin memiliki beberapa metode alternatif untuk menyembuhkan kutil kelamin. Selain obat-obatan, dokter juga dapat menyarankan teknik pembekuan, pembakaran, laser, bahkan operasi.

Selain pergi ke dokter, ada cara lain yang bisa dicoba. Cara ini dapat menghilangkan kutil secara alami. Yaitu dengan mengonsumsi obat herbal yang terbuat dari daun dewa.

Daun Dewa, Solusi Alami Kutil Kelamin

Gynura procumbens merupakan tanaman yang lebih akrab dikenal sebagai daun dewa atau sambung nyawa di Indonesia. Daun dewa sering digunakan dalam obat herbal karena memiliki khasiat kesehatan yang beragam. Salah satunya adalah untuk mengobati kutil kelamin.

Mengapa demikian? Sebab, daun dewa memiliki manfaat analgesik dan anti-inflamasi. Analgesik artinya daun dewa dapat meredakan rasa sakit dan nyeri, sedangkan anti-inflamasi berarti manfaat untuk mengatasi peradangan. Karena itulah daun dewa cocok untuk mengobati kutil kelamin pada pria maupun wanita secara alami.

Reviews

Related Articles