fbpx
Sunday, May 22, 2022

Wah Ternyata ini Penyebab Kulit Wajah Kering Dan Kusam, Baru Tahu Kan ?

Wah Ternyata ini Penyebab Kulit Wajah Kering Dan Kusam, Baru Tahu Kan ?
Wah Ternyata ini Penyebab Kulit Wajah Kering Dan Kusam, Baru Tahu Kan ? 2

Penyebab Kulit Wajah Kering – Masalah kulit wajah kering memang bisa bikin frustasi. Jika dibiarkan terus-menerus, kulit muka kering bisa mengelupas dan pecah-pecah, bahkan membuat wajah tampak kusam.

Kenali penyebab kulit wajah kering

Kulit wajah kering terjadi ketika kulit kehilangan atau tidak cukup memproduksi minyak alami atau sebum yang cukup untuk menghidrasi dan melindungi kulit. Kulit pun jadi terasa kering, mengelupas, hingga muncul ruam.

Kulit kering yang tidak terhidrasi dengan baik juga merupakan tanda kurangnya kelembapan sehingga membuatnya tampak kusam dan kasar. Paparan udara yang kering, kebiasaan cuci muka menggunakan air panas, serta paparan bahan kimia tertentu dapat menjadi penyebab kulit kering.

Advertisements

Selain itu, penggunaan obat-obatan hingga kondisi medis tertentu dapat meningkatkan risiko kulit kering muncul.

Berikut adalah berbagai penyebab kulit wajah kering yang mungkin Anda alami selengkapnya.

Udara kering atau cuaca yang dingin

Salah satu penyebab kulit wajah kering adalah udara kering atau cuaca yang dingin.
Hal ini karena udara kering atau cuaca yang dingin dapat menyebabkan kelembapan kulit berkurang. Akibatnya, rentan menyebabkan kulit kering terjadi.

Sedangkan, saat cuaca panas, kelembapan kulit akan menurun membuat kulit kering di wajah terjadi. Begitu juga jika Anda terlalu dekat dengan sumber panas, seperti api unggun, pemanas ruangan, dan sebagainya.

Advertisements

Cuci muka terlalu sering Dapat Mengakibatkan Kulit Wajah Kering

Cuci muka terlalu sering juga menjadi penyebab kulit kering. Membasuh wajah terlalu sering dapat menghilangkan minyak alami yang terdapat pada kulit Anda. Ketika minyak alami pada kulit hilang, kulit muka kering lebih mudah terjadi. Terlebih jika Anda cuci muka menggunakan air yang terlalu panas.

See also  Lutut Hitam ? Ampun, Ini 8 Tips Memutihkan Siku Dan Lutut Hitam Dengan Bahan Alami

Meski tampak menyenangkan, apalagi jika dilakukan saat cuaca sedang dingin, terlalu sering menggunakan air panas untuk cuci muka bisa mengurangi kadar air dan minyak di wajah.

Sabun pembersih wajah dan pelembap yang tidak tepat Salah satu penyebab Kulit Wajah Kering

Penggunaan sabun cuci muka dan pelembap yang tidak tepat juga menjadi penyebab kulit wajah kering. Sabun pembersih wajah yang mengandung parafin, sodium lauryl sulfate, paraben, diethanolamine (DEA), monoethanolamine (MEA), dan triethanolamine (TEA) dapat menyebabkan kulit kering.

Sementara itu, pelembap yang mengandung alkohol, pewangi artifisial, dan dioxane juga membuat kulit muka kering.

Usia

Sebenarnya, siapa saja bisa mengalami kulit kering, terutama orang lanjut usia.
Pasalnya, seiring bertambahnya usia, produksi sebum akan mengalami penurunan.
Sebum adalah minyak alami yang berfungsi sebagai pelumas kulit yang mampu menjaga kelembapan kulit. Umumnya, kondisi ini dapat terjadi pada usia 40 tahun ke atas.

Penggunaan produk perawatan kulit tertentu

Coba cek lagi, apakah selama ini Anda menggunakan produk perawatan kulit yang tepat? Beberapa kandungan produk perawatan kulit ada yang berisiko memperparah kondisi kulit kering.

Kulit muka kering akibat cuaca dingin juga bisa diperparah oleh penggunaan sabun atau produk perawatan kulit yang berlebihan. Misalnya, yang mengandung alkohol, alpha hydroxy alpha (AHA), zat pewangi, dan retinoid.

Penggunaan obat-obatan tertentu

Jika Cavaners menggunakan obat jerawat, risiko kulit kering di wajah bisa terjadi.
Beberapa jenis salep obat jerawat yang dapat menimbulkan efek samping kulit kering pada wajah adalah benzoil peroksida, asam salisilat, retinol, dan alpha hydroxy alpha (AHA)

Selain itu, penyebab kulit wajah kering yang sangat parah bisa jadi karena konsumsi obat statin dan diuretik.

See also  6 Cara Mencerahkan Kulit Wajah Secara Alami, Praktis dan Irit Biaya

Kondisi medis tertentu

Penyebab kulit wajah kering bisa terjadi karena adanya kondisi medis tertentu di baliknya. Misalnya, penyakit kulit yang menyebabkan kulit kering, mengelupas, hingga pecah-pecah, seperti dermatitis, eksim, dan psoriasis.

Jika Cavaners mengalami infeksi pada kulit atau buruknya sirkulasi darah, kulit muka kering dan gatal-gatal bisa terjadi. Di samping itu, penyakit penyerta yang dialami seseorang, seperti gangguan tiroid, diabetes, atau penyakit ginjal bisa menjadi penyebab kulit muka kering.

Advertisements

Paparan senyawa kimia

Seringkali, Cavaners mungkin tidak menyadari kalau paparan bahan kimia yang ada di sekitar Cavaners bisa menjadi penyebab kulit wajah kering.
Misalnya, saat berenang, senyawa klorin yang merupakan zat pembersih kolam renang dapat menjadi biang keladi kulit kering di wajah yang Cavaners alami.

Merokok Salah Satu Penyebab Kulit Wajah Kering

Gangguan paru-paru dan jantung hanyalah beberapa dari banyaknya efek buruk dari merokok. Tidak hanya berdampak pada organ dalam tubuh, merokok juga mempengaruhi kesehatan kulit Cavaners karena menyebabkan kulit muka kering dan kasar.

Cara mengatasi kulit wajah kering agar kelembapan kulit terjaga
Apabila tidak diatasi dengan segera, kulit kering pada wajah bisa jadi iritasi dan mudah terkena infeksi kulit. Maka dari itu, Cavaners perlu melakukan cara agar kulit wajah tidak kering.

Reviews

Related Articles