fbpx
Sunday, June 26, 2022

If you visit our website outside our country, please use the translate button in the top menu

7 Penyebab Kulit Menjadi Kering Akibat Kebiasaan Buruk,Hindari Kebiasaan Ini!, Inilah

7 Penyebab Kulit Menjadi Kering Akibat Kebiasaan Buruk,Hindari Kebiasaan Ini!, Inilah
7 Penyebab Kulit Menjadi Kering Akibat Kebiasaan Buruk,Hindari Kebiasaan Ini!, Inilah 3

Kulit kering adalah permasalahan yang cukup umum terjadi. Keadaan ini bisa karena oleh beberapa hal, dimulai dari penuaan, iritasi, sampai penyakit tertentu. Kulit kering dapat hanya terjadi pada lengan, tangan, dan kaki, atau juga bisa di semua badan.

Advertisements

Kulit kering atau xerosis gampang dikenal dari tanda-tandanya, seperti kulit berasa gatal, merah, kasar, dan gampang terkelupas. Di gejala yang lebih kronis, kulit kering dapat memunculkan retakan yang dalam dan kemungkinan keluarkan darah.
Kulit kering dan gatal jangan sering digaruk sebab bisa mengakibatkan kulit gampang cedera dan terserang infeksi.

PENYEBAB KULIT MENJADI KERING

IRITASI KULIT

Pemicu kulit kering yang pertama ialah iritasi di kulit. Pemicunya dapat bermacam, dimulai dari paparan debu dan pencemaran, antiseptik pada sabun mandi, alkohol pada minyak wangi, sampai detergent pada sabun bersihkan.

Khususnya alkohol, detergent, dan antiseptik, ke-3 bahan kimia ini bisa kurangi produksi sebum atau minyak alami yang berperan untuk jaga kelembapan kulit.

KEBIASAAN MENGGOSOK KULIT

Sering menggosok kulit dengan spons atau scrub saat mandi atau terlampau kencang menggosok tubuh dengan handuk setelahnya dapat mengakibatkan kulit kering. Masalahnya saat digosok terlalu sering dan kuat, kelembapan di atas kulit akan menyusut.

Advertisements

Buat menahan kulit kering, coba untuk tidak sering menggosok kulit dan keringkan badan secara halus dengan handuk sesudah mandi.

PENUAAN

Saat umur makin tua, kulit seorang akan jadi lebih tipis hingga gampang menjadi kering. Ini dapat terjadi karena menyusutnya collagen dan sebum di kulit.

PERUBAHAN CUACA

Peralihan cuaca punya pengaruh pada tingkat kelembapan udara. Semakin rendah kelembapan udara, umumnya terjadi bila temperatur dingin, kulit semakin berasa kering.

See also  Berbagai Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Kulit Wajah

SERING MANDI AIR PANAS

Mandi air panas dan sauna bisa membuat badan lebih santai. Tetapi, bila sering dilaksanakan atau kelamaan, rutinitas ini malah dapat membuat kulit jadi kering. Ini karena temperatur panas dapat kurangi kelembapan alami kulit.

Tidak cuma mandi air panas dan sauna, kelamaan melakukan aktivitas di bawah panas matahari bisa juga mengakibatkan kulit kering.

Advertisements

KONDISI KESEHATAN TERTENTU

Ada beberapa penyakit atau keadaan klinis yang dapat mengakibatkan seorang mempunyai kulit yang kering, bersisik, dan kemerahan, misalkan dermatitis atopik, eksim, atau psoriasis. Penyakit itu bisa juga membuat kulit berasa gatal.

Disamping itu, kulit kering bisa juga disebabkan karena penyakit ginjal, iktiosis, abnormalitas tiroid, kurang nutrisi, dan diabetes.

7 Penyebab Kulit Menjadi Kering Akibat Kebiasaan Buruk,Hindari Kebiasaan Ini!, Inilah
7 Penyebab Kulit Menjadi Kering Akibat Kebiasaan Buruk,Hindari Kebiasaan Ini!, Inilah 4

EFEK SAMPING OBAT-OBATAN

Konsumsi beberapa obat tertentu bisa memunculkan efek berbentuk kulit kering. Misalnya ialah obat diuretik, obat menurunkan cholesterol seperti statin, obat retinoid seperti isotretinoin, dan beberapa obat kemoterapi.

BAGAIMANA CARA MENGATASI KULIT KERING?

Kulit kering sebetulnya dapat ditangani dengan sederhana, tetapi perlu dilakukan dengan stabil. Berikut salah satunya:

UBAH FREKUENSI DAN DURASI MANDI

Bila Anda alami kulit kering, teruslah menjaga kebersihan badan dengan mandi seperlunya dan tidak boleh sering. Disamping itu, upayakan waktu mandi tidak lebih dari 10 menit dan tidak boleh sering memakai air panas.

Advertisements

GUNAKAN SABUN YANG MENGANDUNG PELEMBAP

Untuk membenahi dan menahan kulit kering, Sebaiknya anda memakai sabun yang memiliki kandungan pelembap dan dengan bahan kimia halus. Sesudah mandi, Anda bisa juga memakai cream pelembap untuk jaga kelembapan kulit.

Janganlah lupa, selalu pakai handuk lembut untuk keringkan tubuh dan tidak boleh menggosoknya terlampau kencang.

See also  8 Manfaat Rumput Laut Untuk Kecantikan Kulit Wajah

HINDARI PAPARAN SINAR MATAHARI BERLEBIHAN

Jauhi pancaran cahaya matahari langsung dalam waktu yang lama dan janganlah lupa untuk kenakan tirai surya saat melakukan aktivitas di luar rumah. Penuhi keperluan cairan tiap hari dengan minum air putih sekitaran 2 ltr atau sama dengan 8 gelas untuk menahan dehidrasi.

Advertisements

Permasalahan kulit kering dapat ditangani dengan mengaplikasikan beberapa panduan di atas dan menjauhi dari factor pemicu berlangsungnya keadaan ini.

Tetapi, bila kulit Anda masih kering atau permasalahan itu ada karena ada penyakit tertentu, seperti eksim atau dermatitis, alergi, atau penyakit yang lain, Sebaiknya anda konsultasi ke dokter kulit untuk memperoleh pengatasan yang akurat.

SOURCE :

  • kulit kering pertanda apa
  • penyebab kulit badan kusam
  • penyebab kulit kering
  • penyebab kulit badan kusam dan kering
  • ciri ciri kulit kusam
  • penyebab kulit kering dan gatal
  • contoh wajah kusam
  • penyebab kulit kaki kering
Advertisements
spot_img

Reviews

Related Articles