fbpx
Tuesday, May 24, 2022

Penyebab Kulit Kering Yang Perlu Diketahui

Penyebab Kulit Kering Yang Perlu Diketahui
Penyebab Kulit Kering Yang Perlu Diketahui 3

Penyebab Kulit Kering – Kulit kering merupakan masalah kulit yang bisa jadi sangat mengganggu. Kulit kering adalah kondisi ketika lapisan kulit paling atas (epidermis) tidak mendapatkan kelembapan yang cukup. Penyebab kulit kering pun bermacam-macam. Maka dari itu, cara mengatasi kulit kering sangat penting dilakukan sebagai langkah perawatannya.

Penyebab kulit kering yang perlu diketahui

Kulit yang kering biasanya membuat permukaan kulit terasa kasar, bersisik, ruam, mengelupas, dan mengalami iritasi.
Masalah kulit kering bisa terjadi secara alami karena lambatnya kelenjar sebasea dalam memproduksi minyak alami kulit.
Kulit kering dapat terjadi di bagian tubuh mana saja. Namun, umumnya dapat dirasakan pada kulit wajah serta area kulit tangan, lengan, dan kaki.
Paparan cuaca yang kering, sering mandi menggunakan air panas, serta paparan bahan kimia tertentu dapat menjadi penyebab kulit kering dan gatal.
Selain itu, penggunaan obat-obatan hingga kondisi medis tertentu juga dapat meningkatkan risiko kulit kering dapat terjadi. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

Udara kering, panas, atau dingin

Salah satu penyebab kulit kering adalah saat udara kering, panas, atau dingin. Pada kondisi ini, suhu dan kelembapan udara jadi menurun. Akibatnya, kulit kering menjadi tak dapat terhindarkan.

Usia

Siapa saja dapat mengalami kulit kering, terutama orang lanjut usia. Pasalnya, seiring bertambahnya usia, penurunan produksi sebum akan mengalami penurunan. Sebum adalah minyak alami yang berfungsi sebagai pelumas kulit.

Mandi dengan air hangat terlalu lama

Mandi dengan air panas bisa menjadi penyebab kulit kering apabila dilakukan terlalu lama. Begitu pula apabila Anda menggunakan air hangat dengan durasi yang terlalu lama.

Penggunaan sabun

Sabun mandi, mengoleskan sabun cuci muka, produk perawatan kulit, hingga detergen mengandung zat kimia keras yang bisa membuat kulit kering.
Umumnya, zat kimia ini mampu menghilangkan minyak alami pada kulit sehingga kelembapan kulit berkurang.

Advertisements
See also  Seputar Facial Wajah dan Tahapan Prosedurnya

Menggosok kulit

Penyebab Kulit Kering Yang Perlu Diketahui
Penyebab Kulit Kering Yang Perlu Diketahui 4

Menggosok kulit, terlalu keras dan terutama menggunakan alat gosok tertentu, bisa menyebabkan kulit kering.
Adanya gesekan yang terjadi antara alat gosok dan kulit bisa berpotensi merusak lapisan kelembapan pada permukaan kulit sehingga membuat kulit terasa kering.

Penggunaan obat-obatan tertentu

Jika Anda menggunakan obat jerawat pada area kulit wajah dan tubuh kering, risiko kulit kering dan mengelupas mungkin dapat terjadi.
Beberapa jenis salep obat jerawat yang dapat menimbulkan efek samping tersebut adalah benzoil peroksida, asam salisilat, retinol, dan alpha hydroxy alpha (AHA).
Selain itu, penyebab kulit kering yang teramat sangat bisa jadi karena konsumsi obat statin dan diuretik.

Kondisi medis tertentu

Penyebab kulit kering dan gatal bisa terjadi karena seseorang memiliki kondisi medis tertentu.
Penyakit kulit yang menyebabkan kulit kering, mengelupas, hingga pecah-pecah adalah eksim dan psoriasis.
Di samping itu, penyakit penyerta yang dialami seseorang, seperti gangguan tiroid, diabetes, atau penyakit ginjal dapat menjadi penyebab kulit kering.

Reviews

Related Articles