fbpx
Sunday, June 26, 2022

If you visit our website outside our country, please use the translate button in the top menu

Penyebab Jerawat Kistik Dan Cara Pencegahanya

Penyebab Jerawat Kistik Dan Cara Pencegahanya
Penyebab Jerawat Kistik Dan Cara Pencegahanya 2

Jerawat kistik masuk dalam kelompok jerawat parah yang bisa memengaruhi penampilan. Sebab, tipe jerawat ini bisa muncul dalam jumlah banyak dan bertahan dalam jangka waktu lama. Secara umum, jerawat parah ini muncul ketika sumbatan pada pori-pori masuk lebih jauh ke dalam kulit. Hal itu kemudian menyebabkan muncul benjolan.

Advertisements

Benjolan jerawat kistik yang muncul umumnya padat, tetapi bisa juga terasa lembut. Benjolan ini juga besar dan berwarna merah serta berisi penuh nanah dan terasa sakit. Jerawat ini bisa bertahan di permukaan kulit selama bertahun-tahun dan menyerang hampir seluruh bagian kulit. Jerawat juga bisa meninggalkan bekas luka permanen yang mengganggu penampilan.

Beragam Faktor Penyebab Jerawat Kistik

Jerawat kistik bisa muncul dengan parah dan bertahan dalam waktu lama, bisa hingga bertahun-tahun. Kondisi ini seringkali muncul akibat minyak dan sel kulit mati menyumbat pori-pori. Selain itu, bakteri juga bisa masuk ke dalam pori-pori yang menyebabkan terjadinya pembengkakan atau peradangan. Dari semua jerawat, kistik adalah jenis jerawat yang paling parah.

Jenis jerawat ini bisa memicu sensasi yang sangat menyakitkan, bahkan bisa menyebabkan munculnya jaringan parut. Jerawat ini bisa dialami oleh siapa saja, tetapi risikonya disebut lebih tinggi pada orang yang memiliki kulit wajah berminyak. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang disebut bisa meningkatkan risiko munculnya jerawat kistik, di antaranya:

Faktor Usia

Faktor usia menjadi satu hal yang cukup berpengaruh. Meski bisa terjadi pada siapa saja, tetapi jenis jerawat ini disebut rentan dialami oleh usia remaja.

Advertisements

Riwayat Keluarga

Faktor genetik ternyata berpengaruh dalam proses pembentukan jerawat di permukaan kulit. Katanya, orang yang memiliki anggota keluarga dengan riwayat jerawat kristik memiliki risiko lebih tinggi mengalami kondisi yang sama.

See also  Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kecantikan, Bisa Untuk Mengatasi Jerawat dan Mengatasi Rambut Rontok Lho

Kondisi Hormon

Perubahan hormon menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat. Secara umum, perubahan hormon pada remaja atau pada usia menopause, serta saat stres bisa meningkatkan risiko munculnya jerawat di permukaan kulit.

Bagaimana Cara Mencegah Jerawat Bertambah Parah?

Biasanya, jerawat kistik dapat membaik seiring bertambahnya usia. Namun, kondisi ini tidak akan hilang dengan sendirinya. Malahan, cara penanganan yang tidak tepat justru bisa membuat jerawat menjadi semakin parah. Jika mengalami kondisi jerawat parah, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter kulit untuk memastikan penyebab dan cara pengobatannya.

Selain itu, Cavaners juga bisa menerapkan beberapa tips untuk mencegah jerawat kistik memburuk, antara lain:

  • Tidak memegang atau memencet jerawat.
  • Hindari mencuci wajah terlalu sering.
  • Jangan menggosok-gosok wajah dengan keras, terutama saat membersihkan atau mencuci muka.
  • Hindari mengenakan make up atau riasan wajah yang terlalu tebal, sebab bisa memperparah penyumbatan pori-pori penyebab jerawat muncul.
  • Selalu membersihkan wajah, terutama dari make up, sebelum tidur di malam hari.
  • Hindari paparan sinar matahari langsung. Biar lebih aman, pastikan untuk selalu mengenakan tabir surya saat akan beraktivitas di luar rumah.
  • Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah jerawat menjadi lebih parah. Intinya, selalu menjaga kebersihan kulit wajah agar terhindar dari risiko peradangan atau jerawat parah.

SOURCE :

Advertisements
  • cara menyembuhkan jerawat kistik
  • cara menghilangkan jerawat kistik secara alami
  • ciri ciri jerawat kistik
  • jerawat nodul
  • obat jerawat kistik di apotik
  • jerawat papula
  • gambar jerawat kistik
  • cara menghilangkan jerawat batu yang mengeras
Advertisements
spot_img

Reviews

Related Articles