Tuesday, June 28, 2022

If you visit our website outside our country, please use the translate button in the top menu

Apakah Penyakit Kelamin Bisa Menular Lewat Ciuman ?

Apakah Penyakit Kelamin Bisa Menular Lewat Ciuman ?
Apakah Penyakit Kelamin Bisa Menular Lewat Ciuman ? 4

Apakah Penyakit Kelamin Bisa Menular Lewat Ciuman : Perlu diketahui bahwa virus dan bakteri penyebab infeksi penyakit kelamin ternyata dapat bersarang dengan baik dalam cairan tubuh seseorang yang keluar ketika berhubungan badan atau ciuman. Cairan itu meliputi air mani dan cairan yang keluar dari Miss V. Selanjutnya virus dan bakteri yang berasal dari cairan tersebut langsung berpindah ke lawan intim lewat permukaan kulit yang terluka.

Advertisements


Padahal salah satu cara membuat hubungan semakin intim adalah dengan berciuman. Hal ini sering dilakukan oleh pasangan yang masih pacaran dan sudah menikah sebagai bukti cinta mereka. Sayangnya ternyata banyak pakar kesehatan justru mengatakan bila resiko penularan penyakit seks sangat tinggi saat seseorang berciuman.


Hal ini dikarenakan penyakit tersebut bisa menular lewat air liur ketika seseorang berciuman. Tanpa disadari, saat seseorang berciuman menyebabkan terjadinya pertukaran air liur penyebab penyakit seksual. Karena di dalamnya ikut melibatkan pertukaran bakteri dan virus dari air liur.

Di bawah ini adalah macam-macam penyakit kelamin yang bisa menular lewat ciuman, antara lain:

Apakah Penyakit Kelamin Bisa Menular Lewat Ciuman ?
Apakah Penyakit Kelamin Bisa Menular Lewat Ciuman ? 5

1. Herpes

Herpes disini disebabkan oleh virus bernama herpes simpleks. Ini adalah penyakit seksual menular yang terbagi menjadi 2 macam. Yaitu herpes oral dan genital. Herpes oral berasal dari virus herpes simplex 1. Sedangkan genital itu berasal dari virus herpes simpleks 2. Jenis herpes oral sangat mudah menular lewat ciuman dan sentuhan pada luka.

Advertisements


Sedangkan herpes genital juga demikian. Virus ini juga bisa menular lewat ciuman, seks vaginal, dan anal. Gejalanya sama seperti herpes oral. Sayangnya penyakit ini tidak dapat disembuhkan total. Maka dari itu biasanya ketika infeksinya aktif, beberapa orang mengonsumsi valacyclovir dan acyclovir untuk meringankannya.

See also  Cara Mudah Merawat Kulit Saat Cuaca Panas

2. Sifilis

Penyakit kelamin ini disebabkan oleh bakteri yang bernama Spiroset Treponema Palladium. Seseorang yang terkena sifilis biasanya tidak memiliki gejala hingga bertahun-tahun. Padahal sebenarnya penyakit ini tetap aktif dan bisa menular kepada orang lain lewat bakteri. Lebih buruknya lagi adalah, ternyata tidak hanya lewat hubungan seksual seperti anal, oral, dan vaginal saja penularannya.

Apakah Penyakit Kelamin Bisa Menular Lewat Ciuman ?
Apakah Penyakit Kelamin Bisa Menular Lewat Ciuman ? 6


Sifilis juga bisa menular lewat ciuman, termasuk french kiss. Dimana aktivitas ini memungkinkan penderita melakukan pertukaran air liur sehingga bakterinya cepat berpindah (menularkan penyakit) kepada orang lain dengan cepat.

3. Kutil/ HPV

HPV atau kutil adalah salah satu penyakit seks yang disebabkan oleh virus HPV. Kutil yang umumnya muncul pada kaki, tangan, dan mata ternyata juga bisa muncul pada mulus seseorang. Jadi sama seperti penyakit hepatitis. HPV juga bisa menular lewat ciuman dengan seseorang yang menderita penyakit HPV dan ada luka yang terbuka di mulutnya. Sehingga hal ini menyebabkan penularan penyakit ini menjadi lebih cepat saat seseorang berciuman dengan penderita secara langsung.

4. Infeksi Cytomegalovirus

Penyakit CMV ini diakibatkan oleh virus bernama cytomegalovirus yang disebut juga dengan herpes 5. Penyakit ini juga bisa menular lewat ciuman dengan seseorang yang terinfeksi oleh cytomegalovirus. Jadi tidak hanya lewat urine, darah, air mani, dan asi saja. CMV juga bisa menular lewat air liur penderita saat sedang ciuman.

Advertisements


Gejala yang umum ditimbulkan oleh penyakit ini adalah merasa lelah berlebihan dan sakit di seluruh badan termasuk tenggorokan. Selain itu biasanya beberapa orang juga mengalami demam atau bahkan tidak merasakan tanda -tanda apapun. Hanya saja saat seseorang terinfeksi oleh penyakit kelamin ini, mereka sangat disarankan untuk mengkonsumsi air putih yang banyak untuk meringankan gejalanya.

See also  Mengenal Apa Itu Anemia Aplastik, Ketidakmampuan Sumsum Tulang Memproduksi Sel Darah Baru

5. Infectious Mononucleosis

Penyakit kelamin yang satu ini disebut juga dengan kissing disease. Yaitu penyakit seksual menular yang bisa menularkan penyakit lewat air liur. Penyebabnya berasal dari virus bernama cytomegalo yang umumnya ditemukan pada air liur, urin, sperma, lendir di leher rahim, asi, dan darah.


Ketika seseorang sering melakukan French Kiss dengan penderita infeksi kelamin ini, mereka sangat rentan tertular penyakit ini. Karena infectious mononucleosis sangat mudah menular lewat air liur. Karena virus ini dapat melewati tenggorokan dan membuat sel darah putih terinfeksi dengan cepat.


Sebenarnya penularan penyakit seksual akibat dari ciuman itu bisa diminimalisir bila seseorang selalu setia dengan pasangannya. Selain itu, dengan selalu menjaga kesehatan mulut dengan baik, otomatis membuat tubuh semakin sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit termasuk infeksi kelamin.

Advertisements
spot_img

Reviews

Related Articles