fbpx
Tuesday, June 28, 2022

If you visit our website outside our country, please use the translate button in the top menu

Waspadai!! 3 Penyakit Kelamin ini ada di sekitar kita

Waspadai!! 3 Penyakit Kelamin ini ada di sekitar kita
Waspadai!! 3 Penyakit Kelamin ini ada di sekitar kita 4

3 Penyakit Kelamin ini ada di sekitar kita – Pengetahuan ini penting untuk menambah wawasan seputar berbagai jenis penyakit kelamin yang umum ditemui. Juga untuk memudahkan ketika diperlukan pencarian informasi secara global yang memerlukan literature bahasa asing. Misalnya untuk keperluan pengobatan yang dilakukan secara mandiri tanpa bantuan dokter.

Advertisements


Jika melakukan pengobatan secara medis umumnya juga digunakan istilah atau nama penyakit dalam bahasa medis. Dokter dan tenaga medis biasanya akan menggunakan bahasa tersebut untuk menuliskan resep obat atau melakukan diagnosa penyakit. Maka tak heran jika kita sebagai orang awam tidak dapat membaca apalagi memahami tulisan dokter pada resep obat.

Penyakit Kelamin Kencing Nanah

Nama medis penyakit kelamin untuk kencing nanah adalah gonorrhea atau gonore. Nama ini diberikan sesuai dengan nama bakteri penyebabnya yaitu Neisseria gonorrhoeae.

Kencing nanah lebih dikenal oleh masyarakat karena gejalanya berupa keluarnya nanah dari penis atau vagina. Gejala ini lebih banyak muncul pada pria, meskipun penyakit juga diderita oleh wanita.


Pada pria gejala lebih nampak karena nanah keluar terlalu sering. Tidak hanya pada saat berhubungan seksual, nanah keluar bersamaan dengan sperma. Nanah keluar dari penis bahkan ketika pasien tidak sedang melakukan aktifitas apa-apa. Keluarnya nanah ini kadang disertai rasa terbakar dan nyeri. Nanah yang keluar juga menimbulkan bau tak sedap.

Advertisements


Pada wanita nanah keluar menyerupai cairan keputihan berwarna putih pekat, kekuningan atau kehijauan. Namun jarang menyebabkan bau karena wanita lebih rutin merawat kebersihan area vagina. Perlakuannya sama seperti keputihan, sering mengganti pembalut atau pantyliner sehingga tidak lembab dan bau. Pada wanita keluarnya nanah tidak disertai rasa nyeri atau keluhan lainnya.

See also  Apakah Penyakit Kelamin Bisa Sembuh Total? Temukan Jawabannya Hanya Disini!
Waspadai!! 3 Penyakit Kelamin ini ada di sekitar kita
Waspadai!! 3 Penyakit Kelamin ini ada di sekitar kita 5

Penyakit Kelamin Raja Singa / Sifilis

Penyakit raja singa dalam dunia medis dikenal dengan sipilis atau sifilis. Nama ini diambil dari jenis bakteri yang menyebabkan infeksi yaitu Treponema pallidum yang merupakan salah satu jenis bakteri spiroset. Penyakit ini ditandai dengan munculnya luka dangkal pada area genital dan bagian tubuh yang digunakan untuk kontak langsung secara seksual.


Penyakit raja singa memiliki karakteristik bahaya laten. Masa inkubasi bakteri di dalam tubuh bisa berlangsung hingga 20 tahun. Terdapat 4 stadium penyakit, stadium primer, sekunder, laten dan tersier. Stadium atau fase laten adalah yang paling berbahaya karena tidak menunjukkan gejala dan keluhan apapun pada pasien dalam rentang waktu yang lama.


Layaknya singa yang tampak tenang namun berbahaya. Penyakit sipilis tampak ringan, gejala yang muncul dapat sembuh dengan sendirinya bahkan tanpa pengobatan apapun meskipun membutuhkan waktu lama. Namun ketika muncul pada tahap lanjut atau tersier sudah terjadi kerusakan organ yang sulit dipulihkan. Pada penyakit tahap ini pasien harus mendapat perawatan intensif.

Waspadai!! 3 Penyakit Kelamin ini ada di sekitar kita
Waspadai!! 3 Penyakit Kelamin ini ada di sekitar kita 6

Penyakit Kelamin Kutil Kelamin

Kutil kelamin lebih dikenal dengan penyakit jengger ayam namun secara medis penyakit ini dikenal sebagai kondiloma akuminata. Nama yang sangat ilmiah dan hanya akrab digunakan pada dunia medis saja. Untuk memberikan informasi kepada pasien atau sosialisasi untuk masyarakat umum biasa digunakan nama jengger ayam atau kutil kelamin yang mudah diingat.

Advertisements


Disebut kutil kelamin karena sesuai dengan gejalanya yaitu tumbuhnya benjolan atau kutil tak wajar di area kelamin. Sebenarnya bukan hanya area kelamin saja tetapi area yang digunakan untuk melakukan kontak seksual secara langsung. Hubungan seksual secara anal akan muncul kutil pada anus. Hubungan seksual oral akan menumbuhkan kutil pada tenggorokan.

See also  Dampak Dari Sering Ganti Skincare Pada Kulit Wajah, Berpotensi Menimbulkan Kanker Kulit


Kutil kelamin yang mengalami perumbuhan tak wajar di area vagina akan menyerupai jengger ayam. Kondisi ini pastinya menyebabkan kurang percaya diri pasien wanita di depan pasangan. Selain penampakan yang tidak menyenangkan area vagina juga akan mengalami keluhan. Rasa tidak nyaman ketika mengenakan pakaian dalam tidak menyerap keirngat atau celana ketat.

Advertisements
spot_img

Reviews

Related Articles