Tuesday, June 28, 2022

If you visit our website outside our country, please use the translate button in the top menu

Penyakit Diabetes – Gejala dan Pantangannya

Penyakit Diabetes – Gejala dan Pantangannya
Penyakit Diabetes - Gejala dan Pantangannya 2

Penyakit Diabetes – Diabetes mellitus harus diwaspadai, karena penyakit ini sangat berbahaya. Suatu keadaan dimana tubuh tidak dapat mengatur gula darah sehingga tersebar sumber energi dari glukosa atau gula dalam aliran darah, yang secara normal diangkut ke sel-sel tubuh, dan terdapat rasa kencing manis (diabetes mellitus), bahkan kencing terbuang. Dengan bantuan hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas, tubuh dapat mengatur kadar gula darah.

Advertisements

Diabetes merusak pembuluh darah dan saraf dari waktu ke waktu, yang dapat mempengaruhi fungsi saraf, ginjal dan mata serta meningkatkan risiko impotensi, serangan jantung dan stroke karena gula darah tinggi.

Gejala Diabetes

Perubahan gaya hidup dan pola makan membantu mengontrol gula darah, yang dilakukan oleh diabetes tipe 2. Risiko diabetes ditekan, dan perubahan ini telah terbukti efektif dalam berbagai penelitian. Jika Anda sudah memiliki gejala diabetes, maka ini adalah cara untuk melakukannya. Menurut WHO, 8,6% penduduk Indonesia menderita diabetes, namun banyak kasus yang menjadi kronis karena tidak disadari.

Jika kadar gula darah pada waktu perut kosong lebih dari 126 mg/dl dan dengan tes sesekali lebih dari 200 mg/dl, seseorang dapat berbicara tentang gejala diabetes. Namun, begitu kadar gula darah mencapai 270 mg/dL, sebagian besar gejala diabetes hanya bisa terlihat. Saat Anda mengetahui penyakit diabetes dalam tubuh Anda, jangan hanya mengandalkan gejalanya saja. Tes darah atau tes urin akan memberi tahu Anda dengan tepat apakah Anda mengidap penyakit tersebut atau tidak dan ini adalah satu-satunya cara untuk mengetahuinya, juga baik untuk mengetahui cara mencegah diabetes.

Gejala khas diabetes adalah:
• Lama penyembuhan luka
• gangguan penglihatan
• penurunan berat badan
• Kelelahan
• Peningkatan frekuensi buang air kecil
• Haus terus-menerus
• dehidrasi

Advertisements
See also  Penyakit Takikardia - Gejala, Penyebab Dan Cara Mengobati

Ada 2 jenis gejala diabetes, antara lain:

Gejala Diabetes Tipe 1

Untuk mengontrol kadar gula darah, pasien menerima suntikan insulin setiap hari karena tubuh tidak dapat memproduksi insulin. Diabetes tipe 1 berkembang sangat cepat dan biasanya terjadi pada
pemuda dan anak-anak.

Gejala Diabetes Tipe 2

Pada diabetes tipe ini, insulin diproduksi oleh pankreas, tetapi sel-sel dalam tubuh tidak dapat meresponsnya secara normal. Beberapa kasus kehamilan dan obesitas sering dikaitkan dengan diabetes jenis ini. Dan pada usia 40 tahun, penyakit ini sudah bisa muncul di dalam tubuh.

Makanan Pantangan Bagi Penderita Penyakit Diabetes

Roti Putih

Untuk menghindari gejala diabetes, cobalah mengurangi konsumsi roti tepung putih. Sebaiknya diganti dengan menggunakan roti yang terbuat dari tepung terigu. Jantung juga akan lebih baik, selain fakta bahwa tepung terigu ini tinggi serat.

Mie

Indeks glikemik yang sangat tinggi dapat ditemukan di sebagian besar jenis mie dan pasta. Kadar karbohidrat sederhana pada pakan ini sama dengan pada tepung beras atau tepung terigu.
Kebanyakan pasta dan mie memiliki indeks glikemik yang tinggi. Ini berarti pasta dan mie terbuat dari karbohidrat sederhana seperti gandum atau tepung beras. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan terlarang agar gejala diabetes tidak muncul.

Kafein

Pada penderita diabetes, konsumsi kafein memiliki efek negatif yang dapat dibuktikan dalam beberapa penelitian yang salah satunya berjudul “Care for Diabetes” dan ditulis oleh Hudson Lee dan Kilpatrick pada tahun 2005. Jadi jika tidak ingin merasakan gejala diabetes, hindari makanan berkafein.

Advertisements

Kentang

Untuk menghindari gejala diabetes pada Anda, hindari makan kentang goreng atau panggang. Karena sangat tinggi karbohidrat, ia juga memiliki indeks glikemik yang tinggi.

See also  Pengobatan Kutil Kelamin Pada Wanita

Pil KB

Terjadi perubahan kadar gula darah sehingga muncul gejala diabetes akibat efek dari mengkonsumsi pil KB. Faktanya, sebagian besar pil KB dibuat dengan kombinasi progestin dan estrogen, dan beberapa dibuat hanya dengan progestin.

Soda

Dengan meningkatnya konsumsi minuman ringan, berat badan meningkat dan ada risiko yang sangat tinggi untuk mengembangkan gejala diabetes. Menurut The Nurses’ Health Study dari 51.603 wanita, ini terjadi terutama pada wanita berusia antara 22 dan 44 tahun.

Teh Manis

Kadar gula dalam darah akan dapat meningkat sangat tinggi karena pada teh manis terkandung gula yang tinggi pula dan belum lagi kelebihan kalorinya sehingga dalam hal ini gejala diabetes akan dapat muncul pada tubuh anda. Kira-kira sebanyak 250-300 kalori (tergantung kepekatannya) terdapat pada 1 gelas teh manis. 1900 kalori perhari merupakan kebutuhan rata-rata pada wanita dewasa. Dan 1000-1200 kalori sudah dapat diperoleh dari teh manis. Belum lagi makan nasi dan lauknya dalam 3 kali sehari. Oleh karena itu obesitas atau kegemukan yang disertai dengan diabetes akan ada pada kita jika setiap harinya saja kita kelebihan kalori.

Gorengan

Kita tidak puas jika hanya mengkonsumsi 1 gorengan saja karena kebanyakan gorengan berukuran sangat kecil padahal pemicu penyakit degeneratif dapat terjadi karena salah satu faktor yakni gorengan ini. Seperti stroke, gejala penyakit diabetes mellitus dan kardiovaskular. Penyumbatan pembuluh darah koroner dan dislipidemia sebagai faktor resiko utamanya merupakan penyebab utama dari penyakit kardiovaskular (PKV).

Advertisements

Rokok

Sebesar 22 persen perokok aktif akan beresiko terhadap diabetes seperti hasil dari sebuah penelitian di Amerika yang melibatkan 4.372 relawan pria dan wanita. Oleh karena itu hindari rokok agar tidak terjadi gejala penyakit diabetes.

See also  Cari Obat Jengger Ayam Terampuh ? Sudah Cobain Ini

SOURCE :

  • sayuran pantangan diabetes
  • buah pantangan diabetes
  • cemilan untuk penderita diabetes
  • 9 makanan pantangan bagi penderita diabetes
  • menu makanan sehari-hari untuk penderita diabetes
  • makanan yang baik untuk penderita diabetes
Advertisements
spot_img

Reviews

Related Articles