fbpx
Tuesday, May 24, 2022

Waspadai!! Penyakit Chlamydia Penyakit kelamin ini sering menyerang wanita

Waspadai!! Penyakit Chlamydia Penyakit kelamin ini sering menyerang wanita
Waspadai!! Penyakit Chlamydia Penyakit kelamin ini sering menyerang wanita 4

Penyakit Chlamydia merupakan salah satu penyakit kelamain menular yang banyak ditemui di Indonesia. Kasus penyakit ini juga meningkat setiap tahunnya. Pola hidup tidak bersih merupakan faktor penyebab infeksi penyakit ini selain juga karena faktor penularan dari pasien lain melalui hubungan seksual yang tidak aman. Gaya hidup sangat berpengaruh pada penularan penyakit.


Metode pengobatan penyakit kelamin sudah sangat maju dan semakin mudah didapatkan. Pemerintah bahkan memberikan kemudahan dengan memberikan fasilitas kesehatan terjangkau dan memadai. Tujuannya adalah untuk menekan dan mengurangi penularan penyakit kelamin apapun jenisnya. Selain pengobatan pemerintah juga menyediakan sosialisasi penyakit kelamin untuk mengedukasi masyarakat tentang bahaya penyakit untuk jangka panjang.

Penyakit Chlamydia

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis yang hidup pada cairan organ genital. Penyakit ini banyak ditemui pada wanita meskipun juga bisa menjangkiti pria. Sering tidak muncul gejala pada penderita menyebabkan kasus penyakit sedikit yang terdeteksi. Namun karier atau penderita tetap dapat menularkan penyakit kepada orang lain meskipun tampak sehat.


Bakteri penyebab penyakit akan memunculkan gejala pada 3-5 minggu setelah penularan terjadi. Waktu yang cukup lama untuk masa inkubasi penyakit kelamin. tanda -tanda tubuh tertular penyakit berbeda antara pria dan wanita. Pada pria dittandai dengan keluar cairan dari organ kemaluan, luka pada bagian penis terasa gatal, sakit saat buang air kecil.


Pada wanita gejala ditandai dengan keputihan yang berbau tak sedap. Ini merupakan gejala paling khas yang cukup dikenali oleh para wanita. Gejala juga ditandai rasa nyeri saat buang air kecil dan ketika berhubungan seksual dengan pasangan. Pada tahap lanjut pasien akan mengalami mual, muntah, demam dan nyeri pada perut bawah.

See also  Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Kelamin? Seperti Ini Triknya!
Waspadai!! Penyakit Chlamydia Penyakit kelamin ini sering menyerang wanita
Waspadai!! Penyakit Chlamydia Penyakit kelamin ini sering menyerang wanita 5

Penularan Penyakit Kelamin

Penyakit menular melalui hubungan seksual yang tidak aman. Pasangan yang melakukan hubungan seksual langsung tanpa menggunakan kondom sangat beriko menularkan penyakit ini layaknya penyakit seksual lainnya.

Penularan terutama terjadi dari wanita sebagai karier kepada pasangan pria. Penggunaan sex toys secara bergantian dengan orang lain juga beresiko menularkan bakteri penyebab penyakit. Penularan penyakit terjadi melalui hubungan anal seks antara pria.

Advertisements

Meskipun pasien tidak menunjukkan adanya gejala pada bagian genitalnya tetapi bakteri bisa berpindah dari penis ke anus dan sebaliknya. Hubungan seksual secara oral juga berpotensi menularkan penyakit. Penularan juga terjadi pada bayi baru lahir yang ibunya positif sebagai pembawa faktor penyakit.


Bakteri penyebab penyakit kelamin ini dapat menginfeksi bagian amat ketika terjadi kontak dengan cairan pasien. Gangguan pada mata ini dinamakan trachoma. Gangguan ini juga terjadi pada bayi yang lahir dari ibu positif klamidia. Selain itu trachoma juga dapat menyerang orang-orang yang tinggal di daerah dengan sanitasi tidak memadai dan kotor

Waspadai!! Penyakit Chlamydia Penyakit kelamin ini sering menyerang wanita
Waspadai!! Penyakit Chlamydia Penyakit kelamin ini sering menyerang wanita 6

Kesamaan Chlamydia dengan Gonorrhoea

Sama-sama berpotensi menyebabkan kemandulan, kedua penyakit kelamin ini menyebabkan radang panggul yang terasa nyeri dan penyumbatan saluran reproduksi seperti tuba falopi dan mulut rahim. Gejala kedua penyakit inipun serupa. Yaitu ditandai dengan nyeri saat buang air kecil dan berhubungan seksual. Gejala yang khas adalah keluarnya cairan abnormal dari organ genital.


Kesamaan lainnya adalah resiko penularan pada bayi. Kedua penyakit ini jika terdapat pada ibu hamil akan menyebabkan bayi yang dilahirkannya mengalami gangguan kesehatan pada mata. Gejala gangguan pada mata bayi dapat menyebabkan kebutaan permanen. Selain itu juga beresiko bayi lahir dengan berat badan rendah yang akan mengganggu proses tumbuh kembangnya.

See also  Penjelasan Lengkap Migran Perut (abdominal migraine)


Pengobatan kedua penyakit yang disebabkan oleh bakteri ini bisa dilakukan dengan pemberian antibiotik. Jika melakukan pengobatan secara medis, antibiotik diberikan dengan cara suntikan. Obat akan lebih cepat bekerja karena langsung menyebar ke seluruh bagian tubuh menuju lokasi bakteri hidup. Bekerja mengikuti aliran darah sehingga lebih efektif, meskipun dibantu obat minum.

Reviews

Related Articles