fbpx
Sunday, June 26, 2022

If you visit our website outside our country, please use the translate button in the top menu

Penyakit Cacar Air – Gejala dan Cara Mengobatinya

Penyakit Cacar Air – Gejala dan Cara Mengobatinya
Penyakit Cacar Air - Gejala dan Cara Mengobatinya 3

Penyakit Cacar Air – Cacar air disebabkan oleh virus vasricella zoster, sejenis penyakit menular yang juga dikenal sebagai cacar air. Penyakit ini sering menyerang anak-anak, sehingga dalam mengatasi penyakit ini, pemerintah memberikan pengobatan yang tidak main-main bagi pemerintah kita sendiri, bahkan untuk negara bagian Australia pun sama. Lepuh dari penyakit ini, yang terdapat pada kulit penderita, sangat menular jika bersentuhan dengan orang lain, dibandingkan dengan beberapa penyakit menular lainnya. Pada awal penderita varisela, jalur penularan ke orang lain sangat singkat dan mudah, yaitu saat penyakit mulai ada inkubasi baru hingga mulai sembuh.

Advertisements

Gejala Penyakit Cacar Air

Beberapa penyakit, seperti infeksi otak (ensefalitis), radang hati, radang jantung, radang sendi, radang paru-paru karena virus, dan lain-lain, merupakan komplikasi serius cacar air pada orang dewasa. Namun, di sisi lain, tidak ada komplikasi dengan kekalahan anak-anak.

Setelah sekitar 20 hari, mulai dari hari keenam, lepuh akan hilang dan mengering.

Sejumlah kecil kulit memerah akan muncul beberapa hari setelah cacar air. Sebelum mulai muncul di wajah dan anggota badan, pertama-tama akan muncul di punggung, perut dan dada. Akan sangat, sangat gatal ketika cairan ini terisi (vesikel), yang dulunya hanya muncul sebagai bintik-bintik merah datar (makula), dan kemudian timbul bintik-bintik terangkat (papula) setelah 24-36 jam.

Beberapa gejala akan dirasakan, seperti pusing, sakit kepala dan nyeri sendi, pada suatu masalah yang dikatakan serius akibat penyakit cacar air ini.
Gejala khas yang sering terjadi dengan infeksi virus muncul dalam 10-21 hari, seperti lemas, lesu, lelah, flu, dan demam.

Advertisements

Pola Makan Selama selama cacar air

Dalam proses pengobatan yang harus dilakukan oleh penderita cacar air, adalah meningkatkan daya tahan tubuh melalui pola makan yang sehat. Nah, beberapa gaya makan yang cocok akan dijelaskan di bawah ini agar penyakit bisa segera sembuh.

See also  Seputar Tentang Anemia Sel Sabit, Penyebab, Gejala, Dan Pengobatan

Saat cacar air menyerang dan muncul gejala demam tinggi, maka perlu diberikan makanan yang dalam keadaan lembek.
Anda juga bisa mengonsumsi berbagai makanan yang dapat meningkatkan stamina, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-buahan kering.
Untuk mencegah cacar air, Anda bisa mengonsumsi vitamin C yang bisa didapat dari jus buah, yaitu stroberi, kiwi, dan jeruk.
Saat gejala demam muncul, usahakan untuk minum air putih sebanyak mungkin.

Selain mengonsumsi vitamin C, Anda juga bisa mengonsumsi makanan tinggi vitamin A. Hal ini karena kesehatan selaput kulit dapat terjaga dengan manfaat yang terdapat pada vitamin A. Makanan tinggi vitamin A seperti daging merah, kuning telur dan hati.

Cara Mengobati Penyakit Cacar Air

Penyakit Cacar Air - Gejala dan Cara Mengobatinya
Penyakit Cacar Air - Gejala dan Cara Mengobatinya 4

Daya tahan tubuh merupakan faktor yang sangat menentukan dalam proses pemulihan dari cacar air, dan tidak perlu minum obat untuk menyembuhkannya. Dengan cairan yang cukup, ini adalah satu hal yang perlu dipertimbangkan. Namun, dalam hal ini, beberapa obat yang dapat menurunkan suhu tubuh mungkin akan diresepkan jika tubuh mulai merasa tidak nyaman saat penyakit mulai menunjukkan gejala. Selain itu, beberapa tanaman obat, misalnya parutan bengkuang yang digunakan untuk menghilangkan bekas cacar air, dioleskan pada bagian yang terkena cacar.

Advertisements
spot_img

Reviews

Related Articles