fbpx
Saturday, June 25, 2022

Penyakit Batu Ginjal – Ciri, Bahaya Dan Cara Pengobatannya

Penyakit Batu Ginjal – Ciri, Bahaya Dan Cara Pengobatannya
Penyakit Batu Ginjal - Ciri, Bahaya Dan Cara Pengobatannya 3

Penyakit Batu Ginjal – Penyakit batu ginjal terjadi akibat kurangnya asupan cairan di dalam tubuh. ginjal merupakan salah satu organ penting manusia yang berfungsi untuk menyaring darah dan membuang sampah sisa metabolisme dalam bentuk air seni.

Advertisements

Selain 2 hal diatas ginjal juga memiliki peran untuk mengatur tekanan darah, mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit serta membantu dalam pembentukan sel darah merah dalam tubuh. ginjal manusia terdapat pada bagian rongga perut bagian belakang dan berjumlah 2 atau sepasang.

Salah satu fungsi ginjal adalah membuang sisa hasil metabolisme melalui air seni. Air seni yang anda keluarkan itu sangat berhubungan dengan aktivitas dan keadaan tubuh anda. jika anda melakukan pekerjaan yang cukup berat sedangkan asupan cairan anda lebih sedikit maka ginjal akan bereaksi dengan cara menahan sebanyak mungkin cairan dan elektrolit dalam tubuh sehingga air seni yang anda keluarkan pun juga lebih sedikit dan cenderung berwarna pekat, hal ini juga akan dialami oleh mereka yang sedang dalam kondisi sakit.

Berbeda halnya jika anda memenuhi asupan cairan dalam tubuh maka ginjal akan bereaksi dengan cara memproduksi air seni lebih banyak sehingga air seni yang dikeluarkan lebih cenderung bening dan banyak. Maka dari itu untuk mencegah penyakit batu ginjal, minumlah air minimal 8 gelas sehari.

Kekurangan cairan dalam tubuh memang akan menimbulkan berbagai penyakit, salah satunya adalah penyakit batu ginjal. Maka dari itu anda harus benar-benar memperhatikan asupan cairan tubuh anda, ganti pola hidup anda yang saat ini kurang sehat karena ada pepatah bilang “mencegah lebih baik dari mengobati”. Selain batu ginjal, penyakit yang sering terjadi akibat kekurangan cairan adalah penyakit saluran kemih.

Advertisements

Orang yang sangat beresiko terhadap penyakit batu ginjal adalah mereka yang banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang banyak mengandung protein, oksalat dan kalsium serta orang yang dalam pekerjaannya lebih banyak duduk dan kurang beraktivitas, dan kurangnya asupan air.

Proses terjadinya penyakit batu ginjal dan saluran kemih adalah adanya proses tarik menarik Kristal yang ada pada batu ginjal dan saluran kemih karena pada dasarnya batu ginjal dan saluran kemih merupakan suatu gabungan Kristal-kristal. Proses tarik menarik antara Kristal yang satu dengan yang lain akan membentuk inti batu kemudian dalam waktu tertentu inti batu akan mulai membesar menjadi batu. Batu akan bertambah besar dan berakhirnya menyumbat saluran kemih.

See also  Bergam Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan - Apa Saja??

Awal terbentuknya batu ginjal dan saluran kemih dimulai dengan kalsium. Namun untuk berubah menjadi batu kalsium dibantu oleh oksalat. Kalsium dan oksalat kemudian berikatan dan terbentuklah batu. Oksalat banyak terdapat pada makanan atau minuman seperti teh, kopi, kokoa, soft drink dan sayur bayam. Selain batu ginjal dan saluran kemih terdapat batu asam urat, penyakit ini lebih banyak diderita oleh mereka yang suka mengonsumsi alkohol, daging, jeroan dan orang yang mengalami kegemukan.

Setiap orang yang menderita penyakit batu ginjal dan saluran kemih akan mengalami sakit atau keluhan yang berbeda. Hal ini disebabkan oleh letak batu yang berbeda, jadi gejala dan keluhan timbul bedasarkan letak dari batu itu sendiri. Nyeri pada pinggang akan anda alami jika batu tersebut terletak pada daerah ginjal. Jika batu tersebut berada di daerah saluran kencing maka rasa nyeri akan anda alami saat anda kencing, bahkan bisa juga kencing anda bercampur dengan darah. Hal ini disebabkan oleh adanya gesekan batu dan saluran kemih sehingga menyebabkan luka.

Jika anda sudah mengalami gejala-gejala yang mengerah pada penyakit batu ginjal segera periksakan diri ke dokter karena ini akan sangat berbahaya jika anda membiarkannya begitu saja. Batu pada saluran kemih dan ginjal harus segera dihilangkan agar tidak menimbulkan infeksi. Proses penghilangan batu bisa dilakukan dengan berbagai cara, tergantung dari letak dan ukuran batu. Berdasarkan diagnosa yang dilakukan dokter akan menentukan metode apa yang tepat untuk mengeluarkan batu tersebut. Misalnya dengan cara obat, memecahkan batu dengan gelombang kejut dan pembedahan.

Advertisements

Penyakit batu ginjal dapat anda hindari dengan mengubah pola dan gaya hidup anda ke arah yang lebih sehat. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi air yang cukup dan membatasi konsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium dan oksalat seperti yang sudah dijelaskan diatas. Selain itu jika anda termasuk orang yang pekerjaannya lebih banyak duduk sebaiknya konsumsi air yang banyak karena duduk yang terlalu lama bisa menjadi penyebab penyakit ini. Oleh karena itu sangat disarankan agar anda menyiapkan 1 botol air minum disebelah anda, biar lebih mudah dan praktis, kadang orang yang pekerjaannya banyak dan sibuk malas beranjak mengambil minum, namun ada baiknya juga jika anda sesekali berdiri dan jalan sebentar untuk melancarkan peredaran darah dan peregangan otot.

See also  Parabens Zat Dalam Kosmetik, Apakah Berbahaya?

Semua orang sangat disarankan agar melakukan olahraga secara teratur. Karena olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Namun perlu anda perhatikan konsumsi air putih juga harus anda sesuaikan, semakin tinggi intensitas olahraga anda maka semakin banyak pula air yang harus anda konsumsi sehingga tubuh tidak mengalami dehidrasi yang dapat memicu timbulnya penyakit batu ginjal.

Penyakit Batu Ginjal - Ciri, Bahaya Dan Cara Pengobatannya
Penyakit Batu Ginjal - Ciri, Bahaya Dan Cara Pengobatannya 4

Ciri-Ciri Penyakit Batu Ginjal

Berikut ciri-ciri batu ginjal yang kerap di keluhkan

  • Nyeri pinggang, punggung dan perut
  • Kencing terasa sakit
  • Sering kencing
  • Ada bercak darah di dalam urine
  • Air kencing keruh dan berbau
  • Anyang-anyangan
  • Demam dan meriang
  • Mual dan muntah

Bahaya Penyakit Batu Ginjal

Infeksi ginjal

Batu ginjal yang menghalangi ureter, tabung yang menghubungkan ginjal ke kandung kemih, dapat menyebabkan infeksi ginjal. Ini karena produk limbah tidak dapat melewati penyumbatan, yang dapat menyebabkan penumpukan bakteri. Menurut Mayo Clinic, infeksi ginjal memerlukan perhatian medis segera. Jika tidak diobati dengan benar, infeksi ginjal dapat merusak ginjal Anda secara permanen

Sepsis

Melansir Sepsis.org, karena batu ginjal bisa menyebabkan infeksi ginjal, kondisi ini juga dapat menyebabkan sepsis. Kondisi ini juga sering disebut urosepsis. Sepsis adalah respons tubuh yang sering mematikan terhadap infeksi. Seperti stroke atau serangan jantung, sepsis adalah keadaan darurat medis yang memerlukan diagnosis dan perawatan yang cepat.
Obstruksi ureter

Advertisements

Menurut Mayo Clinic, obstruksi ureter adalah penyumbatan di salah satu atau kedua tabung (ureter) yang membawa urin dari ginjal ke kandung kemih. Batu ginjal yang menghalangi aliran urin dari ginjal atau turun ke ureter disebut batu ginjal obstruktif. Jika penyumbatan ini tidak diobati, urin dapat menumpuk dan merusak ginjal.

Hematuria

Kebanyakan orang dengan batu ginjal akan memiliki darah dalam urin. Kondisi ini disebut hematuria. Urin mungkin tampak merah muda atau kemerahan, atau darah mungkin tidak terlihat sampai sampel urin diperiksa di bawah mikroskop. Batu ginjal yang besar bisa tersangkut. Dampak langsung batu pada sel-sel lapisan saluran kemih menyebabkan kerusakan, yang pada akhirnya memungkinkan darah bocor ke urin.

Cara mengeluarkan batu ginjal secara alami

  • Air putih.
  • Jus lemon.
  • Jus daun basil.
  • Cuka apel.
  • Menjaga berat badan ideal.
  • Hindari minuman berkafein dan bergula.
  • Jus seledri.
  • Kaldu kacang merah.
See also  Yuk Bahas Lengkap Adenomiosis, Pencegahan, Penanganan , dan Penyebabnya

Pengobatan Penyakit Batu Ginjal

Pengobatan batu ginjal tergantung dari jenis dan ukuran batu ginjal yang terbentuk. Kondisi batu ginjal dengan ukuran kecil atau diameter tidak lebih dari 4 milimeter ditangani secara mandiri untuk membantu mengeluarkan batu dari tubuh dengan air seni. Pengobatan rumahan meliputi:

Advertisements
  • Perbanyak minum air putih, minimal 8 gelas atau lebih setiap hari.
  • Minum obat untuk menghilangkan rasa sakit. Pasalnya, ekskresi batu dari ginjal melalui urin bisa disertai rasa tidak nyaman dan nyeri.

Sedangkan batu ginjal yang berukuran besar atau lebih besar dari 6 milimeter diameternya cenderung berbeda. Batu sebesar ini sulit dikeluarkan melalui urin dan dapat menyebabkan perdarahan, infeksi saluran kemih, dan bahkan kerusakan ginjal. Dengan demikian, pilihan pengobatan yang dapat dilakukan antara lain:

  • Uretroskopi. Prosedur ini dilakukan untuk menghilangkan batu kecil di ginjal atau ureter menggunakan alat yang disebut ureteroscope. Alatnya berupa tabung yang dilengkapi kamera, yang kemudian dimasukkan ke dalam ureter atau di tempat yang terdapat batu. Batu tersebut kemudian akan dipecah menjadi ukuran yang lebih kecil sehingga dapat lebih mudah dikeluarkan melalui urin.
  • Litotripsi gelombang kejut ekstrakorporeal (ESWL). Ahli urologi akan mengarahkan alat yang dapat memancarkan gelombang suara frekuensi tinggi ke lokasi yang tepat dari batu ginjal. Batu ginjal kemudian dipecah menjadi lebih kecil dan diekskresikan dalam urin.
  • Nefrolitotomi perkutan. Prosedur ini dilakukan dengan menggunakan alat yang disebut nephroscope. Metode ini dipilih untuk pengobatan batu ginjal yang berukuran lebih dari atau sekitar 2-3 sentimeter dan tidak dapat diangkat dengan prosedur ESWL.

Tidak hanya itu, pengobatan ini juga dipilih jika ada infeksi atau penyumbatan yang berisiko merusak ginjal, atau jika rasa sakitnya parah dan tidak bisa dihilangkan dengan obat-obatan.

Nefroskop dimasukkan melalui kulit luar ke dalam ginjal, kemudian batu ginjal dikeluarkan atau dihancurkan dengan energi laser menjadi ukuran yang lebih kecil.

Operasi terbuka.

Prosedur ini mungkin jarang terjadi, biasanya hanya untuk batu ginjal yang lebih besar atau bentuknya tidak beraturan.
Selain keempat cara tersebut, dokter juga dapat melakukan operasi lain untuk mengatasi penyebab batu ginjal. Misalnya, jika Anda mengembangkan batu ginjal karena kondisi paratiroid yang terlalu aktif, dokter Anda mungkin merekomendasikan operasi untuk mengangkat kelenjar tersebut.

Advertisements

Reviews

Related Articles