Tuesday, June 28, 2022

If you visit our website outside our country, please use the translate button in the top menu

Tips Anjuran dan Pantangan Untuk Penyakit Asam Urat

Tips Anjuran dan Pantangan Untuk Penyakit Asam Urat
Tips Anjuran dan Pantangan Untuk Penyakit Asam Urat 3

Penyakit asam urat merupakan wilayah sendi yang terjadi penumpukan kristal yang sangat membuat penderitanya teramat nyeri dan sakit yang merupakan salah satu dari jenis penyakit arthritis. Hal ini karena di dalam tubuh kadar asam uratnya sangat tinggi.

Advertisements

Pada area seperti siku, jari-jari tangan, pergelangan kaki, tumit, dengkul dan jari-jari kaki merupakan area tubuh yang seringkali penyakit ini menyerang. Tak hanya itu saja daerah persendian juga akan mengalami kaku, panas, radang dan pembengkakan karena penyebab dari penyakit asam urat tersebut selain adanya nyeri.

Melalui air seni merupakan media dimana asam urat dibuang secara maksimal yang mana dalam hal ini ginjal tidak mampu lagi untuk mengeluarkannya sehingga terjadilah penyakit asam urat tersebut, dan ini telah sebanyak kira-kira 90 persennya. Selain dari pada itu berlebihnya asam urat yang diproduksi oleh tubuh bisa juga menyebabkan penyakit ini.

Para penderitanya mayoritas mereka para lelaki yang usianya lebih dari 40 tahun dan bagi wanita kemungkinan rendah terserang penyakit ini dan kemungkinan bisa terjadi setelah memasuki masa menopause pada dirinya.

Gejala-gejala yang ditimbulkan penderita penyakit asam urat yakni diiringi dengan aterosklerosis, diabetes, penyakit ginjal dan tekanan darah tinggi. Tak hanya itu saja orang yang menderita obesitas juga seringkali menderita asam urat. Parahnya lagi gagal ginjal akan muncul seiring dengan terjadinya batu ginjal yang mana penyakit tersebut dibiarkan oleh penderitanya.

Advertisements
Tips Anjuran dan Pantangan Untuk Penyakit Asam Urat
Tips Anjuran dan Pantangan Untuk Penyakit Asam Urat 4

Anjuran Penderita Penyakit Asam Urat

Anjuran penderita asam urat akan sangat penting untuk menurunkan efek rasa sakit di pinggang akibat penumpukan asam urat di pinggang. Jika asam urat dibiarkan begitu saja, tentu akan mengganggu aktivitas keseharian anda dan menurunkan produktivitas.

See also  Cara Mencegah Kanker Sejak Dini - Penting Di Ketahui!!

Maka dari itu anjuran penderita asam urat akan sangat penting untuk diikuti. Hal yang paling berpengaruh pada asam urat adalah makanan. Beberapa makanan kami anjurkan untuk dihindari dan beberapa makanan lainnya kami anjurkan untuk dikonsumsi.

Penyakit asam urat bisa dikurangi dengan berbagai langkah, diantaranya adalah :

  • Rutin dalam melakukan hubungan intim dengan pasangan. Kadar asam urat bisa turun karena produksi urin yang lancar karena hubungan seksual sehingga bisa terhindar dari penyakit asam urat.
  • Berbagai makanan seperti teh hijau, brutowali, habbatussauda, sidaguri dan lain sebagainya bisa menurunkan resiko penyakit asam urat yang mana merupakan makanan herbal yang sangat aman untuk dikonsumsi.
  • Untuk mencegah penyakit asam urat usahakan untuk mengkonsumsi berbagai makanan yang didalamnya terdapat potassium yang tinggi, diantaranya seperi pisang, susu dan yoghurt, alpukat, kentang serta buah dan sayur.
  • Penyakit asam urat juga bisa dicegah dengan banyak mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin C yang tinggi seperti aneka berry, jeruk dan lain sebagainya.
  • Supaya penyebab penyakit asam urat yakni Kristal asam urat di dalam tubuh bisa keluar maka bagi mereka yang menderita batu ginjal disarankan untuk minum air putih yang banyak, yakni minimal 8 gelas perhari hingga lebih.
  • Bagi yang menderita penyakit asam urat dan ingin mengurangi rasa sakit nya anda bisa gunakan jenis obat ibuproven dan lainnya dan ingat jangan mengkonsumsi aspirin.

Pantangan Penderita Penyakit Asam Urat

Beberapa jenis makanan sangat dianjurkan untuk dihindari. Pertama adalah bayam. Sayuran ini menjadi anjuran penderita asam urat untuk dihindari karena mengandung purin yang terlalu tinggi karena purin dapat meningkatkan sekresi asam urat.

Asparagus juga merupakan makanan yang perlu dihindari karena juga mengandung puring yang tinggi yaitu sebanyak 23%. Kembang kol juga merupakan makanan yang kami anjurkan untuk tidak dimakan karena kandungan purin mencapai 51%. Makanan lain yang juga mengandung purin tinggi dan perlu dihindari adalah jamur. Menurut AcuMedico, kandungan purin pada berbagai jenis jamur berkisar antara 17-92%.

Advertisements
See also  Apakah Jengger Ayam Berbahaya? Perhatikan Selengkapnya Disini!

Hal ini membuat jamur dan tiga sayuran lainnya perlu dibatasi jika anda ingin membatasi jumlah asam urat yang disekresikan. Hal ini merupakan anjuran penderita asam urat.

Anjuran Bagi Penderita Asam Urat Untuk Dikonsumsi

Penderita Asam urat sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang banyak menganung potassium tinggi seperti kentang, yoghut dan pisang. Buah buahan yang mengandung vitamin C yang tinggi juga sangat disarankan.

Selain itu anjuran penderita asam urat adalah mengonsumsi buah naga, belimbing wuluh, jahe dan tomat. Asupan karbohidrat yang tinggi juga sangat disarankan. Makanlah nasi, roti dan lain lain sebagai anjuran bagi penderita asam urat. Anda juga dapat membaca beberapa pantangan penderita asam urat.

Anjuran penderita asam urat lainnya adalah menghindari mengonsimsi aspirin, karena akan memperburuk keadaan asam urat anda. Konsumsi gula dan permen juga sebaiknya dihindari. Sesuaikan konsumsi anda dengan bobot badan dan tinggi badan dan jangan bekerja terlalu keras yang diluar kemampuan tubuh anda. Istirahat yang cukup, tapi tidak terlalu banyak juga merupakan anjuran penderita asam urat.

Penyakit asam urat bisa dikurangi dengan anda menghindari berbagai makanan yang kaya akan purin, memperhatikan pemakaian obat tertentu dan pola hidup yang dirubah. Untuk penderita asam urat dibawah ini akan disebutkan berbagai makanan yang tidak boleh dikonsumsi. Yang perlu anda ketahui pula bahwa makanan yang telah di makan oleh tiap orang memiliki kecenderungan sensitifitas perbedaan.

Advertisements

Yang mana orang lain apabila makan makanan yang dirasa orang tidak menimbulkan dampak asam urat namun dia justru merasakannya. Makanan tersebut diantaranya adalah :

  • Emping melinjo
  • Soft drink dan alkohol
  • Daging kambing
  • Es krim dan krim
  • Berbagai bahan ikan, udang, kepiting, sarden, mackerel, salmon
  • Kalkun, bebek
  • Aneka kerang
  • Lemak dan jeroan
  • Sawi, bayam matang dan jamur
  • Berbagai macam aneka kacang
See also  Cara Mencegah Penyakit Leukemia Atau Kanker Darah, Gaya Hidup Sehat Adalah Kuncinya!!

Untuk itu perhatikan beberapa makanan yang harus dikurangi bagi yang memiliki sensitifitas terhadap mereka supaya tidak menyebabkan penyakit asam urat.

Advertisements
spot_img

Reviews

Related Articles