fbpx
Tuesday, May 24, 2022

Gejala Dan Pengobatan Pada Abses Hati, Awas Jangan Salah Penanganan

Gejala Dan Pengobatan Pada Abses Hati, Awas Jangan Salah Penanganan
Gejala Dan Pengobatan Pada Abses Hati, Awas Jangan Salah Penanganan 2

Abses hati, adalah sebuah lubang kecil di hati yang berisi nanah karena infeksi bakteri (hepar). Namun, dalam beberapa kasus, abses hati disebabkan oleh infeksi parasit. disini kita akan membahas secara lengkap Apa itu abses hati ? Bagaimana cara mencegah abses hati ? Bagaimana Cara Menangani Abses hati dan bagai mana pengobatan abses hati?

Gejala Abses Hati

Adanya infeksi mengganggu fungsi hati dalam menyimpan energi, protein, dan membuang zat berbahaya dari tubuh. Akibatnya, penderita abses hati mengalami gejala sebagai berikut: demam, menggigil, keringat berlebih, mual, muntah, diare, sakit perut bagian atas, nafsu makan menurun, dada sesak, kulit dan mata menguning.

Penyebab Abses Hati

Infeksi merupakan penyebab utama abses hati. Infeksi ini termasuk infeksi bakteri (seperti Escherichia colid dan Klebsiella pneumoniae), amuba (seperti Entamoeba histolytica), dan jamur (seperti Candida sp.). Penyebab lainnya termasuk penyebaran infeksi dari organ lain seperti radang usus buntu, divertikulitis, dan kolesistitis. Anda berisiko tinggi terkena abses hati jika: Anda berusia di atas 60 tahun Memiliki riwayat infeksi hati Makan makanan yang tidak higienis Makan makanan mentah atau setengah matang Jika Anda tinggal atau bepergian ke daerah endemik abses hati (Tempat di mana banyak orang mendapatkan abses hati) Sering konsumsi minuman beralkohol Diabetes, kanker atau penyakit lain yang melemahkan sistem kekebalan tubuh. sedang menjalani perawatan yang melemahkan sistem kekebalan tubuh, seperti B. Mengonsumsi kortikosteroid/kemoterapi hati, CT scan atau MRI. Jika perlu, dokter mengambil sampel jaringan (biopsi) untuk diperiksa di laboratorium.

Mengobati abses hati

Pengobatan terbaik untuk abses hati adalah drainase nanah (abses drainase) dan terapi antibiotik. Biasanya antibiotik diberikan dalam bentuk cairan infus sampai demam dan infeksinya hilang. Dokter Anda mungkin menyuntikkan jarum di lokasi abses hati untuk mengalirkan nanah untuk membantu infeksi hilang. Perubahan gaya hidup juga dianjurkan untuk mengobati abses hati dengan cara: Mengkonsumsi antibiotik sesuai anjuran dokter. Pemeriksaan kesehatan rutin ke dokter untuk memantau kondisi kesehatan. Selalu cuci tangan dengan sabun sebelum makan untuk memasak makanan sampai matang. Hindari kebiasaan ngemil sembarangan yang bisa menyebabkan infeksi pada seluruh rongga perut. Kondisi ini bisa mengancam nyawa.

See also  Apa Itu Alkaptonuria atau Penyakit Kencing Hitam dan bagaimana penangananya

Mencegah Abses Hati

Abses hati dapat dicegah dengan melakukan hal-hal berikut: Menjaga kebersihan diri dan lingkungan Makan makanan yang sehat Menghindari alkohol dan penggunaan obat-obatan sembarangan Jika Anda memiliki kondisi medis, cari bantuan medis sampai kondisi tersebut sembuh.

Bagaimana ? apakah artikel tentang Abses Hati ini bermanfaat untuk Cavaners ? Jika bermanfaat bantu Cavana Skin untuk berkembang dengan share artikel ini ke teman teman Cavaners ya 🙂

Reviews

Related Articles