Tuesday, June 28, 2022

If you visit our website outside our country, please use the translate button in the top menu

Pengobatan Kutil Kelamin Pada Wanita

Pengobatan Kutil Kelamin Pada Wanita
Pengobatan Kutil Kelamin Pada Wanita 3

Kutil kelamin pada wanita merupakan salah satu penyakit menular seksual yang paling umum dihadapi kaum hawa. Penyakit ini ditandai dengan adanya tonjolan serupa kutil di daerah kewanitaan. Apa penyebab kutil kelamin dan bagaimana cara menyembuhkannya?

Advertisements

Apa Itu Kutil Kelamin?

Kutil kelamin (Condylomata Acuminata) adalah salah satu infeksi menular seksual yang paling umum. Dalam bahasa Inggris penyakit ini disebut genital warts.

Kutil kelamin disebabkan oleh virus Human Papillomavirus (HPV). Penyakit ini dapat terjadi pada pria dan wanita.

Gejala Kutil Kelamin

Kutil kelamin ditandai tonjolan berbentuk serupa kutil pada kulit di area organ reproduksi. Selain itu, ada yang berbentuk rata, menyerupai kembang kol, menonjol seperti melepuh, bahkan menyerupai kupu-kupu.

Kutil kelamin pada pria biasa muncul di penis dan daerah sekitarnya. Sedangkan pada wanita, kutil dapat tumbuh di daerah sekitar kemaluan, di dalam dan di luar alat kelamin, serta di leher rahim atau serviks.

Advertisements

Kutil kelamin cenderung lebih mudah dideteksi pada pria dibandingkan pada wanita. Hal ini disebabkan keberadaan membran mukosa dalam vagina mengakibatkan kondisi lembap yang dapat menjadi area infeksi HPV.

Kutil yang berkembang di dalam vagina tidak terlihat oleh mata dan tidak terasa menyakitkan. Akibatnya, wanita cenderung tidak mengetahui bahwa dirinya terkena kutil kelamin. Sehingga wanita lebih banyak menularkan infeksi tersebut.

Selain itu, kutil kelamin juga bisa muncul di daerah anus dan dubur.

Pengobatan Kutil Kelamin Pada Wanita
Pengobatan Kutil Kelamin Pada Wanita 4

Penularan Kutil Kelamin

Pada umumnya kutil kelamin dapat menular lewat aktivitas seksual secara vaginal, oral, maupun anal.

Kutil juga dapat ditularkan melalui kontak dengan kulit yang tidak terlindungi. Jadi, menggunakan handuk orang yang memiliki penyakit tersebut dapat menyebabkan penularan. Bahkan ibu dapat menularkannya ke bayi saat proses melahirkan.

Advertisements
See also  8 Khasiat Masker Alpukat dan Cara Membuatnya

Akibat Kutil Kelamin

Kutil kelamin pada wanita maupun pria dapat menyebabkan beberapa gejala seperti perih, gatal, nyeri, atau sensasi seperti terbakar. Namun terkadang tidak ada gejala. Bisa saja kutil sangat lembut sehingga tidak terasa.

Kutil kelamin juga dapat menyebabkan masalah psikis, seperti perasaan malu dan cemas. Rasa malu merupakan penyebab utama infeksi menular seksual sulit ditangani. Sebab, orang takut untuk berobat ke dokter.

Padahal, jika tidak ditangani, kutil dapat berkembang menjadi penyakit yang berbahaya terutama pada perempuan. Kutil dapat memicu kanker serviks atau kanker anogenital.

Pengobatan Kutil Kelamin

Kutil kelamin tidak perlu menjadi momok karena infeksi ini dapat diobati melalui beberapa cara. Infeksi ini dapat disembuhkan dengan teknik seperti pembekuan, pembakaran, laser, ataupun operasi. Selain itu, juga dapat disembuhkan dengan cara alami menggunakan daun dewa. Kutil kelamin pada wanita maupun pria tidak perlu menjadi momok jika kita tidak malu berobat.

Advertisements
spot_img

Reviews

Related Articles