fbpx
Tuesday, June 28, 2022

If you visit our website outside our country, please use the translate button in the top menu

Mari Memahami Tentang Penyakit dan Pengobatan Herpes Genital

Mari Memahami Tentang Penyakit dan Pengobatan Herpes Genital
Mari Memahami Tentang Penyakit dan Pengobatan Herpes Genital 2

Pengobatan Herpes Genital : Belajar soal penyakit dan pengobatan herpes genital itu penting. Manfaat dari tahu tentang hal ini adalah Anda jadi tahu bagaimana cara menghindari, melawan dan menyembuhkan penyakit ini.

Advertisements

Walaupun tidak menyebar banyak sekarang ini, masih banyak orang memiliki resiko terkena penyakit ini. Budaya yang sekarang lebih terbuka membuat banyak orang ingin mencoba hubungan sex walaupun di luar nikah. Walaupun sudah banyak dilarang, hal ini tentu tidak bisa dihilangkan.

Selama masih banyak anak muda yang penasaran dan punya akses informasi seputar hal ini, pasti kejadian hubungan sex bebas bisa terjadi. Karena itu, Anda harus lebih waspada.

Siapa tahu, orang yang Anda kenal menginap penyakit herpes ini. Jika tidak ingin tertular, Anda wajib belajar lebih seputarnya agar lebih aman. Mari bahas bersama di artikel ini tentang berbagai informasi seputar penyakit herpes simplex genitalis.

Apa Sebenarnya Herpes Genital Itu?

Pengertian herpes genital adalah penyakit kelamin yang disebabkan virus herpes simplex (HSV). Secara umum penyakit herpes ini bisa berupa bentol – bentol berair di seluruh tubuh. Untuk herpes genital sendiri adalah bentol – bentol yang berada di area kelamin dan juga anus.

Advertisements


Virus ini menyebar dan menginfeksi orang melalui sentuhan. Karena hal ini, seseorang yang mengalami herpes kelamin akan menyebarkan virus melalui hubungan sex.

Saat kelamin satu dengan yang lain bersentuhan dalam waktu lama karena berhubungan, penyakit ini memiliki kesempatan untuk menginfeksi.
Berbeda dengan sentuhan seperti berjabat tangan yang bisa sebentar dan langsung cuci tangan, hubungan sex biasa-nya berlangsung lebih lama. Karena itu, herpes ini sangat identik dengan hubungan sex tanpa proteksi.


Gejala herpes pada wanita dan pria bisa berbeda. Pada wanita biasanya muncul luka – luka di sekitar area bentol. Luka ini tidak terasa nyeri atau gatal. Tapi saat masih dalam bentuk bentolan, rasanya akan mengganggu sekali. Mulai dari perih sampai gatal bisa muncul, terutama di area kelamin.

See also  Apakah Sipilis Bisa Sembuh Dengan Super Tetra


Untuk tanda– tanda pada pria, hal ini dimulai dengan rasa gatal di area batang kelamin. Tapi berikutnya, si pria akan mengalami gejala flu. Hal seperti panas, meriang dan sakit kepala adalah yang biasanya muncul. Jika didiamkan, herpes ini akan mempengaruhi getah bening di area selangkangan pria.


Sebagai penyakit, tanda– tanda ini tentu hanya terkesan mengganggu. Tapi disisi lain, herpes yang dibiarkan bisa menjadi masalah serius. Bahaya herpes genital ini bisa berupa infeksi dan juga pengaruh pada kelenjar getah di tubuh. Pada beberapa kasus yang parah, herpes akan mempengaruhi organ otak jika ada komplikasi dengan penyakit lainnya.

Advertisements

Penyebab Penyakit Herpes Genital

Penyebab herpes kelamin yang sekarang sudah diketahui hanya dari infeksi HSV. Jadi, selama Anda tidak melakukan kontak dengan orang yang mengidap herpes, kemungkinan Anda tidak akan terkena penyakit ini.


Walaupun terlihat mudah menghindari penyebab penyakit herpes simplex genitalis, Anda tetap harus waspada. Banyak orang yang terkena penyakit ini karena telah melakukan hubungan sex bebas mengaku tidak tahu. Bentol – bentol herpes ini terkadang bisa dianggap seperti jerawat ataupun bentol biasa di tubuh. Padahal, saat berkontak saat sex, penyakit ini bisa langsung menular.


Penyebab herpes simplex genitalis yang banyak ditangani sekarang ini selalu mengindikasi adanya hubungan bebas tanpa proteksi. Jika tidak ingin mengeluarkan biaya pengobatan herpes genital yang mahal, Anda lebih baik mencegahnya. Gunakan proteksi saat berhubungan sex atau bahkan menjaga diri tidak berhubungan sex diluar nikah.

Cara Mengatasi dan Pengobatan Herpes Genital

Setelah Anda lebih tahu tentang penyakit herpes serta penyebabnya, sekarang waktunya bahas cara mengatasi herpes genital ini. Untuk obat penyakit ini, sampai sekarang tidak ada yang efektif benar – benar menghilangkan.

See also  Lagi Viral!, 5 Khasiat Masker Kubis Untuk Kulit Wajah

Obat untuk herpes genital yang diberikan dokter, rata – rata hanya mempercepat hilangnya bentol – bentol, rasa gatal dan tingkat keparahan infeksi.
Herpes adalah penyakit yang bisa sembuh secara alami asalkan Anda merawat-nya dengan baik.

Advertisements

Walaupun obat seperti acyclovir, famciclovir dan valacyclovir tidak membunuh virus dan membersihkannya dari tubuh, obat tersebut bisa menghilangkan dampaknya. Herpes yang hilang tanda– tandanya biasanya sudah bisa dikatakan sembuh.

Tapi saat kondisi tubuh melemah imunitas-nya, penyakit ini bisa kambuh lagi. Karena hal ini, obat penyakit kulit herpes lebih umum ditawarkan oleh dokter untuk mengurangi masalah di kulit.


Selama bentol – bentol hilang dan tidak terasa gatal, Anda sudah bisa dikatakan aman. Tapi jika bentol makin parah dan malah membuat luka dan terasa perih, tindakan lanjut harus dilakukan. Luka yang terbuka lebih baik dibersihkan dan ditutup. Hal ini dilakukan agar luka tidak mengalami infeksi.

Advertisements


Luka yang mudah terinfeksi adalah yang berada di area sekitar kelamin dan anus. Area ini bisa berkontak dengan kotoran dan air seni, jadi akan lebih mudah terkena infeksi bakteri. Bagi penderita penyakit ini, harap usahakan selalu menjaga kebersihan area kelamin dan juga anus.

Selama sering diperhatikan dan dibersihkan, luka tersebut akan lebih cepat menutup dan tentunya bisa hilang dengan lebih cepat.

Pengobatan Alternatif Alami Untuk Herpes

Bagi Anda yang ingin tahu cara alternatif pengobatan masalah herpes ini, ada beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan. Cara alami mengobati herpes genital adalah menggunakan bahan herbal yang dimakan dan dioleskan.


Untuk bahan herbal yang dimakan, Anda bisa coba bawang putih, jahe dan cuka apel. Semua bahan ini terkenal memiliki efek penguat imunitas. Seperti yang dibahas sebelumnya, obat herpes itu tidak ada, tapi penyakit ini bisa reda dengan sendirinya. Selama imunitas Anda terjaga baik, virus ini akan lebih cepat hilang tanda– tandanya.

See also  Lebih Efektif,, Ini Dia Cara Alami Menghilangkan Kutil di Alat Kelamin


Mengkonsumsi makanan itu juga berguna untuk mencegah herpes agar tidak kambuh lagi. Seperti yang sudah Anda ketahui, selama tubuh sehat dan terjaga, herpes tidak akan mudah kambuh. Jadi untuk menjaga diri, pastikan konsumsi makanan penguat imunitas seperti bawang putih, jahe dan cuka apel.


Untuk cara mengkonsumsinya, bawang putih bisa dicampur pada masakan yang dimakan sehari – hari. Jahe bisa Anda diseduh dan diminum air-nya. Bagi yang suka wedang jahe, minuman ini lebih baik dikonsumsi pagi dan malam jika terkena herpes. Sedangkan untuk cuka apel, konsumsi 1 sendok sehari secara rutin. Jika melakukan hal ini, dijamin akan herpes bisa mereda dan tidak akan mudah kambuh.


Untuk obat alami yang dioles, Anda bisa gunakan cairan lidah buaya. Cairan dari lidah buaya ini memiliki kandungan yang mengurangi rasa gatal dan perih pada luka serta bentol dari herpes. Walaupun tidak secara langsung menyembuhkan, bahan herbal ini akan memastikan luka yang terbentuk karena herpes bersih, cepat kering dan tentunya tidak meninggalkan bekas.

Advertisements


Sekian bahasan mengenai penyakit serta informasi pengobatan herpes genital. Mudah – mudahan informasi di atas berguna bagi Anda. Terima kasih sudah membaca artikel ini! (Obat Kutil Kelamin, Obat Jenge Ayam)

Advertisements
spot_img

Reviews

Related Articles