fbpx
Tuesday, May 24, 2022

Tips Perawatan dan Pencegahan Munculnya Bintik Putih di Bawah Mata

Tips Perawatan dan Pencegahan Munculnya Bintik Putih di Bawah Mata
Tips Perawatan dan Pencegahan Munculnya Bintik Putih di Bawah Mata 2

Pencegahan Munculnya Bintik Putih di Bawah Mata – Bintik atau benjolan kecil berwarna putih di bawah mata dalam istilah medis disebut milium. Sedangkan milium yang berkembang menjadi banyak dikenal dengan istilah milia. Tak hanya di bawah mata, milia juga bisa tumbuh di sekitar hidung, kelopak mata, dan pipi.

Tips Perawatan dan Pencegahan Munculnya Bintik Putih di Bawah Mata

Selain pengobatan secara medis, Anda dapat menerapkan tips-tips berikut untuk membantu proses penyembuhan dan pencegahan bintik putih di bawah mata muncul kembali:

Bersihkan wajah secara rutin

Bersihkan wajah secara rutin menggunakan sabun khusus wajah berbahan dasar lembut. Setelah itu, keringkan menggunakan handuk kering dengan cara ditepuk-tepuk secara perlahan untuk mencegah lecet pada kulit wajah.

Hindari memencet bintik putih

Anda dianjurkan untuk tidak memencet bintik putih atau milia menggunakan tangan atau alat apa pun. Hal ini justru dapat memicu terjadinya luka, koreng, hingga infeksi.

Lakukan terapi uap

Untuk menjaga kelembapan kulit wajah dan mencegah munculnya bintik putih di bawah mata, Anda bisa mencoba terapi uap. Caranya pun sangat mudah. Siapkan baskom berisi air panas, kemudian arahkan wajah ke uap yang dihasilkan dari air panas dalam baskom.

Diamkan selama 5–8 menit dan biarkan uap membuka pori-pori kulit wajah serta melepaskan sel kulit yang mati. Setelah selesai, tepuk-tepuk wajah secara lembut menggunakan handuk.

Eksfoliasi wajah

Eksfoliasi wajah adalah salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Prosedur ini dapat dilakukan menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung asam salisilat, asam sitrat, atau asam glikolat.

Advertisements

Namun, eksfoliasi wajah sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering. Lakukan setidaknya 1 kali dalam seminggu.

See also  6 Manfaat Buah Matoa Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

Gunakan madu

Madu diketahui memiliki kandungan antimikroba yang dapat mengurangi peradangan dan infeksi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa madu yang dicampur dengan ekstrak kulit kayu manis efektif mengurangi bakteri penyebab infeksi kulit.

Meski bintik putih di bawah mata biasanya tidak disebabkan bakteri, tetapi cara ini dapat Anda gunakan untuk memperbaiki tampilan kulit Anda.

Reviews

Related Articles