fbpx
Tuesday, June 28, 2022

If you visit our website outside our country, please use the translate button in the top menu

Mengalami Keguguran ? Ini Dia Penanganan Pasca Keguguran

Mengalami Keguguran ? Ini Dia Penanganan Pasca Keguguran
Mengalami Keguguran ? Ini Dia Penanganan Pasca Keguguran 2

Perawatan keguguran membantu wanita yang mengalami pendarahan hebat. Salah satu perawatan yang paling umum adalah operasi kuretase. Namun, sebelum melakukan operasi kuretase, kondisi harus diketahui.

Advertisements

Bagaimana Penanganan Pasca Keguguran? Simak detail lengkapnya di bawah ini.

Definisi Keguguran : Keguguran adalah suatu kondisi yang dapat terjadi pada setiap kehamilan. Keguguran ditandai dengan keluarnya janin dari rahim sebelum minggu ke-20 kehamilan. Keguguran kadang-kadang disebut aborsi spontan.

Hampir semua ibu hamil bisa mengalami keguguran. Keguguran bisa menjadi tanda bahwa ada masalah pada kehamilan Anda. Ibu hamil dapat menghindari atau mencegah keguguran dengan meminimalkan penyebab keguguran. Diyakini bahwa sebagian besar keguguran disebabkan oleh masalah genetik pada embrio yang mencegah janin berkembang secara normal.

Dalam kasus lain, penyakit atau kondisi medis tertentu juga dapat menyebabkan keguguran. Misalnya, ibu yang menderita diabetes atau penyakit tiroid berisiko tinggi mengalami keguguran. Selain itu, masalah pada plasenta juga bisa menjadi penyebab keguguran, misalnya terjadinya infeksi yang menyebar ke plasenta juga meningkatkan risiko keguguran. Ada lagi penyebab keguguran pada wanita, yaitu:

Pendarahan vagina dan nyeri panggul adalah gejala umum keguguran. Namun, tidak semua pendarahan selama kehamilan merupakan gejala keguguran. Pendarahan dari keguguran biasanya disertai dengan rasa sakit dan kram yang datang dan pergi. Terkadang keguguran juga ditandai dengan keluarnya janin atau jaringan lain yang mati. Selain itu, beberapa orang mengalami gejala demam dan menggigil.

Advertisements

Jika Anda mengalami gejala di atas. Segera konsultasikan ke dokter kandungan untuk penanganan medis. Prosedur medis Prosedur medis yang dapat dilakukan untuk keguguran, termasuk kuretase. Kuretase adalah prosedur medis yang berguna untuk menghilangkan jaringan atau sisa-sisa jaringan janin yang telah mati selama keguguran. Prosedur untuk melakukan kuretase hanya boleh dilakukan oleh dokter kandungan yang ahli dalam bidang ini. Prosedur untuk melakukan kuretase biasanya memakan waktu sekitar 10-15 menit. Namun, setelah kuretase, dokter biasanya mengharuskan Anda tinggal di rumah sakit selama beberapa jam lagi. Tujuannya adalah untuk memulihkan kondisi setelah operasi kuretase.

See also  8 Manfaat Rumput Laut Untuk Kecantikan Kulit Wajah

Apa yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Operasi Kuretase:

Melakukan kuretase juga dapat menimbulkan beberapa risiko dan efek samping. Namun, risiko dan efek samping kuretase biasanya kecil dan jarang terjadi. Anda tidak perlu khawatir tentang itu. Hubungi dulu dokter kandungan yang akan menangani masalah Anda. Dokter akan menentukan pengobatan yang tepat dan aman sesuai dengan kondisi Anda. Salah satu tindakan medis untuk keguguran yang dapat dilakukan adalah kuretase.

Apa Obat Saat Keguguran

Ada obat yang bisa mempercepat proses pengeluaran janin atau sisa jaringan janin yang mati. Dengan keguguran tidak lengkap (incomplete) atau janin tidak keluar dengan sempurna. Obat yang diberikan dirancang untuk membantu mengeluarkan janin mati dari rahim.

Selama proses ini, obat bereaksi dalam waktu sekitar satu atau dua hari. Sedangkan pada kasus abortus total (lengkap) atau ketika semua jaringan dan janin telah dikeluarkan, pengobatan yang diberikan dimaksudkan untuk mengatasi efek samping dan memulihkan kondisi setelah keguguran. Namun, ada beberapa keguguran yang tidak bisa diobati dengan obat-obatan,

Kebanyakan keguguran terjadi karena masalah kehamilan. Anda tidak dapat sepenuhnya mencegah keguguran. Namun, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menghindari keguguran kembali pada kehamilan berikutnya, antara lain: Perawatan suportif selama keguguran Dukungan

Advertisements
Advertisements
spot_img

Reviews

Related Articles