fbpx
Tuesday, May 24, 2022

Tips Pemakaian Hydroquinone untuk Cerahkan Kulit, Kenali Juga Bahaya dan Manfaatnya!

Tips Pemakaian Hydroquinone untuk Cerahkan Kulit, Kenali Juga Bahaya dan Manfaatnya!
Tips Pemakaian Hydroquinone untuk Cerahkan Kulit, Kenali Juga Bahaya dan Manfaatnya! 2

Tips Pemakaian Hydroquinone untuk Cerahkan Kulit – Krim wajah mengandung hydroquinone menjadi produk perawatan wajah primadona bagi banyak perempuan selama beberapa tahun belakangan. Klaimnya, krim wajah ini mampu memutihkan dan mencerahkan warna kulit, menyamarkan flek kecokelatan di wajah, serta menghilangkan bekas jerawat.

Meski demikian pemakaian produk mengandung hydroquinone kerap dinilai membahayakan kesehatan. Benarkah? Apa saja manfaat dan bahaya dari produk ini?

Pengertian Hydroquinone

Hydroquinone, atau hidrokuinon, adalah bahan pemutih kulit. Bahan ini mampu mengatasi berbagai masalah kulit akibat hiperpigmentasi, yakni munculnya bercak-bercak kulit dengan warna yang lebih gelap dibandingkan kulit di sekitarnya.

Hingga kini, hydroquinone masih menjadi bahan aktif topikal yang paling efektif dalam memutihkan kulit. Namun, menurut statistik U.S. Food and Drug Administration (FDA), jumlah produk yang mengandung hydroquinone telah berkurang drastis.

Manfaat Hydroquinone

Produk dengan hidrokuinon bisa mengatasi masalah kulit terkait hiperpigmentasi. Masalah tersebut meliputi bekas jerawat, flek kecokelatan akibat penuaan kulit, melasma, bintik matahari, serta bekas peradangan akibat eksim dan psoriasis.

Kebanyakan jenis kulit sebenarnya bisa menerima hidrokuinon, tapi pemilik kulit kering atau sensitif mungkin perlu menghindarinya. Pasalnya, Anda mungkin mengalami iritasi atau kekeringan kulit pada awal penggunaan produk.

Benarkah Hydroquinone memiliki bahaya bagi kesehatan?

Menurut FDA pada tahun 1982, kadar hidrokuinon di bawah 2 persen dianggap aman. Hingga kini tidak ada penelitian yang dapat memastikan bahwa hidrokuinon mampu menyebabkan penyakit pada manusia. Jadi, bahan ini masih digolongkan aman dan dijual secara bebas dengan konsentrasi 2 persen. Hidrokuinon mungkin menyebabkan kemerahan atau kulit kering pada pemilik kulit sensitif, tapi efek ini akan menghilang seiring waktu.

Advertisements

Cara Penggunaan Hydroquinone

Penggunaan hydroquinone sama seperti produk perawatan kulit pada umumnya. Ambil sedikit krim, lalu oleskan pada permukaan kulit secara merata. Gunakan produk ini setelah Anda mencuci muka dan menggunakan toner.

See also  Waspada Penyakit Tetanus - Gejala, Penyebab dan Cara Mengobatinya

Jangan mengoleskan krim di dekat area mata, mulut, dan selaput lendir lainnya. Jangan pula menggunakan produk ini bersamaan dengan produk lain yang mengandung obat kecuali dokter kulit Anda menyarankan demikian.

Reviews

Related Articles