fbpx
Tuesday, May 24, 2022

Tips Menjaga Kesehatan Kulit Dan Mengetahui Fungsi Kulit

Tips Menjaga Kesehatan Kulit Dan Mengetahui Fungsi Kulit
Tips Menjaga Kesehatan Kulit Dan Mengetahui Fungsi Kulit 3

cavanaskin.com – Sebagai organ tubuh terluar, fungsi kulit begitu penting bagi manusia. Tak hanya melindungi tubuh dari berbagai penyakit, kulit juga berperan sebagai pelindung organ tubuh bagian dalam, seperti otot, saraf, dan tulang. Oleh karena itu, kesehatan kulit perlu selalu dijaga.

Kulit tersusun dari berbagai komponen, termasuk air, protein, lemak, beberapa jenis mineral, dan senyawa kimia. Kulit juga dikenal sebagai organ tubuh terbesar. Berat rata-rata kulit untuk orang dewasa bisa mencapai 2,5–2,7 kilogram.
Kulit terdiri dari tiga lapisan utama, yaitu epidermis, dermis, dan hipodermis. Ketiga lapisan ini memiliki fungsi yang berbeda dalam struktur kulit.

Berikut Fungsi dari Kulit

Melindungi tubuh

Fungsi kulit yang paling utama adalah melindungi tubuh bagian dalam, seperti tulang, organ, otot, sendi, saraf, pembuluh darah, dan jaringan ikat tubuh. Kulit juga berperan sebagai pelindung alami tubuh dari paparan radiasi, zat beracun, serta beragam virus, bakteri, jamur, dan parasit penyebab infeksi.

Menjaga suhu tubuh

Kulit juga berperan sebagai penjaga suhu tubuh, sebab dalam lapisan kedua kulit atau dermis terdapat saraf dan kelenjar keringat yang berfungsi untuk merespons perubahan suhu tubuh.

Saat Anda sedang kepanasan atau stres, kulit akan menjaga suhu tubuh pada kisaran normal dengan cara mengeluarkan keringat dan bila Anda sedang kedinginan, pembuluh darah di kulit akan menyempit guna menahan panas tubuh.

Menyimpan lemak

Kulit juga berfungsi sebagai pusat penyimpanan lemak. Lemak pada jaringan kulit bertugas untuk melindungi tubuh dari suhu panas dan dingin serta menyangga jaringan otot dan tulang.

Menghasilkan vitamin D alami

Kulit juga berfungsi untuk menghasilkan vitamin D secara alami dengan bantuan sinar matahari atau sinar UV. Vitamin ini diketahui baik untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah kanker.

Advertisements
See also  Mengenal Penyakit Skoliosis - Tanda, Penyebab dan Cara Pengobatanya

Menjadi indra peraba

Kulit terdiri atas saraf sensorik yang berfungsi sebagai indra peraba. Berkat adanya saraf tersebut, kulit menjadi senstif terhadap berbagai rangsangan dari luar, mulai dari suhu panas atau dingin, sentuhan, getaran, tekanan, hingga rasa nyeri akibat cedera atau infeksi.

Mendukung penampilan

Sebagai organ terluar, kulit dapat mendukung penampilan sekaligus menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, kulit yang sehat, lembut, dan terjaga juga dapat meningkatkan rasa percaya diri orang yang memilikinya.

Tips Menjaga Kesehatan Kulit

Tips Menjaga Kesehatan Kulit Dan Mengetahui Fungsi Kulit
Tips Menjaga Kesehatan Kulit Dan Mengetahui Fungsi Kulit 4

Seiring pertambahan usia, kulit akan mengalami perubahan karena proses penuaan. Hal ini membuat kulit tidak lagi sehalus atau sekencang sebelumnya. Selain itu, proses penuaan pada kulit juga bisa menyebabkan kulit mudah kering, menipis, dan rentan terkena masalah kulit.

Oleh karena itu, agar kesehatan kulit tetap terjaga, Anda perlu untuk merawatnya dengan baik. Berikut ini adalah beberapa tips seputar cara merawat kulit yang bisa Anda coba:

Membersihkan kulit secara rutin

Bersihkan diri dengan mandi menggunakan sabun berbahan lembut, terutama setiap habis beraktivitas atau berkeringat. Jangan lupa untuk membersihkan wajah setidaknya 2 kali sehari, terutama di pagi hari dan malam hari menjelang waktu tidur.

Hal ini penting untuk diperhatikan agar kotoran dan bakteri yang menempel pada kulit dapat terangkat. Dengan menjaga kebersihan kulit dengan baik, kesehatan kulit pun akan terjaga.

Mengoleskan pelembap setiap hari

Untuk menjaga kelembapan kulit, Anda dianjurkan untuk menggunakan pelembap setelah mandi atau mencuci muka. Namun, pastikan bahwa losion atau pelembap yang digunakan sesuai dengan jenis kulit Anda, ya.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan produk perawatan kulit wajah lainnya untuk merawat kesehatan kulit, seperti toner, micellar water, atau serum wajah.

See also  Penyebab Dan Cara Mengatasi Payudara Kecil Dengan Mudah

Menggunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan

Paparan sinar ultraviolet dari cahaya matahari dapat mempercepat proses penuaan pada kulit. Oleh karena itu, gunakan selalu tabir surya sebelum Anda beraktivitas di luar ruangan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Tabir surya dengan SPF 30 atau lebih mampu melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB. Selain menggunakan tabir surya, Anda juga bisa melindungi kulit dengan menggunakan pakaian berlengan panjang dan topi bertepi lebar, terutama saat cuaca sedang terik.

Menerapkan pola hidup sehat

Selain perawatan dari luar, kesehatan kulit juga perlu dijaga dari dalam. Hal ini dapat Anda lakukan dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bernutrisi, mencukupi kebutuhan cairan tubuh, berolahraga secara rutin, dan mengelola stres dengan baik.

Anda juga perlu menjauhi rokok dan paparan asap rokok. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan merokok maupun terpapar asap rokok bisa menyebabkan kulit lebih cepat keriput dan memicu penuaan dini pada kulit.

Menjaga kesehatan kulit penting dilakukan untuk memaksimalkan fungsi kulit. Jika Anda mengalami keluhan pada kulit, seperti kulit gatal, kemerahan, dan iritasi yang tak kunjung membaik, segera periksakan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Reviews

Related Articles