fbpx
Tuesday, May 24, 2022

Cara Menjaga Dan Merawat Skin Barrier, Wajib Tau!

Cara Menjaga Dan Merawat Skin Barrier, Wajib Tau!
Cara Menjaga Dan Merawat Skin Barrier, Wajib Tau! 2

Skin barrier adalah lapisan terluar epidermis kulit. Skin barrier yang sehat bermanfaat untuk mencegah iritasi, mengunci minyak alami dan kelembapan di dalamnya. Sementara, skin barrier yang rusak dapat membuat iritasi menembus ke dalam kulit, dan dapat melemahkan dan mencegahnya berfungsi dengan baik untuk menjaga kesehatan kulit.


Telah banyak anjuran dan saran dari para pakar kecantikan untuk mulai menjaga dan memperbaiki skin barrier. Terlebih saat ini banyak sekali produk-produk perawatan kecantikan yang bisa dicoba, padahal tak semuanya aman dan tepat guna sehingga seringkali membuat kulit menjadi rusak.


Berikut ulasan selengkapnya mengenai apa itu skin barrier dan hal-hal yang berkaitan dengannya.

Mengenal Apa Itu Skin Barrier

Untuk memahami apa itu skin barrier dan apa yang dilakukan olehnya terhadap kulit, Anda perlu mengetahui terlebih dulu tentang struktur kulit. Anda mungkin pernah mendengar bahwa kulit terdiri dari tiga lapisan individu. Namun, meski ada tiga lapisan utama kulit, masing-masing lapisannya ternyata masih memiliki beberapa sublapisan, yang sebagian besar melakukan fungsi khusus yang unik.


Para ilmuwan sering menyamakan struktur stratum korneum seperti dinding bata. Dalam analogi ini, sel-sel kulit adalah batu bata. Segala sesuatu yang lain, termasuk skin barrier, adalah mortar yang menyatukan semuanya. Mortar ini mengandung nutrisi penting, seperti kolesterol, ceramide, dan asam lemak.

Bersama-sama, senyawa ini disebut sebagai “faktor pelembap alami” kulit karena membantu menjaga lapisan kulit yang lebih dalam agar terhidrasi dan ternutrisi. Skin barrier terdiri dari satu bagian penting yang disebut mantel asam. Ini adalah lapisan tipis yang sangat halus dan sedikit asam pada permukaan kulit yang terbuat dari minyak alami, asam amino, dan keringat.

See also  Begini Nih Cara Membuat Masker Bengkoang, Hemat dan Mudah!!


Fungsi mantel asam ini adalah untuk membantu melindungi kulit dari bakteri, virus, dan kontaminan potensial lainnya. Mantel asam memainkan peran yang sangat penting dalam melindungi skin barrier dari ancaman eksternal dengan bekerja bersama bahan-bahan alami kulit seperti ceramide, kolesterol, enzim, keringat dan bahkan minyak kulit kita sendiri.

Advertisements

Tugas Utama Skin Barrier

Skin barrier memiliki beberapa tugas atau pekerjaan, yang mana banyak di antaranya penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Dari semua tugas skin barrier, para peneliti umumnya setuju bahwa ia memiliki tiga peran penting yakni; melindungi tubuh dari stres eksternal seperti polusi dan radiasi UV, menahan air untuk menjaga tubuh dan kulit terhidrasi, dan mengangkut nutrisi penting ke kulit.

Secara keseluruhan, faktor-faktor gabungan ini bertanggung jawab untuk menjaga homeostasis atau menjaga keseimbangan berbagai sistem tubuh Anda. Skin barrier juga merupakan penentu utama seberapa sehat kondisi kulit Anda. Jika skin barrier berfungsi dengan baik, ia akan menahan air untuk menjaga kulittetap terhidrasi, halus, dan elastis.

Cara Tepat Menjaga Skin Barrier

Untuk itu, penting bagi Anda untuk sejak dini merawat dan menjaga skin barrier. Dengan menjaga skin barrier tetap sehat, Anda dapat meminimalkan munculkan kerusakan dan masalah kulit lainnya seperti jerawat, kulit kusam, keriput, minyak berlebih, dan sebagainya.

Berikut adalah beberapa cara menjaga skin barrier dengan tepat yang bisa Anda lakukan;

  • Selalu gunakan air suam-suam kuku. Air yang terlalu panas atau dingin dapat mengiritasi kulit.
  • Gunakan pembersih berbahan ringan. Pembersih yang keras dan sabun batangan menghilangkan zat pelembap dan nutrisi penting yang menjaga pelindung kulit Anda tetap sehat.
  • Jangan gunakan scrub abrasif karena dapat menyebabkan robekan mikro pada permukaan kulit. Sebagai gantinya, gunakan exfoliant yang lembut dan bisa digunakan minimal seminggu dua kali.
  • Gunakan produk perawatan kulit yang bebas pewangi. Wewangian – termasuk minyak esensial – membuat kulit lebih sensitif dan dapat merampas bahan pengisi dan bahan perbaikan skin barrier yang dibutuhkan untuk tetap sehat.
See also  4 Cara Membuat Masker Kunyit Di Rumah Dan Manfaat Kunyit Untuk Wajah


Jangan berlebihan saat menggunakan bahan aktif seperti AHA, BHA dan retinol, atau perawatan anti jerawat. Menerapkan kekuatan tertinggi dari suatu bahan dan menggunakan beberapa perawatan dapat mengiritasi kulit Anda secara tidak perlu. Temukan frekuensi dan konsentrasi yang sesuai untuk Anda dan gunakan produk dengan bahan-bahan kuat ini pada waktu yang berbeda dalam sehari. Misalnya, gunakan exfoliant di pagi hari dan produk retinol di malam hari. Anda masih akan menerima manfaat besar yang sama.


Lindungi kulit Anda dari sinar matahari, setiap hari. Paparan sinar matahari adalah salah satu penyebab utama kerusakan skin barrier. Gunakan tabir surya yang kaya akan antioksidan dan memiliki SPF 30 atau lebih.


Terlepas dari apapun kondisi skin barrier Anda saat ini, ada baiknya untuk memeliharanya dengan bahan-bahan perbaikan seperti asam lemak, kolesterol, ceramide, dan asam hialuronat. Kulit membutuhkan bahan-bahan ini, terutama ketika membahas tentang memulihkan skin barrier. Anda bisa menggabungkannya ke seluruh rangkaian perawatan kulit dan pastikan kulit Anda menuai manfaatnya.

Reviews

Related Articles