fbpx
Tuesday, May 24, 2022

Mengenal Dan Cara Mengobati Sipilis yang Tepat

Mengenal Dan Cara Mengobati Sipilis yang Tepat
Mengenal Dan Cara Mengobati Sipilis yang Tepat 2

Mengobati Penyakit Sipilis : Sipilis merupakan salah satu penyakit menular seksual yang sering terjadi pada orang yang berganti-ganti pasangan seksual. Penyakit sipilis pada wanita maupun pria biasanya memiliki gejala yang hampir sama. Siapapun yang menderita penyakit ini tentu ingin segera mengetahui cara mengobati penyakit sipilis agar tidak berkembang menjadi penyakit yang parah. Untuk itu, berikut ini adalah ulasan tentang cara pengobatan sipilis baik melalui dokter maupun dengan pengobatan tradisional.

Cara Mengobati Sipilis Dengan Bantuan Dokter

Cara mengobati penyakit sipilis secara medis dapat dilakukan dengan memberikan suntikan antibody penilisin. Dosis yang diberikan untuk setiap penderita belum tentu sama antara satu dengan yang lain, tergantung dari kondisi pasien. Untuk penderita yang masih di tahap awal, suntikan penisilin cukup diberikan satu kali atau dosis tunggal. Sementara itu untuk sipilis tahap lanjut, pengobatan sipilis memerlukan dosis tambahan sesuai dengan petunjuk dokter.

Sipilis termasuk penyakit yang bisa disembuhkan. Apalagi jika penyakit ini dideteksi sejak awal sehingga lebih mudah ditangani. Jika penyakit baru ditangani ketika sudah terjadi kerusakan organ tubuh, maka pengobatan sipilis tidak dapat memperbaiki kerusakan organ. 

Antibiotik juga diberikan pada ibu hamil yang menderita sifilis dan bayi yang lahir dari ibu yang mengalami sifilis. Setelah disuntik antibiotik, beberapa penderita akan merasakan reaksi seperti sakit kepala, demam, dan nyeri otot atau nyeri sendi. Jangan khawatir karena reaksi ini bukanlah masalah serius dan hanya berlangsung satu hari.

Selama proses pengobatan, penderita tidak boleh berhubungan seksual sampai dinyatakan sembuh. Setelah pengobatan, pasien masih tetap diminta menjalani tes darah secara rutin untuk memastikan bahwa infeksi sipilis sudah sembuh total. Selain itu, penderita yang sudah sembuh pun harus tetap berhati-hati karena masih mungkin terinfeksi kembali.

See also  Gejala , Penanganan Dan Penyebab Abses Paru

Cara Mengobati Sipilis Secara Tradisional

Selain dengan pengobatan dari dokter, penderita sipilis juga dapat mencoba pengobatan sipilis dengan bahan-bahan alami. Ada beberapa bahan alami yang diketahui ampuh sebagai cara mengobati penyakit sipilis secara efektif yaitu sambiloto, meniran, kemuning, brotowali, dan bidara upas. Perpaduan bahan – bahan tersebut dapat membunuh bakteri yang menginfeksi penderita sipilis karena memiliki sifat antibiotik.

Cara Mencegah Penyakit Sifilis

Setia hanya pada satu pasangan adalah cara yang paling ampuh untuk mencegah tertular penyakit ini. Menggunakan kondom saat berhubungan intim juga dapat menjadi upaya mencegah penularan sifilis. Selain itu, sifilis juga dapat dicegah dengan menghindari konsumsi NAPZA dan alkohol. Pasalnya NAPZA dan alkohol dapat menurunkan kesadaran dan melemahkan akal sehat sehingga akan meningkatkan resiko melakukan hubungan seks dengan cara tidak aman.

Advertisements

Pada ibu hamil, pastikan untuk memeriksakan kehamilan secara rutin. Saat pemeriksaan, dokter biasanya akan melakukan screening penyakit sifilis di trimester pertama dan trimester akhir kehamilan. 

Reviews

Related Articles