fbpx
Friday, May 20, 2022

Wow Ternyata Ini Cara Ampuh Menghilangkan Stretch Mark, Mari Simak??

Wow Ternyata Ini Cara Ampuh Menghilangkan Stretch Mark, Mari Simak??
Wow Ternyata Ini Cara Ampuh Menghilangkan Stretch Mark, Mari Simak?? 4

Cara Ampuh Menghilangkan Stretch Mark – Cara menghilangkan stretch mark terkadang bukan perkara mudah. Stretch mark adalah guratan berbentuk garis-garis halus yang terdapat di permukaan kulit. Kondisi ini paling sering dijumpai perempuan pada area payudara, perut, pinggul, bokong, dan paha.

Mulanya, stretch mark akan muncul sebagai garis tipis merah atau ungu pada kulit yang memiliki tekstur berbeda dari lapisan kulit di sekitarnya. Kemudian, sebagian besar guratan ini memudar dan berubah menjadi lebih terang atau hampir transparan sehingga tampak berkilau.

Pria dan wanita bisa memiliki stretch mark. Akan tetapi, remaja dan ibu hamil lebih sering mengalami guratan garis-garis halus ini.

Advertisements

Penyebab stretch mark muncul

Stretch mark adalah masalah kulit yang terjadi akibat adanya peregangan. Kondisi ini bisa diperparah oleh beberapa faktor, termasuk genetik (keturunan) hingga peningkatan hormon kortisol.
Kortisol adalah hormon yang diproduksi secara alami oleh kelenjar adrenal. Jika hormon kortisol yang diproduksi terlalu banyak maka kulit bisa kehilangan elastisitasnya.
Selain itu, ada beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan seseorang mengalami stretch mark, yakni:

  • Sedang hamil
  • Pertumbuhan yang sangat cepat
  • Peningkatan atau penurunan berat badan secara cepat
  • Penggunaan kortikosteroid
  • Penggunaan steroid anabolik
  • Pascaoperasi pembesaran payudara
  • Memiliki kondisi medis, seperti sindrom Cushing atau sindrom Marfan

Cara ampuh menghilangkan stretch mark

Wow Ternyata Ini Cara Ampuh Menghilangkan Stretch Mark, Mari Simak??
Wow Ternyata Ini Cara Ampuh Menghilangkan Stretch Mark, Mari Simak?? 5

Munculnya stretch mark tentu dapat mengurangi tingkat kepercayaan diri karena dapat mengganggu penampilan.
Nah, Anda tak perlu khawatir karena ada berbagai cara menghilangkan stretch mark di paha dan area tubuh lainnya yang bisa dilakukan.

Namun, perlu diketahui bahwa cara mengatasi stretch mark tidak dapat dilakukan secara instan atau cepat tanpa adanya bantuan dari dokter spesialis kulit.

Berikut adalah beberapa cara menyamarkan atau mengurangi tampilan stretch mark di paha, perut, payudara, betis, dan bagian tubuh lainnya.

Advertisements

Eksfoliasi

Tindakan eksfoliasi secara rutin bisa menjadi cara ampuh menyamarkan stretch mark, khususnya yang berwarna putih. Eksfoliasi dapat membantu menghilangkan sel kulit mati dan memperbaiki regenerasi kulit.
Cara menghilangkan stretch mark putih ini dapat memberi hasil yang maksimal apabila dibarengi dengan perawatan lainnya.

See also  Cara Membuat Masker Putih Telur Sesuai Jenis Kulit, Praktis banget

Penggunaan krim topikal

Selain melakukan tindakan eksfoliasi, Anda bisa rutin menggunakan obat topikal, baik dalam bentuk krim, salep, atau lotion, sebagai cara menghilangkan stretch mark putih.

Meski begitu, American Academy of Dermatology mengingatkan bahwa penggunaan obat topikal mungkin tidak benar-benar ampuh menjadi cara menghilangkan stretch mark di paha dan bagian tubuh lainnya.

Namun setidaknya, penggunaan krim penghilang stretch mark dapat membantu menyamarkan guratan-guratan halus di tubuh Anda sekaligus membuat kulit kembali elastis.

Sebelum menggunakan krim topikal penghilang stretch mark, Anda dianjurkan untuk memperhatikan beberapa hal. Misalnya:
Upayakan untuk menggunakan krim topikal ketika stretch mark baru muncul. Hal ini karena efek pengobatan topikal tidak begitu ampuh pada stretch mark yang sudah lama muncul.

Pijat produk oles ini ke seluruh area permukaan kulit yang terdapat guratan stretch mark untuk membantu menghilangkan keberadaannya.

Gunakan produk oles secara rutin setiap hari

Konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan rekomendasi krim topikal penghilang stretch mark sesuai dengan kondisi yang dialami.

Wow Ternyata Ini Cara Ampuh Menghilangkan Stretch Mark, Mari Simak??
Wow Ternyata Ini Cara Ampuh Menghilangkan Stretch Mark, Mari Simak?? 6

Oleskan pelembap

Stretch mark merupakan kondisi normal yang kerap muncul saat masa pubertas. Nah, cara menghilangkan stretch mark pada remaja bisa dengan mengoleskan pelembap. Selain melembapkan kulit, penggunaan pelembap mampu meningkatkan sekaligus menjaga elastisitas kulit.

Coba pilih pelembap yang mengandung salah satu atau kombinasi dari bahan aktif sebagai berikut. Hyaluronic acid. Menurut studi yang dimuat dalam Drug Design, Development and Therapy, penggunaan krim mengandung hyaluronic acid disebut efektif dalam menyamarkan stretch mark yang baru muncul dengan cara merangsang produksi kolagen.

Tretinoin (retinoid). Mengoleskan tretinoin tiap malam hari terbukti ampuh dalam menyamarkan tampilan stretch mark. Centella asiatica. Kandungan bahan alami ini dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga menyamarkan keberadaan stretch mark.

See also  Tips Diet Sederhana, Ampuh Turunkan 1/2 kg Perhari

Cocoa butter, shea butter, minyak zaitun, atau minyak vitamin E. Walaupun diklaim mampu membuat kulit jauh lebih halus, masih dibutuhkan studi lebih lanjut guna membuktikannya secara ilmiah.

Advertisements

Terapi laser

Beberapa tindakan medis yang disarankan dokter dapat menjadi cara menghilangkan stretch mark di betis dan bagian tubuh lainnya. Salah satunya adalah terapi laser. Prosedur ini bekerja dengan masuk menembus ke dalam kulit sampai akhirnya memicu proses regenerasi kulit.

Terapi laser juga merangsang produksi melanin pada area kulit yang terdapat stretch mark sekaligus mengaktifkan sel-sel pigmen kulit. Dengan demikian, lama kelamaan stretch mark akan menyatu dengan warna kulit normal Anda.

Meski laser membantu merangsang jaringan di sekitar stretch mark untuk pudar dan hilang lebih cepat, Anda membutuhkan lebih dari satu kali sesi laser untuk melihat hasilnya dengan maksimal.

Ada beberapa jenis terapi laser yang direkomendasikan khusus oleh dokter untuk menghilangkan stretch mark. Misalnya:
Laser pulsed dye. Prosedur ini melibatkan penggunaan cahaya untuk menenangkan pembuluh darah penyebab munculnya stretch mark baru berwarna merah.

Laser fraksional CO2. Tindakan menggunakan laser dan gas karbon dioksida untuk menyamarkan kemunculan stretch mark putih yang lama. Melansir Web MD, melakukan terapi laser fraksional CO2 sebanyak 5 sesi ampuh memudarkan stretch mark dibandingkan penggunaan krim topikal mengandung asam glikolat dan tretinoin.

Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu guna mengetahui terapi laser yang tepat sesuai kondisi yang dialami. Tanyakan juga mengenai manfaat dan risiko efek sampingnya. Anda mungkin perlu melakukan beberapa kali sesi perawatan laser untuk mendapatkan hasil yang sesuai keinginan.

Mikrodermabrasi

Cara ampuh menghilangkan stretch mark membandel berikutnya melalui prosedur mikrodermabrasi.
Mikrodermabrasi adalah prosedur pengangkatan sel kulit mati menggunakan kristal-kristal halus dan vakum khusus.
Tindakan ini bekerja dengan menargetkan lapisan kulit paling atas (epidermis) untuk merangsang produksi kolagen dan elastin pada area kulit yang terdapat stretch mark.
Meski diklaim ampuh, prosedur ini belum tentu dapat menghilangkan stretch mark sepenuhnya. Hal ini bergantung pada tingkat keparahan kondisi dan berapa kali sesi perawatan dilakukan.
Maka, pastikan Anda melakukan sesi perawatan berulang untuk memperoleh hasil yang efektif.

See also  Benarkah Setelah Proses Melahirkan Dilarang Keramas? Fakta Atau Mitos?

Microneedling

Microneedling adalah cara menghilangkan stretch mark dalam waktu singkat yang menargetkan lapisan dermis kulit. Lapisan ini merupakan tempat terbentuknya stretch mark.
Microneedling melibatkan penggunaan jarum-jarum kecil yang ditusukkan ke kulit untuk memicu produksi kolagen.
Nantinya, peningkatan kolagen dan elastin akan mendorong regenerasi kulit sehingga memperbaiki tampilan kulit dan mengurangi stretch mark.
Menurut studi yang dimuat dalam Journal of Cosmetic Dermatology, prosedur kosmetik ini terbukti ampuh dalam mengatasi stretch mark, khususnya pada orang yang memiliki kulit gelap.
Seorang ahli kulit mengemukakan, tindakan ini dapat menghilangkan stretch mark secara permanen. Meski begitu, Anda membutuhkan beberapa kali sesi perawatan dan pantauan dokter agar stretch mark dapat hilang sepenuhnya.

Advertisements

Operasi plastik

Jika berbagai cara menghilangkan stretch mark di perut yang telah disebutkan sebelumnya tidak kunjung berhasil, operasi plastik mungkin bisa menjadi pilihan berikutnya.
Akan tetapi, perlu diketahui bahwa tindakan ini mungkin dapat menimbulkan jaringan parut dan risiko efek samping setelahnya.
Maka dari itu, alangkah baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan melakukan operasi plastik sebagai cara menghilangkan stretch mark di perut dan bagian tubuh lainnya.

Demikian ” Tips Ampuh Menghilangkan Stretch Mark ” Semoga bermanfaat dan bantu share ya Cavaners..

Reviews

Related Articles