fbpx
Sunday, May 22, 2022

5 Cara Alami Menghilangkan Kerutan Di Wajah

5 Cara Alami Menghilangkan Kerutan Di Wajah
5 Cara Alami Menghilangkan Kerutan Di Wajah 2

Kerutan atau keriput di wajah biasanya muncul seiring bertambahnya usia. Selain usia, ada berbagai penyebab kerutan di wajah bisa timbul dan mengganggu penampilan. Maka dari itu, banyak orang yang berlomba-lomba mencari cara menghilangkan kerutan di wajah dengan tepat.

Apa penyebab kerutan di wajah?

Penyebab kerutan di wajah yang utama adalah pertambahan usia sehingga membuat kulit kehilangan elastisitasnya. Produksi minyak alami seiring bertambahnya usia juga mengalami penurunan sehingga kulit rentan kering dan tampak mengerut.

Belum lagi, lemak yang terdapat pada lapisan kulit bagian dalam ikut berkurang sehingga kulit tampak kendur dan memunculkan garis-garis halus di area wajah.
Selain pertambahan usia, beberapa penyebab kerutan di wajah lainnya, meliputi:

Advertisements

Paparan sinar matahari berlebih

Penyebab kerutan di wajah bisa karena paparan sinar ultraviolet (UV) dari sinar matahari secara berlebih. Sinar UV inilah yang dapat merusak jaringan kulit yang bernama elastin dan kolagen pada lapisan kulit dermis sehingga membuat tanda -tanda penuaan dini muncul. Saat jaringan elastin dan kolagen rusak, kulit akan lebih mudah untuk mengendur dan meregang. Akibatnya, kulit menjadi lebih mudah keriput.

Kebiasaan merokok

Merokok ternyata menjadi penyebab kerutan di wajah muncul dan tidak dapat terhindarkan. Asap dan panas dari rokok, serta kebiasaan mengerutkan area bibir saat merokok sangat berkontribusi terhadap pembentukan keriput.
Selain itu, bahaya asap rokok juga dapat merusak kolagen dan elastin pada kulit.

Kontraksi otot wajah secara berulang

Kontraksi otot dari ekspresi wajah yang dilakukan secara berulang, seperti tersenyum, menyipitkan mata, mengerutkan kening atau bibir, atau menggosok mata bisa meningkatkan faktor risiko penyebab keriput di wajah muncul.

Cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami

Memang, tidak ada yang senang dengan kemunculan kerutan di wajah. Sebab, munculnya keriput dapat membuat tampilan wajah tampak lebih tua dari usia seharusnya. Nah, Anda dapat menerapkan berbagai cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami yang bisa dilakukan di rumah.

Advertisements

Walaupun cara menghilangkan keriput di wajah ini tidak langsung memberikan hasil yang instan, tetapi kemunculan keriput atau kerutan dapat diminimalisir atau dikurangi. Berikut adalah cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami yang bisa dilakukan.

See also  Merawat Dan Mengatasi Kulit Kering Dengan Bahan Alami

Mencuci muka secara rutin

Mencuci muka secara rutin bisa jadi salah satu cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami. Jika menggunakan make up, sebaiknya bersihkan dulu sisa-sisa make up di wajah Anda menggunakan make up remover.

Lalu, lanjutkan dengan mencuci muka untuk mengangkat sisa make up, kotoran, dan minyak menggunakan sabun pembersih wajah yang kandungannya lembut.
Pastikan wajah Anda sudah benar-benar bersih, ya. Kemudian, keringkan wajah Anda menggunakan handuk bersih dengan cara menepuk-nepuknya perlahan.

Anda bisa mencuci muka dua kali sehari dan setelah berolahraga. Jangan terlalu sering mencuci muka karena dapat menghilangkan lapisan alami kulit yang berfungsi melindungi kulit dari kemunculan keriput.

Oleskan pelembap

Setelah mencuci muka dan melanjutkan rutinitas perawatan kulit lainnya, jangan lupa untuk mengoleskan pelembap wajah. Meski bukan cara menghilangkan kerutan di wajah secara permanen, penggunaan pelembap dapat berfungsi untuk menyamarkan kemunculan keriput dan garis-garis halus di wajah dengan mengunci kelembapan kulit. Anda perlu menggunakan pelembap secara rutin untuk mendapatkan hasil yang signifikan pada kulit.

Gunakan sunscreen

Cara mengurangi kerutan di wajah berikutnya adalah dengan rutin menggunakan sunscreen atau tabir surya, terutama saat Anda melakukan aktivitas di luar rumah.
Anda perlu menggunakan sunscreen dengan label broad spectrum dan SPF 30 pada area kulit wajah.

Sebuah hasil penelitian yang dimuat dalam Annals of Internal Medicine menemukan bahwa cara menggunakan sunscreen secara rutin dapat membantu memperlambat kemunculan tCavaners penuaan. Tak hanya itu, penggunaan tabir surya juga dapat menurunkan risiko kanker kulit

Pakai produk perawatan kulit yang tepat

Cara menghilangkan kerutan di wajah yang ampuh perlu didukung dengan penggunaan produk perawatan kulit yang tepat. Adapun beberapa kandungan produk skincare yang dapat diCavanerslkan sebagai cara menghilangkan keriput di wajah, yakni:

  • Retinoid, dapat membantu memperbaiki masalah kulit, seperti kerutan hingga kulit pigmentasi yang tidak merata. Penggunaan retinoid pertama kali dapat menimbulkan efek samping, seperti kulit kemerahan dan mengelupas. Namun, hasil yang didapat bisa terlihat signifikan setelah proses pengelupasan selesai.
  • Alpha hydroxy acid/AHA, seperti lactic acid dan glycolic acid, dapat membantu mengurangi kerutan serta tidak rentan menimbulkan iritasi.
    Antioksidan. Produk skincare mengandung antioksidan dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan memperbaiki kerutan. Kandungan antioksidan, termasuk vitamin A, C, dan E.
  • Vitamin C. Sejumlah hasil studi membuktikan bahwa vitamin C dapat meningkatkan produksi kolagen dalam melawan kerusakan kulit akibat paparan sinar UVA dan UV, memperbaiki pigmentasi, dan menyembuhkan peradangan kulit. Namun, untuk mengurangi kerutan, gunakan vitamin C dalam bentuk L-ascorbic acid.
See also  Tips Meningkatkan Kolagen dalam Tubuh agar Tetap Awet Muda

Tidur yang cukup

Kurang tidur bisa berdampak secara signifikan pada fungsi kulit sehingga menjadi penyebab kerutan di wajah muncul. Maka dari itu, orang dewasa disarankan untuk tidur selama 7-9 jam setiap harinya sebagai cara menghilangkan kerutan di wajah.
Saat tidur, tubuh akan memproduksi HGH (human growth hormone) yang dapat meningkatkan ketebalan kulit dan membuat kulit lebih elastis.

Jika Anda kurang tidur, tubuh akan meningkatkan produksi hormon kortisol, yakni jenis hormon yang dapat melepas sel-sel kulit mati. Perhatikan pula posisi tidur Anda. Posisi tidur tengkurap atau membenamkan wajah ke bantal dapat meningkatkan risiko munculnya keriput di wajah akibat gesekan yang ditimbulkan antara kulit dengan sarung bantal. Sebagai solusinya, cobalah tidur terlentang untuk mengurangi kemunculan kerutan di wajah.

Reviews

Related Articles