fbpx
Sunday, May 22, 2022

Tips Menghilangkan Kerutan di Bibir Agar Tampil Lebih Muda, Bahan Bahanya Gampang Banget

Tips Menghilangkan Kerutan di Bibir Agar Tampil Lebih Muda, Bahan Bahanya Gampang Banget
Tips Menghilangkan Kerutan di Bibir Agar Tampil Lebih Muda, Bahan Bahanya Gampang Banget 3

Menghilangkan Kerutan – Di manapun munculnya, keriput terjadi ketika kulit kehilangan kolagen. Ini adalah serat yang membuat kulit menjadi kencang sekaligus kenyal. Salah satu yang paling terlihat adalah ketika terjadi di area dengan kulit tipis di wajah. Artinya, perlu tahu bagaimana cara menghilangkan kerutan di bibir.

Memang benar bahwa keriput di bibir atau bagian kulit lain seperti dahi dan mata terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Namun, bisa jadi gaya hidup dan kebiasan menjadi pemicu munculnya keriput tanpa diundang.

Penyebab kerutan di bibir

Dari seluruh bagian wajah, mulut adalah salah satu yang paling mudah muncul kerutan. Alasannya karena area sekitar mulut sangat tipis. Artinya, sejak awal pun kandungan kolagennya memang lebih sedikit ketimbang area wajah lainnya.
Faktanya, kulit manusia memproduksi 1% lebih sedikit kolagen setiap tahunnya ketika usia sudah menginjak kepala dua.
Selain itu, penyebab lain munculnya kerutan di bibir adalah:

Advertisements

Hilangnya elastin dan GAG

Elastin dan glycosaminoglycan adalah dua hal yang berperan penting terhadap elastisitas dan kelembapan kulit. Apabila kadar keduanya berkurang, artinya telah terjadi penuaan alami atau intrinsik. Ini dapat berpengaruh terhadap munculnya keriput di sekitar mulut.

Faktor ekstrinsik

Ada faktor ekstrinsik yang meningkatkan risiko keriput prematur di sekitar mulut. Ekstrinsik berarti pengaruhnya datang dari luar. Contohnya mulai dari faktor genetik, dehidrasi, nutrisi buruk, kebiasaan merokok, stres, hingga kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet.

Cara menghilangkan kerutan di bibir secara alami

Ketika berkaca dan melihat keriput di sekitar bibir, jangan terburu-buru ke dokter. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan di rumah untuk menyamarkan keriput. Apa saja?

Tips Menghilangkan Kerutan di Bibir Dengan Minyak esensial

Beberapa jenis minyak esensial bisa meningkatkan kekencangan kulit sehingga keriput pun tersamarkan. Namun, tetap harus dicampur dengan carrier oil terlebih dahulu. Pastikan juga tidak ada reaksi alergi dengan mencobanya di bagian dalam siku beberapa hari sebelumnya.
Apabila sudah yakin, coba aplikasikan campuran minyak esensial dengan carrier oil ke area sekitar mulut dan bibir. Cara ini bisa dilakukan 2 kali sehari. Namun, jangan aplikasikan langsung ke bibir.
Jenis minyak esensial yang bisa dicoba adalah lemon, lavender, sCavanerslwood, dan frankincense. Semuanya punya khasiat berbeda-beda mulai dari regenerasi sel, sumber antioksidan, hingga anti-peradangan.

Advertisements

Minyak nabati

Bukan hanya untuk masak, minyak nabati juga bisa menjadi cara menghilangkan kerutan di bibir dengan cara melembapkannya. Untuk mencobanya, aplikasikan sedikit minyak nabati ke area yang keriput sebanyak 2 kali sehari.
Tidak seperti minyak esensial, penggunaan minyak nabati cenderung lebih aman meski diaplikasikan langsung ke bibir. Jenis minyak yang mengandung asam lemak dan baik untuk kulit adalah minyak kasturi, minyak kelapa, minyak zaitun, minyak bunga matahari, dan minyak grapeseed.

See also  7 Cara Mengatasi dan Penyebab Kulit Wajah Kering

Perawatan estetika untuk kerutan di bibir

Perawatan di rumah mungkin dapat menyamarkan kerutan di bibir. Namun, ini mungkin efektif apabila keriput belum terlalu dalam. Apabila sudah dalam, dokter akan merekomendasikan perawatan estetika seperti:

Chemical peel

Ini adalah prosedur yang paling umum digunakan untuk mengatasi tanda-tanda penuaan. Caranya adalah dengan mengangkat lapisan kulit teratas (epidermis) sehingga terlihat kulit yang lebih halus dan cerah di bawahnya. Umumnya, prosedur ini dilakukan setiap bulan untuk menjaga hasilnya.

Tips Menghilangkan Kerutan di Bibir Agar Tampil Lebih Muda, Bahan Bahanya Gampang Banget
Tips Menghilangkan Kerutan di Bibir Agar Tampil Lebih Muda, Bahan Bahanya Gampang Banget 4

Dermabrasi dan mikrodermabrasi

Baik dermabrasi dan mikrodermabrasi adalah teknik eksfoliasi untuk menyamarkan kerutan di sekitar mulut. Dari kedua prosedur itu, dermabrasi adalah yang lebih kuat karena menggunakan sikat berukuran besar untuk mengangkat lapisan kulit terluar.
Sementara prosedur mikrodermabrasi menggunakan alat dengan ujung kristal atau berlian kecil untuk mengangkat lapisan kulit teratas pula.

Microneedling

Disebut juga terapi induksi kolagen, microneedling adalah prosedur dengan menusuk kulit dengan alat dermaroller atau microneedling pen. Di dalamnya, ada jarum berukuran sangat kecil.
Prosedur ini memang terkesan membuat kulit “terluka”. Namun ketika luka sudah pulih, kulit akan menjadi jauh lebih lembut. Perlu lebih dari satu sesi dalam rentang waktu beberapa bulan untuk mendapatkan hasil terbaik.

Platelet-rich plasma

Metode injeksi platelet-rich plasma ini disebut juga dengan facial vampir. Dalam prosedur ini, platelet darah klien akan diproses dalam alat pemisah partikel (centrifuge) kemudian disuntikkan kembali ke dalam kulit.
Metode PRP ini dapat membuat kulit tampak lebih kenyal sekaligus menyamarkan keriput. Namun, waspadai risiko yang menyertai termasuk kasus penularan HIV.

Dermal fillers

Untuk jenis kerutan smile lines dan marionette lines, dokter akan merekomendasikan dermal fillers dengan metode suntik. Kandungannya adalah asam hyaluronic dan poly-L-lactic acid yang berkhasiat membuat area target jadi lebih kencang.

See also  Penjelasan Lengkap Migran Perut (abdominal migraine)

Botox

Ketika otot wajah tegang, in bisa memicu munculnya keriput. Prosedur botox bekerja dengan membuat otot lebih rileks. Bukan hanya untuk area sekitar mata, botox juga berkhasiat untuk area di atas bibir dan juga marionette lines.

Laser skin resurfacing

Untuk cara menghilangkan kerutan di bibir yang lebih kuat, bisa dengan laser skin resurfacing. Dermatologis akan menggunakan sinar berdaya tinggi untuk mengangkat lapisan kulit terluar. Prosedur ini perlu diulang setelah beberapa bulan.

Facelift

Apabila kerutan di bibir tetap ada meski telah melewati rangkaian prosedur, ada pilihan lain yaitu rhytidectomy atau facelift. Ini dilakukan apabila kerutan sangat signifikan. Prosedurnya adalah melakukan insisi, transfer lemak, dan pengangkatan otot lemak dan jaringan kulit.

Reviews

Related Articles