fbpx
Tuesday, May 24, 2022

Berbagai Cara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Bahan Alami

Berbagai Cara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Bahan Alami
Berbagai Cara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Bahan Alami 3

Cara Menghilangkan Karang Gigi – Karang gigi adalah plak pada gigi yang dibiarkan mengeras. Timbunan plak ini berasal dari sisa-sisa makanan yang tersisa di sela-sela gigi. Jika sudah menjadi karang, maka akan semakin sulit membersihkannya.

Penyebab Karang Gigi

Seperti yang sudah disinggung di atas, karang gigi berawal dari sisa-sisa makanan. Sisa makanan yang tidak dibersihkan dari gigi lama-lama akan menjadi plak. Jika plak sudah mengeras, warnanya akan berubah menjadi kekuningan dan susah untuk dibersihkan. Plak yang sudah keras inilah yang disebut karang gigi.

Keberadaannya pada mulut kita bisa membawa banyak efek yang buruk. Dari segi penampilan, misalnya, karang yang kuning dan berkerak membuat gigimu tidak enak dipCavanersng. Dan bukan hanya itu, karang ini akan membuat mulutmu berbau tak sedap. Tentunya dua hal ini akan menurunkan kepercayaan dirimu di depan orang.

Dari segi kesehatan, karang yang dibiarkan berpotensi membawa banyak penyakit yang lebih serius. Contohnya, radang gusi dan kanker mulut. Jadi, sebelum berlanjut menjadi penyakit-penyakit lain, cobalah lebih memperhatikan kesehatan gigimu dengan membersihkannya dari karang yang membandel.

Berbagai Cara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Bahan Alami
Berbagai Cara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Bahan Alami 4

Cara Alami Hilangkan Karang Gigi

Cara paling gampang untuk membersihkan gigimu dari karang adalah dengan mengunjungi dokter gigi. Akan tetapi, cara ini bukan satu-satunya. Masih ada cara alami yang bisa Cavaners praktikkan kapan saja di rumah.

Cara-cara sederhana ini, meskipun mudah, memiliki manfaat yang besar. Jadi jangan ragu untuk mencoba cara alami hilangkan karang gigi berikut ini.

Pasta gigi dari baking soda dan lemon

Campuran soda dan lemon punya manfaat yang baik untuk mengikis karang pada gigi. Cara membuatnya pun sangat mudah. Ikuti cara berikut ini:

Advertisements
See also  Penanganan dan Diagnosis Abses Gigi
  • Campurkan 1 sdm baking soda dengan perasan jeruk lemon
  • Aduk hingga rata
  • Gosokkan ke bagian gigi yang berkarang

Pasta gigi dari baking soda dan garam

Baking soda bisa dicampurkan dengan berbagai bahan lain untuk menjadi pasta gigi yang ampuh membersihkan karang. Namun, ingat, jangan terlalu sering menggosok gigi dengan baking soda. Apabila dipakai terlalu sering, baking soda bisa mengikis email gigi. Cukup satu kali dalam seminggu. Salah satu campuran terbaiknya adalah dengan garam. Bagaimana cara mencampurnya? Ikuti langkah ini:

  • Campurkan baking soda dengan garam
  • Aduk hingga mengental
  • Gunakan sebagai pasta gigi

Menyikat gigi dengan kulit jeruk

Ada dua cara memanfaatkan kulit jeruk sebagai pembersih gigi. Yang pertama, Cavaners tinggal menggosokkannya ke gigimu 2-3 kali seminggu. Cara yang kedua adalah dengan menjadikannya pasta. Kamu bisa mengikuti langkah di bawah ini:

  • Blender kulit jeruk hingga halus
  • Campurkan dengan sedikit air
  • Aduk hingga rata
  • Gosokkan ke gigimu selama 2-3 menit

Mengunyah biji wijen

Selain kaya akan protein, mengunyah biji wijen juga bisa menjadi cara menghilangkan karang gigi yang ampuh. Caranya pun sangat mudah. Kamu hanya tinggal mengunyahnya hingga halus. Jangan langsung menelannya. Ambil sikat gigimu dan sikatlah biji wijen yang sudah halus tadi ke seluruh gigimu.

Pasta gigi dari lidah buaya

Lidah buaya bukan hanya bagus untuk kulit. Tanaman ini juga memiliki khasiat yang baik untuk menjaga warna putih pada gigimu. Cara penggunaannya adalah dengan dijadikan pasta gigi. Ini cara pembuatannya:

  • Haluskan lidah buaya
  • Campur dengan perasan air jeruk lemon
  • Sikatkan ke gigi secara teratur 3-4 kali seminggu

Reviews

Related Articles