fbpx
Friday, May 20, 2022

Berbagai Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat, Dari Bahan Alami Hingga Tindakan Medis

Berbagai Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat, Dari Bahan Alami Hingga Tindakan Medis
Berbagai Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat, Dari Bahan Alami Hingga Tindakan Medis 2

Cavana Skin – Ketika jerawat sudah hilang bukan berarti masalah kulit ini selesai begitu saja. Bekas jerawat yang cukup dalam pada kulit atau bopeng bisa saja muncul dan mengganggu penampilan.

Untungnya, ada beragam cara menghilangkan bopeng bekas jerawat di wajah yang bisa dilakukan.

Bopeng sebenarnya merupakan salah satu jenis bekas luka yang terjadi karena lapisan kulit bagian dalam (dermis) telah mengalami kerusakan. Alhasil, tekstur kulit menjadi cekung menyerupai lubang karena tertarik ke dalam. Bopeng bekas jerawat biasanya disebabkan oleh kemunculan jerawat meradang, seperti jerawat papula, pustula, atau kista (cyst), hingga kebiasaan memencet jerawat.

Advertisements

Keberadaan bopeng bekas jerawat tentu dapat mengganggu penampilan. Maka tak heran bila banyak orang mencari cara menghilangkan bopeng di wajah yang ampuh dilakukan.

Cara menghilangkan bopeng dengan bahan alami

Ada banyak cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang bisa dicoba. Salah satunya adalah menggunakan bahan-bahan pencerah alami seperti pepaya, lemon, tomat, yogurt, dan kentang.

Cara menghilangkan bopeng di wajah dengan krim

Salah satu cara menghilangkan bopeng di wajah bisa melalui penggunaan krim khusus bopeng.

Walaupun tidak dapat menghilangkan cekungan bopeng dengan sempurna, penggunaan krim bekas bopeng dapat mengurangi tampilan bekas jerawat dan merawat kulit agar dapat mulus kembali.

Advertisements

Berikut adalah beberapa kandungan krim penghilang bopeng bekas jerawat yang bisa Anda temui di apotek terdekat atau melalui resep dari dokter.

Asam salisilat

Asam salisilat merupakan kandungan bahan aktif yang kerap ditemui dalam sejumlah produk pengobatan jerawat. Anda bisa menemukannya dalam sejumlah obat totol jerawat hingga sabun cuci muka.

Kandungan ini dapat mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada kulit sekaligus membersihkan kotoran dan sel-sel kulit mati dari pori-pori.

See also  Dampak Buruk Penggunaan Skincare Abal-Abal

Produk perawatan kulit mengandung asam salisilat cocok digunakan untuk mengurangi tampilan semua jenis bekas jerawat.
Meski begitu, kandungan ini dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi. Jadi, bagi pemilik kulit sensitif sebaiknya perlu berhati-hati. Bila perlu, lakukan tes pada kulit dulu sebelum menggunakannya.

Retinoid

Krim mengandung retinoid bisa menjadi pilihan kandungan untuk menghilangkan bopeng di wajah yang efektif.

Berdasarkan hasil studi yang dimuat dalam jurnal Dermatology and Therapy, krim yang umum diresepkan oleh dokter kulit ini bekerja dengan cara mempercepat regenerasi sel, memperbaiki tekstur kulit, dan mengurangi perubahan warna kulit.

Kendati demikian, retinoid dapat membuat kulit Anda sensitif terhadap paparan sinar matahari. Untuk itu, Anda disarankan untuk mengoleskan sunscreen atau tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan jika sedang rutin menggunakan krim retinoid.

Asam alfa hidroksi (AHA)

Asam alfa hidroksi (AHA) juga kerap ditemukan dalam sejumlah produk perawatan kulit untuk menghilangkan bekas jerawat. Hal ini bukan tanpa alasan karena kandungan ini dapat menyingkirkan sel-sel kulit mati dan mencegah penyumbatan pori-pori.

Tak hanya itu, fungsi AHA dapat mengurangi tampilan bekas jerawat yang membandel. AHA pun dapat mengeksfoliasi lapisan kulit paling atas untuk menghilangkan kulit kasar dan warna kulit tidak merata.

Asam laktat

Selain AHA, asam laktat atau lactic acid juga sering kali ditemui pada produk krim penghilang jerawat.

Kandungan ini bekerja dengan cara mengikis lapisan sel kulit mati pada kulit guna mengurangi tampilan bopeng bekas jerawat dan memperbaiki tekstur kulit.

Advertisements

Sayangnya, asam laktat dapat menyebabkan hiperpigmentasi kulit, yakni kulit terlihat berwarna lebih gelap.
Oleh karena itu, Anda disarankan untuk melakukan tes pada kulit terlebih dulu sebelum menggunakannya pada wajah.

See also  Berbagai Tips Mengecilkan Payudara Besar, Aman Dan Cepat Tanpa Resiko

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat melalui tindakan medis

Jika bekas jerawat bopeng tidak juga hilang walaupun sudah mencoba krim penghilang bopeng, mungkin Anda dapat mempertimbangkan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit.

Dermabrasi

Dermabrasi merupakan salah satu cara menghilangkan bopeng bekas jerawat yang umum direkomendasikan dokter.

Prosedur ini dilakukan menggunakan alat khusus berupa kawat kecil halus yang berputar untuk mengelupas lapisan atas kulit lebih dalam.
Dermabrasi ampuh digunakan untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat yang lekukannya tidak terlalu dalam hingga bekas jerawat yang membuat tekstur kulit seperti berombak atau berlubang.

Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi hampir mirip dengan dermabrasi. Jika pada prosedur dermabrasi, dokter menggunakan sikat khusus untuk memicu pengelupasan kulit, mikrodermabrasi adalah prosedur pengangkatan sel kulit mati menggunakan kristal-kristal halus dan vakum khusus.

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat ini diyakini cukup efektif pada bopeng bekas jerawat yang permukaannya tidak terlalu luas.

Tips mencegah munculnya bopeng bekas jerawat

Segera obati jerawat saat baru muncul

Salah satu tips mencegah kemunculan bopeng bekas jerawat adalah dengan mengobati jerawat sesegera mungkin saat baru muncul.
Mengobati jerawat segera setelah muncul bisa meminimalisir iritasi, peradangan, serta tingkat keparahannya. Dengan demikian, risiko munculnya bopeng bekas jerawat setelah pun dapat berkurang.

Hindari memperparah kondisi jerawat

Jerawat yang berukuran besar, merah, dan meradang akan lebih mungkin menimbulkan bopeng bekas jerawat dibandingkan dengan jenis jerawat lainnya.

Advertisements

Maka dari itu, jangan lakukan hal-hal yang bisa membuat jerawat meradang, seperti menggunakan produk dengan scrub secara berlebihan dan pemakaian produk skincare dengan kandungan keras.

Jangan menyentuh atau memecahkan jerawat

Menyentuh, memencet, atau memecahkan jerawat bisa memperparah kondisi kulit Anda. Saat jerawat dipecahkan, kotoran yang terdapat di permukaan kulit akan masuk ke lapisan kulit yang lebih dalam sehingga memperburuk peradangan.

See also  Mengobati Bisul Yang Tumbuh Di Ketiak ? Hemm Begini Caranya

Alhasil, butuh lebih lama bagi kulit yang rusak tersebut untuk dapat pulih sepenuhnya sehingga bekas jerawat bisa muncul.
Jika Anda tak sengaja memecahkan jerawat, lakukan penanganan yang tepat untuk meminimalisir terjadinya kerusakan kulit.

Jangan mengelupas jerawat yang sudah kering

Jerawat yang sudah pecah akan mengering dengan sendirinya. Saat fase ini, Anda mungkin tergoda untuk menghilangkan lapisan kering yang melapisi bekas jerawat.

Namun ingat, jangan lakukan hal ini karena akan mengganggu proses penyembuhan jerawat

Reviews

Related Articles