fbpx
Sunday, June 26, 2022

If you visit our website outside our country, please use the translate button in the top menu

Berbagai Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat, Dari Bahan Alami Hingga Tindakan Medis

Berbagai Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat, Dari Bahan Alami Hingga Tindakan Medis
Berbagai Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat, Dari Bahan Alami Hingga Tindakan Medis 2

Berbagai Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat – Cavaners, ketika jerawat sudah hilang bukan berarti masalah kulit ini selesai begitu saja. Bekas jerawat yang cukup dalam pada kulit atau bopeng bisa saja muncul dan mengganggu penampilan.

Advertisements

Untungnya, ada beragam cara menghilangkan bopeng bekas jerawat di wajah yang bisa Cavaners dilakukan. Bopeng sebenarnya merupakan salah satu jenis bekas luka yang terjadi karena lapisan kulit bagian dalam (dermis) telah mengalami kerusakan.

Alhasil, tekstur kulit menjadi cekung menyerupai lubang karena tertarik ke dalam. Bopeng bekas jerawat biasanya disebabkan oleh kemunculan jerawat meradang, seperti jerawat papula, pustula, atau kista (cyst), hingga kebiasaan memencet jerawat.

Cavaners, keberadaan bopeng bekas jerawat tentu dapat mengganggu penampilan. Maka tak heran bila banyak orang mencari cara menghilangkan bopeng di wajah yang ampuh dilakukan.

Cara menghilangkan bopeng dengan bahan alami

Ada banyak cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang bisa Cavaners coba. Salah satunya menggunakan bahan-bahan pencerah alami seperti pepaya, lemon, tomat, yogurt, dan kentang.

Advertisements

Cara menghilangkan bopeng di wajah dengan krim

Salah satu cara menghilangkan bopeng di wajah bisa dengan menggunakan krim khusus melawan penyakit cacar.

Meski tidak bisa menghilangkan bopeng sepenuhnya, namun menggunakan krim bopeng bisa mengurangi munculnya bekas jerawat dan membuat kulit Cavaners mulus kembali.

Berikut adalah beberapa krim penghilang bekas luka jerawat yang dapat Cavaners temukan di apotek setempat atau dengan resep dokter.

Asam salisilat

Asam salisilat adalah bahan aktif yang biasa ditemukan di sejumlah produk perawatan jerawat. Cavaners menemukannya dalam berbagai pencuci wajah jerawat.

Bahan ini dapat mengurangi bengkak dan kemerahan pada kulit dengan cara membersihkan kotoran dan sel-sel mati di pori-pori.

Advertisements
See also  Tips Mengatasi Jerawat Meradang Dengan Bahan Alami , AMPUUH!!!

Produk perawatan kulit yang mengandung asam salisilat bermanfaat untuk mengurangi munculnya semua jenis bekas jerawat, namun bahan ini dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi pada kulit. Jadi jika Cavaners memiliki kulit sensitif, berhati-hatilah. Jika perlu, lakukan tes kulit sebelum digunakan.

Retinoid

Krim yang mengandung retinoid bisa menjadi pengobatan yang efektif untuk bopeng wajah.

Sering diresepkan oleh dokter kulit, krim ini mendorong regenerasi sel, memperbaiki tekstur kulit dan mengurangi perubahan warna kulit, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Dermatology and Therapy.

Namun, retinoid dapat membuat kulit Cavaners sensitif terhadap paparan sinar matahari. Untuk melakukan ini, disarankan untuk mengoleskan tabir surya atau tabir surya sebelum aktivitas di luar ruangan jika Cavaners secara teratur menggunakan krim retinoid.

Asam Alfa Hidroksi

Alpha Hydroxy Acids (AHAs) juga biasa ditemukan di sejumlah produk perawatan kulit untuk bekas jerawat. Ini bukan kebetulan karena bahan ini dapat mengangkat sel kulit mati dan mencegah pori-pori tersumbat.

Advertisements

Selain itu, fungsi AHA dapat mengurangi munculnya bekas jerawat yang membandel. AHA juga dapat mengelupas lapisan atas kulit untuk menghilangkan kulit kasar dan warna kulit yang tidak merata.

Asam laktat

Selain AHA, asam laktat atau lactic acid juga banyak ditemukan pada produk krim jerawat. Bahan ini menghilangkan lapisan sel kulit mati untuk mengurangi munculnya bekas jerawat dan memperbaiki tekstur kulit.

Sayangnya, asam laktat dapat menyebabkan hiperpigmentasi kulit, yang berarti kulit terlihat lebih gelap. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan tes kulit terlebih dahulu sebelum menggunakannya pada wajah ya Cavaners.

Advertisements

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan perawatan medis

Jika bekas jerawat bopeng Cavaners tidak hilang bahkan setelah mencoba krim penghilang bopeng, Cavaners mungkin perlu menemui dokter kulit.

See also  10 Tips Jitu Menghilangkan Jerawat Secara Alami Dan Aman, Caranya Gampang Banget

Dermabrasi

Dermabrasi adalah cara menghilangkan bekas jerawat yang biasanya dianjurkan oleh dokter.

Prosedur ini dilakukan dengan menggunakan alat khusus berupa kawat tipis tipis yang berputar untuk pengelupasan lapisan atas kulit lebih dalam. Dermabrasi digunakan untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat yang tidak terlalu dalam untuk bekas jerawat yang membuat tekstur kulit bergelombang atau berongga.

Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi mirip dengan dermabrasi. Sedangkan dalam dermabrasi dokter memulai pengelupasan dengan sikat khusus, mikrodermabrasi adalah prosedur untuk mengangkat sel-sel kulit mati dengan kristal halus dan vakum khusus.

Cara menghilangkan bekas jerawat ini dikatakan sangat efektif untuk bekas jerawat yang tidak terlalu lebar.

Tips mengatasi bopeng bekas jerawat

Atasi jerawat segera setelah timbul

Salah satu tips untuk mencegah bekas jerawat adalah dengan mengobati jerawat sesegera mungkin saat muncul. Mengobati jerawat segera setelah terjadi dapat meminimalkan iritasi, peradangan, dan keparahan. Dengan demikian, risiko bopeng bekas jerawat bisa berkurang setelahnya.

Hindari memperparah jerawat

Jerawat yang besar, merah, dan meradang lebih cenderung menimbulkan bekas jerawat dibandingkan jenis jerawat lainnya. Jadi jangan lakukan hal-hal yang bisa menyebabkan jerawat menjadi meradang, seperti produk yang terkelupas secara berlebihan atau produk perawatan kulit dengan bahan yang keras.

Advertisements

Jangan menyentuh atau memencet jerawat

Menyentuh, meremas, atau meremas jerawat dapat memperburuk kulit. Saat jerawat hilang, kotoran dari permukaan kulit menembus ke lapisan kulit yang lebih dalam, memperburuk peradangan.

Akibatnya, kulit yang rusak membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih sepenuhnya, yang dapat menyebabkan bekas jerawat. Jika Cavaners secara tidak sengaja memencet jerawat, rawatlah dengan baik untuk meminimalkan kerusakan kulit.

Jangan mengelupas jerawat kering

Jerawat yang pecah akan mengering dengan sendirinya. Pada tahap ini, Cavaners mungkin tergoda untuk menghilangkan lapisan kering yang menutupi jerawat. Tapi ingat, jangan lakukan ini karena akan mengganggu proses penyembuhan jerawat.

See also  Pengin Menghilangkan Jerawat Secara Alami ? Ikuti caranya, Mudah banget !!!

SUMBER:

  • cara menghilangkan bopeng bekas jerawat secara alami dalam 1 minggu
  • skincare untuk menghilangkan bopeng
  • cara menghilangkan bopeng dalam waktu 2 hari
  • cara menghilangkan bopeng bekas jerawat secara cepat
  • cara menghilangkan bopeng di pipi
  • cara menghilangkan bopeng secara alami
  • produk menghilangkan bopeng bekas jerawat
  • cara menghilangkan bopeng dengan cepat dalam 1 hari
Advertisements
spot_img

Reviews

Related Articles