fbpx
Tuesday, May 24, 2022

Cara Menghilangkan Bintik Putih di Bawah Mata secara Medis

Cara Menghilangkan Bintik Putih di Bawah Mata secara Medis
Cara Menghilangkan Bintik Putih di Bawah Mata secara Medis 3

Menghilangkan Bintik Putih – Bintik atau benjolan kecil berwarna putih di bawah mata dalam istilah medis disebut milium. Sedangkan milium yang berkembang menjadi banyak dikenal dengan istilah milia. Tak hanya di bawah mata, milia juga bisa tumbuh di sekitar hidung, kelopak mata, dan pipi.

Milia bisa dialami oleh siapa saja, tetapi paling sering dialami oleh bayi yang baru lahir. Bayi yang mengalami milia umumnya tidak memerlukan penanganan medis dan akan hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa minggu atau bulan.

Akan tetapi, milia yang terjadi pada anak-anak atau dewasa dan tidak kunjung hilang memerlukan penanganan khusus dari dokter.

Cara Menghilangkan Bintik Putih di Bawah Mata secara Medis

Sebelum menentukan tindakan penanganan, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan untuk memastikan bahwa bintik putih yang muncul adalah milia. Setelah diagnosis telah dipastikan, penanganan umumnya dilakukan melalui pemberian obat-obatan oleh dokter. Jenis obat yang diberikan adalah:

Retinoid topikal

Retinoid topikal adalah salah satu obat oles berupa krim, losion, atau gel yang diresepkan dokter untuk mengatasi bintik putih di bawah mata. Cara kerja obat ini adalah dengan membuang sel kulit mati di kulit dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

Retinoid topikal juga dapat mengurangi penumpukan keratin yang memicu munculnya bintik putih. Selain dapat menghilangkan milia, retinoid juga efektif untuk mengatasi komedo.

Hindari penggunaan retinoid secara berlebihan dan dalam jangka panjang, karena dapat menyebabkan iritasi dan pengelupasan pada area kulit yang diolesi obat. Obat ini juga tidak disarankan untuk digunakan oleh ibu hamil. Oleh karena itu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakannya.

Advertisements

Deroofing

Deroofing adalah prosedur yang dilakukan dengan membuat lubang kecil di permukaan kulit menggunakan pisau bedah bernama lancet. Selanjutnya, keratin yang membentuk milia secara perlahan didorong keluar dengan jari-jari atau jarum yang disebut ekstraktor komedo.

See also  Terong Untuk Diet, Apa Bisa ?

Meski cara ini dapat dilakukan secara mandiri, namun Anda tidak dianjurkan untuk melakukan deroofing sendiri karena dapat menyebabkan luka dan kerusakan pada kulit.

Cara Menghilangkan Bintik Putih di Bawah Mata secara Medis
Cara Menghilangkan Bintik Putih di Bawah Mata secara Medis 4

Dermabrasi

Dermabrasi adalah prosedur yang dilakukan dengan mengangkat lapisan kulit mati menggunakan laser. Prosedur ini umumnya dilakukan untuk menangani jaringan parut pada wajah.

Selain itu, dermabrasi juga dilakukan untuk mengatasi keriput, gangguan kulit akibat paparan sinar matahari, dan gangguan pigmentasi.

Peeling

Peeling dilakukan dengan cara mengoleskan satu atau lebih jenis cairan kimia untuk mengelupas sel-sel kulit yang rusak, sehingga dapat merangsang terbentuknya sel-sel kulit yang baru. Prosedur ini biasanya dilakukan lebih dari sekali dengan jeda 3–6 bulan setiap prosedurnya.

Ablasi laser

Ablasi laser adalah prosedur untuk menghilangkan bintik putih menggunakan sinar laser. Baik dermabrasi, peeling, maupun ablasi laser harus dilakukan oleh dokter kulit. Hal ini untuk mencegah timbulnya kerusakan kulit yang semakin parah.

Diathermy

Diathermy adalah prosedur yang bertujuan untuk menghancurkan milia atau bintik putih menggunakan arus listrik berfrekuensi tinggi serta merangsang terbentuknya sel-sel kulit baru.

Krioterapi

Krioterapi adalah prosedur medis untuk mengatasi bintik putih melalui penggunaan cairan khusus. Prosedur ini juga dapat digunakan untuk menangani berbagai jenis tumor, baik tumor jinak, prakanker, atau kanker ganas.

Kuretase

Kuretase adalah prosedur medis berupa pengikisan atau kauterisasi pada lapisan sel kulit mati. Prosedur ini dilakukan dengan cara membakar jaringan kulit menggunakan listrik guna menghilangkan milia.

Reviews

Related Articles