fbpx
Tuesday, May 24, 2022

Tips Menghilangkan Bintik-Bintik Coklat Pada Kulit

Tips Menghilangkan Bintik-Bintik Coklat Pada Kulit
Tips Menghilangkan Bintik-Bintik Coklat Pada Kulit 2

Menghilangkan Bintik-Bintik Coklat Pada Kulit – Bintik-bintik cokelat atau freckles di kulit biasanya ditemukan di bagian wajah dan tangan sehingga mudah dilihat dan membuat orang tidak percaya diri. Bintik cokelat ini sebenarnya adalah sel kulit (melanosit) yang mengandung pigmen melanin dalam jumlah lebih banyak.


Ada yang memiliki bintik cokelat ini sejak lahir karena keturunan, tapi kebanyakan orang memilikinya akibat paparan sinar matahari yang berlebihan. Hal ini karena paparan sinar matahari secara terus-menerus akan memicu produksi pigmen melanin lebih banyak sebagai respons terhadap sinar UV.

Berikut Tips Menghilangkan Bintik Cokelat di Kulit

Langkah terpenting adalah menghindari paparan sinar matahari langsung, sehingga bintik cokelat di kulit tidak bertambah banyak. Gunakan topi, baju lengan panjang, atau payung ketika matahari sedang terik. Jika kulitmu cukup terang, Cavaners mungkin butuh perlindungan ekstra karena peluang terbentuknya bintik cokelat akan lebih besar.

Kamu bisa menggunakan tabir surya dengan SPF 15 atau 30. Oleskan tabir surya kurang lebih 15 menit sebelum keluar rumah, dan oleskan kembali setelah berkeringat atau berenang, atau tiap 2 jam sekali.

Dalam sebagian kasus, bintik cokelat di kulit lama-kelamaan dapat hilang dengan sendirinya. Namun, jika Cavaners ingin menghilangkan bintik cokelat dengan cepat, terutama pada kulit wajah, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Chemical peeling

Chemical peeling bisa menjadi pilihan prosedur untuk menghilangkan bintik cokelat di kulit. Prosedur ini menggunakan asam glikolat atau asam trikloroasetat yang bermanfaat untuk mengelupaskan kulit dan memicu pembentukan sel kulit baru, sehingga bintik cokelat memudar.

Namun, chemical peeling juga bisa menimbulkan efek samping, seperti kulit terasa tersengat, kemerahan, bengkak, dan mengeras. Selama masa penyembuhan kulit setelah peeling, Cavaners perlu rajin mengompres wajah dengan air bersih bersuhu sejuk dan mengoleskan salep atau krim yang diberikan dokter.

Advertisements
See also  Kenali Ciri Ciri Terkena Sipilis Untuk Mendapat Pengobatan yang Tepat

Krim retinoid

Krim retinoid terbuat dari senyawa vitamin A. Krim ini dapat memperbaiki kulit yang rusak karena sinar matahari, mencerahkan bintik cokelat, serta membantu mencegahnya datang lagi.

Meski demikian, krim ini juga bisa menimbulkan beberapa efek samping, seperti kulit mengelupas, iritasi, kulit kering, kulit kemerahan, dan kulit sensitif.

Krim pemutih

Obat oles dalam bentuk krim yang mengandung hidrokuinon dapat menekan produksi pigmen melanin sehingga bisa mencerahkan kulit dan memudarkan bintik-bintik cokelat di kulit.

Sama seperti prosedur lainnya, krim ini dapat menyebabkan efek samping, seperti warna kulit yang tidak rata, peradangan, kulit melepuh, kering, dan terbakar. Maka dari itu, Cavaners tidak boleh sembarangan dalam menggunakannya.

Perawatan laser

Perawatan laser dilakukan dengan menggunakan gelombang cahaya terfokus untuk memudarkan bintik-bintik cokelat. Namun, untuk mencapai hasil yang memuaskan, perawatan ini biasanya memerlukan lebih dari satu kali sesi, dan setiap sesinya butuh waktu pemulihan sekitar 2 minggu.

Perawatan laser umumnya aman untuk dilakukan. Walaupun aman, perawatan ini tetap dapat membawa efek samping, seperti infeksi, kulit merah, bengkak, rasa gatal, kulit mengelupas, dan perubahan warna kulit.

Cryosurgery

Cryosurgery juga salah satu prosedur yang bisa membantu menghilangkan bintik-bintik cokelat di kulit. Prosedur ini dilakukan menggunakan nitrogen cair yang sangat dingin untuk menghancurkan sel-sel kulit yang mengandung pigmen melanin berlebih.

Cryosurgery biasanya aman untuk dilakukan dan prosedurnya tidak memerlukan obat bius. Kendati demikian, cryosurgery juga masih bisa mendatangkan efek samping berupa perdarahan, hipopigmentasi, atau kulit melepuh.

Selain beragam prosedur di atas, Cavaners juga bisa mencoba bahan-bahan alami untuk memudarkan bintik cokelat di kulit.

Walau efektivitasnya memang belum terbukti secara medis, beberapa bahan alami, seperti madu, perasan lemon, yogurt, dan bawang, dipercaya dapat menghilangkan bintik cokelat pada kulit. Namun, jika kulit mengalami iritasi, segera hentikan pemakaiannya, ya. [Menghilangkan Bintik-Bintik Coklat Pada Kulit]

Reviews

Related Articles