fbpx
Tuesday, May 24, 2022

Tips Mengencangkan Kelopak Mata Atas,Bikin Kamu Terlihat Lebih WOW

Tips Mengencangkan Kelopak Mata Atas,Bikin Kamu Terlihat Lebih WOW
Tips Mengencangkan Kelopak Mata Atas,Bikin Kamu Terlihat Lebih WOW 3

Tips Mengencangkan Kelopak Mata Atas – Mungkin sebagain orang lebih suka dengan memiliki kelopak mata yang kencang sebab bagi mereka akan terlihat lebih cantik dan menarik, Mungkin salah satunya Cavaners 🙂 nah pada postingan kali ini kita akan membahas secara detail cara memngencangkan kelopak mata bagian atas yang tentunya Cavana Skin harap akan bermanfaat untuk cavaners

Mengapa kelopak mata atas mengendur?

  • Mengendur atau turunnya kelopak mata bagian atas bisa terjadi karena berbagai hal. Bahkan, ada juga individu yang terlahir dalam kondisi seperti ini. Selain itu, beberapa penyebab lainnya adalah:
  • Cedera pada otot atau ligamen kelopak mata
  • Masalah pada saraf yang mengendalikan kelopak mata
  • Penuaan sehingga kulit, otot, dan tendon jadi lebih lemah
  • Penggunaan lensa kontak tidak tepat
  • Mengucek mata berlebihan
  • Komplikasi dalam operasi mata
  • Pemberian Botox yang melumpuhkan otot di alis atau kelopak

Selain beberapa hal di atas, ada pula kondisi medis yang menyebabkan kulit tipis di area mata ini menjadi turun. Mulai dari tumor, sindrom Horner, glaukoma, trauma, diabetes, kondisi autoimun, stroke, dan masalah saraf.

Sebagai informasi, kelopak mata bagian atas terhubung dengan sebuah otot yang menahannya agar tetap di tempat. Otot ini pula yang memberi kemampuan kelopak mata bergerak ke atas dan bawah. Ada pula bantuan otot yang lebih kecil dalam menjalankan tugas ini.

Selain itu, otot di bawah alis juga membantu mengangkat kelopak mata dari atas. Apabila ketiga otot ini mengalami kerusakan atau lemah, maka kulit mata bagian atas bisa tampak turun atau kendur.

Cara mengencangkan kelopak mata atas

Alternatif cara mengencangkan kelopak mata atas bisa beragam bisa lewat prosedur operasi atau bukan. Berikut beberapa opsinya:

See also  Beragam Manfaat Jojoba Oil Untuk Kecantikan Kulit Wajah

Latihan kelopak mata

Latihan bisa dimulai dengan membersihkan serta memijat perlahan kelopak mata. Tujuannya agar sirkulasi darah dan respons saraf lebih baik. Kemudian, berikan stimulasi pada otot kelopak mata selama beberapa menit setiap harinya.
Memang tidak ada studi ilmiah yang menguji efektivitas dari latihan kelopak mata. Namun, aktif menggunakan otot mata akan mencegahnya menjadi lemah.

Latihan resistansi

Menurut National Stroke Association, melatih kekuatan otot kelopak mata setiap jam dapat membuatnya lebih kencang. Caranya bisa dengan mengangkat kedua alis, meletakkan jari di bawahnya, kemudian tahan selama beberapa detik sembari menutup mata.

Advertisements

Cara ini memberikan resistansi serupa seperti angkat beban. Selain itu, gerakan mata memutar atau berkedip dengan cepat juga bisa membantu melatih otot kelopak mata.

Yoga untuk mata

Ada latihan yoga bernama Trataka yang populer dari pendekatan Ayurveda. Untuk melakukannya adalah melihat objek spesifik tanpa mengubah arah pCavanersngan selama mungkin. Dengan demikian, otot-otot sekitar mata akan turut bekerja.

Tips Mengencangkan Kelopak Mata Atas,Bikin Kamu Terlihat Lebih WOW
Tips Mengencangkan Kelopak Mata Atas,Bikin Kamu Terlihat Lebih WOW 4

Menutup mata

Apabila hanya satu kelopak mata yang turun, berikan stimulasi sebanyak mungkin. Caranya bisa dengan menutup atau menggunakan eye patch pada bagian mata yang normal. Dengan demikian, tanpa disadari aktivitas normal sepanjang hari akan melatih kelopak mata.

Tak kalah penting, ketika salah satu sisi wajah atau kelopak mata tiba-tiba turun tanpa gejala apapun, segera cari bantuan medis. Ini bisa menjadi indikasi terjadinya stroke.

Obat tetes mata

Apabila kelopak mata turun terjadi sebagai efek samping dari suntik Botox, suntik mata lopidine bisa jadi pilihan. Ini membantu proses pemulihan pasca-pemberian Botox karena stimulasi kelopak mata agar berkontraksi lebih cepat. Mekanismenya serupa dengan latihan kelopak mata.

See also  Ini 4 Masker Bahan Alami Terbaik Atasi Komedo, Apa Saja ??

Operasi plastik

Jenis operasi plastik populer sebagai cara mengencangkan kelopak mata atas adalah blepharoplasty. Prosedur ini merupakan salah satu prosedur estetik yang paling sering dilakukan.

Pemasangan penopang

Disebut juga dengan ptosis crutch, ini adalah prosedur pemasangan penopang (crutch) di kelopak mata. Tujuannya adalah agar kelopak mata kembali kencang tanpa operasi. Umumnya, ini diterapkan pada kondisi ptosis yang cukup parah.

Operasi otot

Berbeda dengan operasi plastik, ada pula prosedur operasi fungsional pada kasus lebih ringan. Intinya adalah membuat otot kelopak mata utama menjadi lebih pendek. Sementara pada kasus lebih parah, mungkin juga dilakukan operasi untuk mengangkat alis sehingga kelopak mata lebih kencang.

Kondisi menurunnya kelopak mata atas cukup umum dan jarang menimbulkan dampak signifikan pada kesehatan. Bahkan, terkadang tidak terdeteksi tanpa mengganggu aktivitas sehari-hari. Penyebab paling umum terjadinya blepharoptosis adalah penuaan.

Namun ketika kondisi ini sudah sampai mengganggu penglihatan, ada cara mengencangkan kelopak mata atas lewat medis. Salah satu yang paling populer adalah blepharoplasty yaitu operasi plastik untuk mengembalikan kondisi kelopak mata seperti semula.

Reviews

Related Articles