fbpx
Tuesday, May 24, 2022

5 Tips Mengatasi Rambut Rontok Pada Anak Balita Dengan Bahan Alami

5 Tips Mengatasi Rambut Rontok Pada Anak Balita Dengan Bahan Alami
5 Tips Mengatasi Rambut Rontok Pada Anak Balita Dengan Bahan Alami 2

Tips Mengatasi Rambut Rontok Pada Anak Balita – Bukan hanya terjadi pada orang dewasa saja, rambut rontok juga umum dialami oleh balita. Penanganannya akan disesuaikan dengan penyebab, dan usia anak sendiri. Merupakan hal yang wajar jika rambut mengalami kerontokan sebanyak 50-100 helai per hari. Namun, jika sampai terjadi penipisan rambut hingga kebotakan, ibu perlu mencari langkah tepat untuk mengatasi rambut rontok.

Berikut Tips Mengatasi Rambut Rontok Pada Anak Balita

Rambut rontok pada balita umumnya disebabkan oleh kekurangan sejumlah nutrisi penting dalam tubuh, seperti zat besi, seng, niasin, biotin, protein dan asam amino. Meski kasusnya terbilang wajar, ibu dapat menggunakan beberapa bahan alami berikut ini untuk mengalami masalah kerontokan rambut pada anak:

Aloe Vera

Lidah buaya menjadi salah satu bahan alami untuk mengatasi rambut rontok. Bahan alami ini bekerja dengan menenangkan kulit kepala yang rusak. Selain itu, lidah buaya akan menciptakan kulit kepala sehat, yang dapat menunjang pertumbuhan sel-sel rambut baru. Lidah buaya dapat membantu membersihkan minyak berlebih di kulit kepala yang menyumbat folikel rambut, sehingga rambut bisa tumbuh dengan sehat.

Ginseng Merah

Bahan alami untuk mengatasi rambut rontok selanjutnya adalah ginseng merah. Bahan alami ini bekerja dengan menyehatkan sel-sel kulit kepala, yang dapat memperkuat folikel dan akar rambut. Bukan hanya mendorong pertumbuhan helai baru saja, jika digunakan secara rutin, ginseng merah mampu mencegah penipisan dan kerusakan rambut.

Aromaterapi

Cara mengatasi rambut rontok pada anak selanjutnya dapat dilakukan dengan aromaterapi. Perawatan aromaterapi dapat dilakukan dengan pijatan di kulit kepala dengan campuran minyak esensial thyme, rosemary, lavender, dan cedarwood. Setelah melakukan pijatan, diamkan dulu beberapa saat hingga minyak meresap, kemudian bersihkan.

See also  Beragam Manfaat Masker Putih Telur Untuk Kesehatan Kulit Wajah

Jus Bawang Putih

Langkah sederhana selanjutnya dapat dilakukan dengan mengaplikasikan jus bawang putih ke bagian kepala yang mengalami kerontokan rambut. Dengan begitu, proses pertumbuhan rambut pun dapat meningkat. Bahan alami ini mengandung belerang yang dapat meningkatkan sirkulasi darah, membantu produksi kolagen, serta bersifat antibakteri yang dapat mengatasi masalah pada kulit kepala.

Minyak Kelapa

Bahan alami untuk mengatasi rambut rontok yang terakhir adalah minyak kelapa. Minyak ini memiliki kemampuan yang sangat baik untuk melembapkan kulit kepala. Salah satu alasan rambut rontok pada anak adalah kulit kepala yang kering atau rusak. Nah, penggunaan minyak kepala dapat mengembalikan folikel rambut menjadi sehat. Untuk mendapatkan manfaatnya, ibu dapat memijat kulit kepala anak menggunakan minyak kelapa selama 10 menit. Diamkan beberapa saat, lalu bilas.

Advertisements

Bukan hanya orang dewasa saja, rambut rontok pada anak juga dapat membuat mereka stres. Ia juga rentan menjadi bahan olok-olokan di sekolah, hingga merasa berbeda dengan anak lainnya. Oleh karena itu, ibu disarankan untuk mengambil langkah tepat, tentunya dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti yang telah disebutkan.

Reviews

Related Articles