fbpx
Sunday, May 22, 2022

Beragam Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Bahan Alami

Beragam Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Bahan Alami
Beragam Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Bahan Alami 2

cavanaskin.com – Rambut adalah mahkota, sangat normal jika Cavaners ingin merawat rambut jika terjadi masalah. Rambut rontok adalah salah satu masalah kesehatan rambut yang umum terjadi. Kondisi ini bisa membuat seseorang merasa terganggu dan khawatir akan kebotakan.

Ada beberapa alasan terjadinya rambut rontok. Bisa jadi kekurangan nutrisi vitamin D, ketidakseimbangan hormon, masalah tiroid, dan masalah lainnya yang belum diketahui. Pada seseorang yang sibuk, stres juga bisa menyebabkan rambut rontok. Itulah pentingnya merawat mahkotamu. Lantas, bagaimana cara merawat rambut rontok?

  1. Pastikan untuk mendapatkan nutrisi penting dalam pola makan yang sehat. Nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut yaitu vitamin dan mineral yang berasal dari buah, sayur, protein, dan kacang-kacangan. Minum air yang cukup untuk menjaga kelembapan rambut.
  2. Masker dengan minyak kelapa. Karena minyak kelapa mengandung asam lemak yang membantu mencegah rambut kehilangan protein. Saat rambut dimasker dengan minyak kelapa, pijat selama 20 menit, kemudian bilas sampai bersih dengan air hangat.
  3. Berikan pijatan pada kepala. Memijat kulit kepala dengan lembut 1-2 kali seminggu dapat merangsang kulit kepala dan meningkatkan aliran darah ke folikel.
  4. Bilas rambut dengan teh hijau. Kandungan katekin dalam teh hijau bisa mengurangi dihidrotestosteron (DHT), hormon yang dapat mengecilkan folikel rambut.
  5. Oleskan jus bawang pada rambut dan kulit kepala. Jus bawang mengandung belerang yang tinggi, yang dipercaya mampu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Dengan begitu akan terjadi pertumbuhan kembali rambut pada orang dengan kerontokan yang merata.
  6. Hindari mengeringkan rambut atau menata rambut dengan alat yang panas. Daripada mengeringkan rambut dengan hair dryer, biarkan rambut kering secara alami.
    Itulah beberapa cara alami merawat rambut rontok. Jika Cavaners ingin mendapatkan hasil yang sesuai, buatlah rencana perawatan secara konsisten. Perlu diketahui, perawatan rambut rontok mungkin memerlukan waktu beberapa bulan, untuk bisa merasakan hasil yang nyata.
See also  Tips Memutihkan Wajah Ala Cavana SKIN

Penting juga untuk meluangkan waktu setiap hari untuk fokus memberi nutrisi pada rambut. Mempraktikan cara merawat rambut rontok akan sangat bermanfaat, terutama jika kerontokan rambut berkaitan dengan masalah emosional atau stres.

Advertisements

Mengatasi Rambut Rontok Pada Anak Balita

Rambut rontok pada balita umumnya disebabkan oleh kekurangan sejumlah nutrisi penting dalam tubuh, seperti zat besi, seng, niasin, biotin, protein dan asam amino. Meski kasusnya terbilang wajar, ibu dapat menggunakan beberapa bahan alami berikut ini untuk mengalami masalah kerontokan rambut pada anak:

  1. Aloe Vera Lidah buaya menjadi salah satu bahan alami untuk mengatasi rambut rontok. Bahan alami ini bekerja dengan menenangkan kulit kepala yang rusak. Selain itu, lidah buaya akan menciptakan kulit kepala sehat, yang dapat menunjang pertumbuhan sel-sel rambut baru. Lidah buaya dapat membantu membersihkan minyak berlebih di kulit kepala yang menyumbat folikel rambut, sehingga rambut bisa tumbuh dengan sehat.
  1. Ginseng Merah Bahan alami untuk mengatasi rambut rontok selanjutnya adalah ginseng merah. Bahan alami ini bekerja dengan menyehatkan sel-sel kulit kepala, yang dapat memperkuat folikel dan akar rambut. Bukan hanya mendorong pertumbuhan helai baru saja, jika digunakan secara rutin, ginseng merah mampu mencegah penipisan dan kerusakan rambut.
  1. Aromaterapi Cara mengatasi rambut rontok pada anak selanjutnya dapat dilakukan dengan aromaterapi. Perawatan aromaterapi dapat dilakukan dengan pijatan di kulit kepala dengan campuran minyak esensial thyme, rosemary, lavender, dan cedarwood. Setelah melakukan pijatan, diamkan dulu beberapa saat hingga minyak meresap, kemudian bersihkan.
  1. Jus Bawang Putih Langkah sederhana selanjutnya dapat dilakukan dengan mengaplikasikan jus bawang putih ke bagian kepala yang mengalami kerontokan rambut. Dengan begitu, proses pertumbuhan rambut pun dapat meningkat. Bahan alami ini mengandung belerang yang dapat meningkatkan sirkulasi darah, membantu produksi kolagen, serta bersifat antibakteri yang dapat mengatasi masalah pada kulit kepala.
  1. Minyak Kelapa Bahan alami untuk mengatasi rambut rontok yang terakhir adalah minyak kelapa. Minyak ini memiliki kemampuan yang sangat baik untuk melembapkan kulit kepala. Salah satu alasan rambut rontok pada anak adalah kulit kepala yang kering atau rusak. Nah, penggunaan minyak kepala dapat mengembalikan folikel rambut menjadi sehat. Untuk mendapatkan manfaatnya, ibu dapat memijat kulit kepala anak menggunakan minyak kelapa selama 10 menit. Diamkan beberapa saat, lalu bilas.
See also  5 Tips Meniruskan Pipi, Bye bye Pipi Tembem!

Bukan hanya orang dewasa saja, rambut rontok pada anak juga dapat membuat mereka stres. Ia juga rentan menjadi bahan olok-olokan di sekolah, hingga merasa berbeda dengan anak lainnya. Oleh karena itu, ibu disarankan untuk mengambil langkah tepat, tentunya dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti yang telah disebutkan.

Reviews

Related Articles