fbpx
Friday, May 20, 2022

Tips Mengatasi Keringat Berlebih, Salah satunya Batasi Asupan Kafein!

Tips Mengatasi Keringat Berlebih, Salah satunya Batasi Asupan Kafein!
Tips Mengatasi Keringat Berlebih, Salah satunya Batasi Asupan Kafein! 2

Tips Mengatasi Keringat Berlebih – Keringat berlebih atau Hiperhidrosis terjadi ketika produksi keringat berlebihan dan hal ini tidak berkaitan dengan aktivitas fisik atau suhu udara. Seseorang yang mengalami hiperhidrosis dapat memiliki keringat berlebih di ketiak atau telapak tangan dan telapak kaki. Keringat berlebih tentu membuat kita tidak nyaman menjalani aktivitas sehari-hari. Ketiak yang basah dan bau badan juga membuat siapapun akan kehilangan kepercayaan diri.

Berikut Tips Mengatasi Keringat Berlebih

1. Mandi Teratur

Mandilah setiap hari dan gunakan pembersih ringan saat mandi.
Pada waktu tertentu, Anda mungkin merasa perlu mandi lebih dari sekali sehari.
Jika bau badan mengganggu Anda, cobalah menggunakan sabun antibakteri untuk mengurangi jumlah bakteri di kulit.
Bakteri yang bercampur dengan keringat adalah penyebab munculnya bau badan.

2. Keringkan Badan

Jika Anda merasa kegerahan dan berkeringat di malam hari, ada banyak solusi yang bisa Anda lakukan. Salah satu cara ampuh mengatasi keringat berlebih pada wanita adalah dengan mengelap badan Anda dengan lap mandi yang dingin dan basah.
Pastikan untuk mengeringkan badan sepenuhnya karena bakteri dan kuman akan berkembang di area yang lembap.

Advertisements

3. Memakai Pakaian yang Menyerap Keringat

Pakaian yang longgar membuat kulit lebih leluasa untuk bernapas sehingga tidak berkeringat lebih. Pilih juga pakaian dengan bahan kain nyaman seperti katun yang menyerap keringat. Saat berolahraga, kenakan pakaian yang membuat Anda nyaman dan mencegah terjadinya keringat berlebih.
Sediakan baju ekstra agar Anda dapat menggantinya ketika keringat Anda menjadi berlebihan. Pakaian bermotif, hitam, atau putih juga paling efektif menyembunyikan noda keringat pada tubuh.

4. Jaga Telapak Kaki Agar Tetap Kering

Gunakan kaus kaki dengan bahan menyerap keringat saat bersepatu. Tujuannya, agar telapak kaki bebas lembab. Saat memilih bantalan kaki, gunakan juga material yang bebas lembab agar telapak kaki tidak terasa gerah.

See also  7 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Kulit Wajah, bisa Menghilangkan jerawat dan bekasnya lho!

5. Batasi Asupan Kafein dan Makanan Pedas

Minuman berkafein, seperti kopi, teh, dan soda, serta makanan pedas yang mengandung cabai dapat menyebabkan produksi keringat berlebih, terutama di wajah dan kepala Anda. Buatlah catatan tentang makanan dan minuman yang Anda konsumsi untuk membantu mengidentifikasi makanan atau minuman mana yang membuat Anda sangat berkeringat. Jika sedang makan pedas, Anda bisa minum air es untuk meredakan sensasi panas dan pedasnya.

6. Gunakan Antiperspiran

Sebagian besar antiperspiran mengandung garap aluminium. Zat aktifnya bekerja mencegah keringat berlebih dengan menghalangi keringat keluar. Beberapa deodoran antiperspiran gampang ditemui di pasaran. Namun, jika kurang manjur, Anda bisa minta resep antiperspiran dari dokter. Jangan hanya mengoles atau menyemprotkan antiperspiran pada pagi hari saja. Bila perlu, aplikasikan antiperspiran sebelum tidur. Agar bagian tubuh yang berkeringat tetap kering.

Advertisements

7. Suntik Botok

Jika keringat berlebih hanya terjadi pada satu bagian tubuh tertentu saja, dokter akan menyarankan untuk melakukan prosedur suntik botox yang bertujuan untuk menghentikan aktivitas saraf yang memicu produksi keringat berlebih.

Reviews

Related Articles