fbpx
Tuesday, May 24, 2022

Tips Mengatasi Keloid Secara Alami, Mudah Dan Murah

Tips Mengatasi Keloid Secara Alami, Mudah Dan Murah
Tips Mengatasi Keloid Secara Alami, Mudah Dan Murah 2

Mengatasi Keloid Secara Alami, – Keloid adalah penumpukan jaringan parut pada kulit, biasanya muncul pada bekas luka tusuk, luka bakar, atau cacat. Pada beberapa orang, keloid tampak lebih menonjol keluar dan berwarna kehitaman.

Lalu bagaimana bisa terbentuk? Keloid muncul akibat respon berlebihan lapisan kulit terhadap luka, bahkan luka sayatan kecil saja bisa memicunya. Ketika kulit terluka, sel-sel kulit akan memanggil sel-sel pembuat kolagen untuk menyembuhkan luka. Normalnya sel-sel pembuat kolagen akan melakukan tugasnya hingga luka tertutup, dan meninggalkan sedikit bekas luka.

Keloid terbentuk ketika sel-sel kulit terus menerus membelah diri, bahkan saat luka sudah sembuh dan tertutup. Jaringan bekas luka terus tumbuh, hingga membentuk bekas luka yang besar dan menonjol.

Mengatasi Keloid Secara Alami

Aspirin

Dua penelitian berbeda yang dilakukan pada tahun 2013 dan 2015 menemukan fakta bahwa mengoleskan pil aspirin yang dihaluskan mungkin dapat membantu menangani keloid. Saat dioleskan, Aspirin dapat mencegah sel-sel pemicu jaringan parut. Inilah langkah menggunakan aspirin:

Tumbuk dan haluskan tiga sampai empat butir aspirin.
Campurkan dengan sedikit air agar menjadi cairan pasta.
Oleskan pasta aspirin, kemudian biarkan selama satu hingga dua jam sebelum dibilas dengan air bersih.
Ulangi ketiga langkah tersebut sekali setiap hari hingga hasil yang diinginkan tercapai.

Bawang Putih

Menurut laporan dermatologi tahun 2011, cara kerja bawang putih mirip dengan aspirin. Kandungan pada bawang putih menghambat enzim-enzim tertentu untuk masuk ke keloid atau luka. Pemberian bawang putih juga dapat membantu mencerahkan warna bekas luka.

Berikut cara menggunakan bawang putih:

Advertisements

Ambil dua hingga tiga buah bawang putih dan hancurkan
Oleskan dan diamkan selama 15 menit
Bilaslah dengan air, kemudian oleskan moisturizer
Hentikan penggunaan atau kurangi waktu mendiamkan olesan bawang putih jika bawang putih membakar kulit.

See also  Kenali Jenis Kulit Sensitif dan Perawatannya, Mudah kok

Bawang Merah

Sama seperti kembarannya yang putih, bawang merah dapat membantu mengatasi keloid. Penelitian pada tahun 2013 menyatakan bahwa penggunaan bawang merah dapat menghentikan sel-sel yang memicu munculnya jaringan parut untuk masuk ke kulit.

Penelitian lain di tahun 2012 menemukan bahwa gel ekstrak bawang merah dapat mempercepat dan mengurangi ketebalan jaringan parut. Hal ini dapat disebabkan oleh kandungan quercetin di dalam bawang merah.

Berikut cara menggunakan bawang merah:

Potong bawang putih kecil menjadi bagian-bagian kecil
Peraslah air kandungan bawang merah dengan menggunakan kain bersih
Oleskan air perasan bawang merah, diamkan hingga kering
Bilaslah. Lakukanlah tiga hingga empat kali setiap hari, hingga mendapatkan hasil yang diinginkan

Madu

Senyawa anti-inflamasi yang terkandung dalam madu dapat membantu mengurangi keloid. Madu juga disebut memiliki potensi menyembuhkan keloid pada hasil sebuah penelitian tahun 2015.

Inilah langkah-langkah penggunaan madu:

Oleskan sedikit madu asli yang organik, kemudian diamkan selama beberapa waktu
Kemudian bersihkan yang menempel pada kulit
Kamu dapat mengoleskan madu sesering mungkin, namun direkomendasikan untuk mengoleskan madu dua hingga tiga kali sehari sampai mendapatkan hasil yang diinginkan

Pengobatan Keloid Secara Medis

Krim Retinoid

Krim ini merupakan turunan dari Vitamin A, dan sudah terbukti secara klinis mampu mengurangi penampakan keloid. Namun Cavaners harus selalu gunakan krim retinoid sesuai petunjuk pemakaian.

Injeksi Steroid

Mendapatkan suntikan obat steroid anti-inflamasi dapat mengatasi munculnya keloid. Injeksi steroid ini lebih efektif jika diposisikan sebagai pelengkap operasi pembedahan untuk menghilangkan bekas luka, atau perawatan bekas luka dengan sinar laser.

Plester atau Gel silikon

Plester atau gel silikon adalah salah satu alat medis yang sering digunakan untuk mengobati bekas luka, dan sudah terbukti membantu menyusutkan keloid yang menonjol. Plester dan juga gel silikon menjadi populer karena mudah digunakan dan memiliki resiko efek samping yang kecil.

See also  Tips Cara Merawat Dan Menjaga Kesehatan Kulit Wajah Dengan Baik Dan Benar

Reviews

Related Articles