fbpx
Sunday, June 26, 2022

If you visit our website outside our country, please use the translate button in the top menu

Tips Mengatasi Jerawat Yang Muncul Di Dagu

Tips Mengatasi Jerawat Yang Muncul Di Dagu
Tips Mengatasi Jerawat Yang Muncul Di Dagu 3

Mengatasi Jerawat – Pola makan dan gaya hidup sehat nyatanya bisa Cavaners lakukan untuk hindari munculnya jerawat pada wajah. Tidak hanya itu, menjaga kebersihan wajah juga dapat menghindari Cavaners dari munculnya jerawat pada wajah, terutama pada bagian dagu.

Advertisements

Namun, jika Cavaners sudah melakukan perawatan terhadap jerawat tapi jerawat pada dagu tidak dapat hilang dan selalu muncul, sebaiknya waspada dan perhatikan kondisi kesehatan Cavaners. Nyatanya, jerawat yang muncul pada dagu bisa menjadi tandagangguan kesehatan pada tubuh.

Ketahui Gangguan Kesehatan yang Ditandai Jerawat pada Dagu

Memiliki jerawat menjadi kondisi yang cukup menjengkelkan bagi seseorang. Jerawat bisa muncul pada siapa pun di usia berapa saja. Umumnya, jerawat muncul akibat penyumbatan pada folikel rambut di kulit. Namun, kondisi ini bisa diatasi dengan perawatan jerawatan menggunakan krim jerawat ataupun penggunaan obat tertentu.

Namun, sebaiknya waspada jerawat yang tidak hilang meskipun sudah dilakukan berbagai perawatan untuk mengatasi kondisi ini. Bisa jadi jerawat menjadi tanda adanya gangguan kesehatan pada tubuh.

Jerawat yang muncul pada dagu bisa disebabkan karena adanya perubahan hormon pada tubuh. Ada berbagai macam penyebab seseorang mengalami perubahan hormon, seperti masa pubertas, kehamilan, menstruasi, dan menopause. Tidak hanya itu, peningkatan sebum atau minyak yang berlebih pada wajah menyebabkan seseorang alami jerawat yang tidak kunjung reda pada bagian dagu.

Advertisements

Perhatikan kondisi lain, jerawat pada dagu bisa disebabkan karena adanya ketidakseimbangan fungsi organ ginjal. Menurut John Tsagaris, dokter pengobatan tradisional Cina mengungkapkan, sebaiknya tiap orang menjaga dan merawat organ tubuhnya agar berjalan dengan baik dan terhindar dari berbagai gangguan penyakit. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan dengan istirahat cukup, relaksasi atau mengonsumsi cairan cukup agar tubuh selalu terhidrasi.

See also  Cara Jitu Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat, Cobain Deh

Dehidrasi membuat fungsi organ ginjal tidak seimbang. Kondisi ini membuat munculnya jerawat pada dagu. Lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat untuk memastikan penyebab jerawat yang dialami.

Tips Mengatasi Jerawat Yang Muncul Di Dagu
Tips Mengatasi Jerawat Yang Muncul Di Dagu 4

Macam-macam Jerawat di Dagu

Jerawat Pustula

Jerawat pustula adalah jerawat dengan cairan nanah di dalamnya. Jerawat ini berukuran lebih besar dari komedo putih dan dikelilingi kemerahan.

Jerawat Papula

Jerawat jenis papula muncul dengan bentuk benjolan di bawah permukaan kulit. Apabila jerawat ini disentuh, akan terasa nyeri. Kulit di sekitar jerawat papula ini akan kemerahan namun tidak ada nanah di puncaknya.

Jerawat Kistik

Jenis jerawat ini biasanya kita kenal dengan nama jerawat batu. Jerawat batu biasanya berbentuk benjolan merah, cukup besar, dan keras.

Advertisements

Jerawat Nodul

Jerawat nodul berbentuk besar, keras, terasa sakit, dan muncul di bawah permukaan kulit. Jenis jerawat nodul ini dapat bertahan berminggu-minggu bahkan lebih.

Jerawat Mekanika

Jenis jerawat mekanika ini biasanya dialami oleh seseorang yang menggunakan pakaian yang ketat. Biasanya, jerawat ini juga muncul di bagian tubuh lainnya selain wajah, seperti punggung dan dada. Jerawat ini muncul karena adanya tekanan, suhu panas, dan gesekan di suatu area.

Lakukan Ini untuk Hindari Jerawat pada Dagu

Terlalu sering menyentuh wajah tanpa membersihkan tangan terlebih dulu juga dapat memunculkan jerawat. Kondisi ini bisa dengan mudah memindahkan bakteri atau kotoran dari tangan menuju wajah. Sebaiknya lakukan cara untuk menghindari munculnya jerawat pada dagu, yaitu:

Perbanyak Konsumsi Cairan

Penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh setiap harinya. Membuat tubuh terhidrasi dengan baik agar membuat kulit menjadi lebih sehat dan Cavaners bisa terhindar dari munculnya jerawat.

Rutin Berolahraga

Olahraga yang Cavaners lakukan secara rutin dapat membuat aliran darah pada tubuh dan wajah mengalir dengan baik. Kondisi ini membantu Cavaners untuk menghindari berbagai gangguan kesehatan pada kulit khususnya pada wajah.

Advertisements
See also  Wah Ini dia Makanan Penyebab Jerawat Yang Harus Di Hindari, Salah Satunya Gula dan karbohidrat olahan

Hindari Stres

Ketika Cavaners mengalami tingkat stres yang cukup tinggi, nyatanya hormon glukokortikoid dalam tubuh juga meningkat. Peningkatan hormon glukokortikoid mengganggu kesehatan kulit yang meningkatkan munculnya jerawat pada wajah.

Rutin Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah secara rutin menghindarkan dari munculnya jerawat. Namun sebelum membersihkan wajah, sebaiknya cuci tangan agar kotoran atau bakteri tidak berpindah.

Itulah kebiasaan yang bisa dilakukan agar terhindar dari jerawat di dagu. Selain itu, perhatikan juga makanan yang dikonsumsi agar tidak merangsang sebum berlebih pada wajah Cavaners.

Advertisements

Cara Menghilangkan Jerawat di Dagu dengan Bahan Alami

Berikut beberapa bahan yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami.

Putih telur

Putih telur memiliki kandungan enzim lisozim, yang merupakan bahan efektif untuk hilangkan jerawat. Langkahnya yaitu dengan pisahkan putih telur dari kuning telur dan menambahnya dengan perasan lemon. Usapkan ke wajah seperti masker dan diamkan selama 20 menit. Selanjutnya basuh dengan air bersih.

Lidah buaya

Lidah buaya memiliki kandungan polifenol yang berperanan sebagai penyembuhan jerawat di kulit. Dengan penggunaan teratur, bahan alamiah ini dapat hilangkan jerawat secara tuntas. Untuk lakukan ini, oleskan masker gel lidah buaya dan diamkan selama 25 menit. Selanjutnya basuh dengan air bersih.

Lemon

Lemon memiliki kandungan sebagian besar asam askorbat, yang efisien dalam hilangkan jerawat yang bandel. Caranya dengan mengoleskan air perasan lemon ke wajah Cavaners dan diamkan selama 20 menit. Selanjutnya basuh dengan air bersih.

Mentimun

Mentimun kaya anti-oksidan, vitamin, dan asam amino. Beberapa bahan itu bisa dipakai sebagai penghilang jerawat alami. Berikan masker mentimun di wajah Cavaners selama 20 menit. Selanjutnya basuh dengan air bersih.

See also  Tips Mengatasi Jerawat Meradang Dengan Bahan Alami , AMPUUH!!!

Bawang putih

Bawang putih mengandung zat yang memiliki kandungan belerang yang dipercayai bisa membantu hilangkan jerawat secara cepat. Caranya dengan memotong bawang putih jadi kecil-kecil lalu menempelkannya pada jerawat atau bekas jerawat Cavaners . Diamkan selama 15 menit. Selanjutnya basuh dengan air bersih.

Tips Mengatasi Jerawat yang Muncul di Dagu

Untuk mengatasi jerawat yang muncul di dagu ikuti langkah ini:

Advertisements
  • Bersihkan area dagu dengan sabun wajah yang mengandung asam salisilat
  • Oleskan kompres es ke area tersebut selama sekitar 15 menit, untuk membantu mengurangi kemerahan
  • Oleskan krim atau salep dengan benzoil peroksida
  • Hindari menyentuh jerawat atau mencoba memecahkannya.

Untuk perawatan tambahan yang umumnya direkomendasikan dokter, yaitu:

  • Konsumsi antibiotik
  • Isotretinoin
  • Terapi laser
  • Ekstraksi
  • Pil KB
Advertisements
spot_img

Reviews

Related Articles