fbpx
Sunday, June 26, 2022

If you visit our website outside our country, please use the translate button in the top menu

Cara Mudah Mengatasi Jerawat Saat Masa Hamil

Cara Mudah Mengatasi Jerawat Saat Masa Hamil
Cara Mudah Mengatasi Jerawat Saat Masa Hamil 2

Cara Mudah Mengatasi Jerawat Saat Masa Hamil – Cavaners, Jerawat selama kehamilan adalah salah satu perubahan kulit yang paling umum selama kehamilan dan terjadi pada trimester pertama. Ruam kulit juga bisa terjadi pada setiap ibu hamil. Dalam beberapa kasus, jerawat bisa sangat parah dan meradang. Oleh karena itu, Cavaners perlu mengetahui cara yang tepat untuk mengatasinya dan perawatan kulit apa saja yang harus dilakukan untuk mencegah timbulnya jerawat pada ibu hamil.

Advertisements

Penyebab Jerawat Saat Hamil

Penyebab jerawat saat hamil adalah peningkatan kadar hormon androgen di awal trimester. Kenaikan kadar hormon androgen selama kehamilan menyebabkan produksi minyak kulit lebih alami yang menyebabkan jerawat.

Sebum yang berlebihan, sel kulit mati, dan bakteri dapat menyumbat pori-pori kulit, yang dapat membuat kulit ibu hamil lebih rentan berjerawat. Ruam kulit pada ibu hamil cenderung lebih sering terjadi pada trimester pertama kehamilan.

Namun, seiring berjalannya waktu, jerawat di kulit berangsur-angsur membaik dan bisa muncul kembali di trimester ketiga. Merawat kulit berjerawat selama kehamilan bisa jadi sulit. Secara umum, Cavaners harus menghindari obat-obatan yang bisa berbahaya bagi janin.

Cara menghilangkan jerawat saat hamil

Dapat dikatakan bahwa jerawat adalah kondisi kulit alami selama kehamilan. Kondisi ini biasanya sembuh dengan sendirinya saat kadar hormon kembali normal. Namun jika kondisi ini sangat mengganggu, ada beberapa cara yang bisa Cavaners lakukan untuk mengatasinya seperti

Advertisements

Perawatan medis dan obat jerawat untuk ibu hamil

Beberapa ahli merekomendasikan obat topikal yang mengandung eritromisin atau asam azelaic. sebagai obat jerawat untuk ibu hamil. Cavaners juga dapat menggunakan produk yang mengandung klindamisin, benzoil peroksida, atau asam glikolat.

See also  5 Penyebab Timbulnya Jerawat Di Pipi Yang Menggangu

Saat menggunakan persiapan di atas, kulit hanya menyerap 5%. Oleh karena itu masih relatif aman dan tidak meningkatkan risiko kehamilan. Namun, Cavaners tetap harus berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat jerawat selama kehamilan.

Pasalnya, menurut American Academy of Pediatrics, penggunaan obat jerawat tertentu dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin. Beberapa obat yang harus dihindari selama kehamilan adalah isotretinoin, asam salisilat, tetrasiklin, dan retinoid.

Selain minum obat, Cavaners juga bisa menggunakan metode laser untuk menghilangkan jerawat. Namun, penggunaan metode ini selama kehamilan harus terlebih dahulu diindikasikan secara medis.

Merawat kulit berjerawat saat hamil dengan bahan alami

Salah satu cara menghilangkan jerawat saat hamil selain menggunakan obat jerawat adalah dengan melakukannya secara alami. Perawatan jerawat secara alami ini dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai macam masker kulit yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti:

Advertisements
  • madu
  • lidah buaya
  • Minyak kelapa murni
  • Oatmeal dan Mentimun
  • bubuk pengembang
  • lemon atau jeruk nipis
  • putih telur

Untuk membuat masker jerawat, Cavaners bisa mencampurkan satu atau lebih bahan seperti oatmeal, mentimun, dan madu dengan baking soda dan air, lalu oleskan pada kulit yang berjerawat. Seperti halnya minyak kelapa murni, lidah buaya, madu, lemon atau jeruk nipis, dan putih telur bisa dioleskan langsung ke wajah yang berjerawat.

Bagaimana cara mencegah jerawat saat hamil?

Jerawat pada kulit saat hamil dianggap sebagai kondisi alami yang akan hilang dengan sendirinya setelah melahirkan. Oleh karena itu, agar lebih aman bagi janin, sebaiknya lakukan perawatan kulit secara rutin untuk mencegah timbulnya jerawat. Berikut adalah beberapa metode perawatan kulit yang dapat Cavaners gunakan untuk mencegah jerawat selama kehamilan.

See also  Penyebab Jerawat Di Jidat, Akibat Kebiasaan Buruk

Cuci muka dengan sabun 2 kali sehari. Terutama setelah makeup dan sebelum tidur. Usahakan untuk tidak mencuci muka terlalu sering karena dapat menghilangkan kelembapan kulit dan mengeringkannya.

Gunakan sabun wajah yang lembut, bebas minyak, bebas alkohol, dan tidak abrasif. Gunakan kain bersih yang lembut atau kapas untuk menyeka dan menyeka wajah Cavaners.

Setelah mencuci muka, bilas kulit Anda dengan air hangat. Kemudian keringkan dengan lembut menggunakan kain/handuk bersih. Ikuti dengan pelembab untuk mengunci kelembapan ke dalam kulit.

Advertisements

Jangan terlalu sering menyikat wajah karena dapat merangsang produksi kelenjar minyak (sebum) dan menyebabkan jerawat. Cuci dengan sampo secara teratur setiap hari. Namun, jika Cavaners memiliki kulit kepala yang berminyak, hal itu juga dapat menyebabkan jerawat di wajah Cavaners.

Jangan mengoleskan minyak rambut atau lipstik ke dahi atau telinga Cavaners. Ganti sarung bantal dan sprei secara rutin agar wajah bebas dari debu dan kotoran yang menyumbat pori-pori.

Jauhkan ponsel dari wajah Cavaners, gunakan headphone atau speakerphone. Selain itu, Cavaners dapat memilih produk kosmetik dengan sulfur organik atau produk dengan asam glikolat atau asam alfa hidroksi. Jika tidak berhasil, Cavaners bisa mencoba produk perawatan kulit yang mengandung asam azelaic dan krim eritromisin yang aman untuk ibu hamil.

Advertisements

SUMBER:

  • muka berjerawat saat hamil tanda anak
  • mengatasi wajah bruntusan saat hamil
  • skin care untuk ibu hamil berjerawat
  • obat jerawat untuk ibu hamil di apotik
  • menghilangkan jerawat dan bekasnya saat hamil
  • cara mengatasi jerawat pada ibu hamil
  • letak jerawat saat hamil
  • jerawatan saat hamil pertanda anak laki laki
Advertisements
spot_img

Reviews

Related Articles